Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Tolak RUU Kesehatan, PPNI Ingatkan DPR Tak Khianati Perjuangan Nakes

Senin, 28 November 2022 | 11:31 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / CAR
Ilustrasi tenaga kesehatan.

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum Persatuan Persatuan Perawat Indonesia (PPNI) Harif Fadhilla menyampaikan orasi menolak RUU Kesehatan. Ia mengingatkan pemerintah dan DPR untuk tidak mengkhianati perjuangan para tenaga kesehatan (nakes) terkait penyusunan RUU Kesehatan dengan mekanisme omnibus law. RUU Kesehatan dinilai bakal melemahkan nakes.

“Ingat janjimu sebagai wakil rakyat akan berpihak kepada kami para rakyat. Jangan kau khianati,” kata Harif di depan gedung DPR, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Diketahui, lima organisasi profesi terdiri dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) beserta organisasi kesehatan lainnya menggelar aksi damai bersama tolak penyusunan RUU Kesehatan oleh Badan Legislasi DPR.

Ia mengajak semua nakes untuk memperjuangkan agar RUU Kesehatan senada dengan UU Kesehatan yang dinilai sudah optimal. UU Kesehatan juga dipandang berpihak pada nakes.

Menurutnya, perubahan ketentuan RUU Kesehatan adalah bentuk pengkhianatan terhadap amanat UUD 1945 yang berlandaskan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Temen-teman mari kita satukan barisan dan ajak temen-teman yang lain untuk memperjuangkan sampai titik darah penghabisan,” ucapnya.

Berdasarkan pantauan Beritasatu.com, selain organisasi profesi, tampak hadir juga perwakilan mahasiswa kesehatan. Mereka berbaur menyampaikan orasi menolak RUU Kesehatan omnibus law. Aksi damai bersama masih berlangsung. Namun, perwakilan dari semua organisasi telah bertemu dengan anggota DPR, khususnya dari Fraksi PDI Perjuangan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI