Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Panglima TNI Baru Harus memiliki Tiga Variabel Penting Ini

Senin, 28 November 2022 | 12:43 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR
Susaningtyas NH Kertopati

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Bidang Hankam dan Siber DPP Partai Perindo Susaningtyas NH Kertopati membeberkan tiga variabel penting yang harus dimiliki oleh Panglima TNI baru pengganti Jenderal TNI Andika Perkasa. Pertama, kata Nuning, sapaan akrabnya, prestasi dan pengalaman yang mumpuni.

“Memilih seorang panglima TNI, presiden juga harus menentukan itu berdasarkan usia dan prestasi, sehingga prestasi itu menjadi satu hal yang penting, menentukan bahwa seseorang itu bisa menjadi Panglima TNI juga pendidikannya,” ujar Nuning di sela-sela diskusi bertajuk “Panglima TNI Baru Dan Pekerjaan Rumah Sektor Pertahanan” di kantor DPP Partai Perindo, Jakarta, Minggu (27/11/2022).

Nuning menilai selama ini pendidikan calon Panglima TNI kadang dijadikan persyaratan nomor dua atau bukan yang utama. Pasalnya, pendidikan calon panglima TNI menjadi salah satu faktor yang bisa mengangkat TNI menjadi berkelas dunia.

“Kita harus membuat megara kita ini semakin hari semakin baik dan tentunya khusus kepada TNI itu juga sebagai penjaga NKRI pertahanan NKRI harus berkualitas, SDM-nya pun juga harus ditingkatkan lebih baik,” tuturnya.

Kedua, menurut Nuning, Panglima TNI harus paham kebutuhan dan kepentingan organisasi TNI. Panglima TNI, tutur dia, harus mengetahui jumlah alutsista yang dimiliki TNI baik yang sudah rusak maupun yang masih baik.

“Harus tahu bagaimana mengembangkan kapasitas, pendidikan dan kesejahteraan para perwiranya,” ujarnya.

Ketiga, menurut Nuning, Panglima TNI harus memiliki diplomasi militer yang kuat. Selain menjaga wibawa negara di mata dunia, kata Nuning, diplomasi militer penting agar bisa bersama negara lain mencegah dan mengantisipasi serangan siber.

“Lalu kemudian juga penguatan kelompok kelompok (non) negara juga semakin jelas lalu di sini juga kewibawaan militer itu sangat dipentingkan agar Indonesia ditempatkan pada posisi baik sama dengan negara negara maju, sehingga kita juga memiliki wibawa di dalam kawasan kita,” kata Nuning.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI