Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Kasal Yudo Margono Dipilih Jokowi Jadi Calon Panglima TNI

Senin, 28 November 2022 | 15:43 WIB
Oleh : Yustinus Paat / WIR
Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 28 November 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI. Menurut Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin mengaku informasi tersebut memastikan jika pengganti Jenderal Andika Perkasa sudah jelas dan selesai.

"Saya dapat informasi bahwa yang ditunjuk itu adalah Kasal. Selesai," ujar TB Hasanuddin saat ditemui wartawan di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Menurut TB Hasanuddin, Presiden Jokowi hanya mengajukan satu nama dari tiga kepala staf kepada DPR sebagai calon Panglima TNI. Setelah itu, DPR akan melakukan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon Panglima TNI.

"Jadi yang diajukan itu satu nama saja," tandas TB Hasanuddin.

Senada dengan TB Hasanuddin, Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid mengakui, mendapat informasi kalau Presiden Jokowi memilih Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI. Laksamana Yudo akan menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang memasuki masa pensiun pada 21 Desember 2022.

"Kabarnya demikian (Kasal Laksamana Yudo Margono dipilih sebagai Calon Panglima TNI), tapi nanti kita kan nunggu Surpresnya," kata Meutya di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Meutya belum bisa memastikan apakah Yudo memang dipilih sebagai Calon Panglima TNI. Pasalnya, Meutya belum melihat langsung isi dari surat presiden (Surpres) tersebut.

"Kabarnya Pak Yudo, saya juga dapat kabar gitu. Tetapi tetap nanti harus tunggu Surpresnya ya," ucap Meutya.

Meutya mengungkapkan, pihaknya menunggu informasi resmi dari Pimpinan DPR RI untuk melakukan Badan Musyawarah (Bamus). Kemudian, Komisi I DPR RI akan menggelar fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan dari calon panglima TNI.

"Tunggu pimpinan nanti kalau sudah terima mereka akan mengadakan bamus secepatnya kita lakukan mudah-mudahan bisa pekan ini," pungkas Meutya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI