Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Prabowo Subianto Pastikan Jokowi Pilih Calon Panglima TNI secara Profesional

Senin, 28 November 2022 | 13:59 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR
Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto di gedung DPR, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 28 November 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memastikan calon Penglima TNI pengganti Jenderal TNI Andika Perkasa telah dipilih oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara profesional. Presiden, kata Prabowo, memilih Panglima TNI baru yang terbaik dengan mengikuti mekanisme yang diatur ketentuan perundang-undangan.

“Saya kira, saya kira orang yang disampaikan ke DPR itu pasti melalui seleksi yang baik alamiah profesional ya,” ujar Prabowo di gedung DPR, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Prabowo juga optimistis calon Panglima TNI pilihan Presiden Jokowi merupakan figur yang terbaik. “Kita yakin akan yang terbaik,” ujar ketua umum Partai Gerindra ini.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR Indra Iskandar mengatakan, surat presiden (surpres) pergantian Panglima TNI akan disampaikan secara resmi oleh Mensesneg Pratikno ke pimpinan DPR pada Senin (28/11/2022).

“Pak Mensesneg itu akan disampaikan secara resmi pada 28 November, hari Senin,” kata Indra saat dikonfirmasi wartawan.

Hal senada disampaikan oleh Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Golkar Dave Akbarshah Fikarno Laksono. Dave mengatakan tahapan fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan dijadwalkan berlangsung pekan ini.

“Rabu sudah dapat digelar apabila hari ini surat masuk dan diproses di Bamus (Badan Musyawarah) untuk segera diagendakan rapur pembacaan surat,” ujarnya.

Dave menginginkan panglima TNI yang akan datang mampu membuat gebrakan dan inovasi bagi prajurit TNI dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi (tupoksi).

Menurut Dave, Panglima TNI saat ini yakni Jenderal Andika Perkasa telah banyak mengerjakan hal dalam rangka memajukan dan terus mereformasi TNI.

Masa pensiun Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa tinggal menghitung hari. Nama Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono disebut-sebut menjadi kandidat yang paling kuat.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI