Logo BeritaSatu

Kasal Yudo Margono Dipilih Jokowi Jadi Calon Panglima TNI

Senin, 28 November 2022 | 15:43 WIB
Oleh : Yustinus Paat / WIR

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI. Menurut Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin mengaku informasi tersebut memastikan jika pengganti Jenderal Andika Perkasa sudah jelas dan selesai.

"Saya dapat informasi bahwa yang ditunjuk itu adalah Kasal. Selesai," ujar TB Hasanuddin saat ditemui wartawan di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Advertisement

Menurut TB Hasanuddin, Presiden Jokowi hanya mengajukan satu nama dari tiga kepala staf kepada DPR sebagai calon Panglima TNI. Setelah itu, DPR akan melakukan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon Panglima TNI.

"Jadi yang diajukan itu satu nama saja," tandas TB Hasanuddin.

Senada dengan TB Hasanuddin, Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid mengakui, mendapat informasi kalau Presiden Jokowi memilih Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI. Laksamana Yudo akan menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang memasuki masa pensiun pada 21 Desember 2022.

"Kabarnya demikian (Kasal Laksamana Yudo Margono dipilih sebagai Calon Panglima TNI), tapi nanti kita kan nunggu Surpresnya," kata Meutya di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Meutya belum bisa memastikan apakah Yudo memang dipilih sebagai Calon Panglima TNI. Pasalnya, Meutya belum melihat langsung isi dari surat presiden (Surpres) tersebut.

"Kabarnya Pak Yudo, saya juga dapat kabar gitu. Tetapi tetap nanti harus tunggu Surpresnya ya," ucap Meutya.

Meutya mengungkapkan, pihaknya menunggu informasi resmi dari Pimpinan DPR RI untuk melakukan Badan Musyawarah (Bamus). Kemudian, Komisi I DPR RI akan menggelar fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan dari calon panglima TNI.

"Tunggu pimpinan nanti kalau sudah terima mereka akan mengadakan bamus secepatnya kita lakukan mudah-mudahan bisa pekan ini," pungkas Meutya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Meningkat, 377 Anak di Semarang Mengidap Penyakit Diabetes

Dari jumlah tersebut, 344 anak yang mengidap diabetes diantaranya tidak memiliki ketergantung insulin dan ini bisanya disebabkan faktor pola hidup yang tidak sehat.

NASIONAL | 9 Februari 2023

Kasus Pesawat MH17 Jatuh Ditembak, Ada Indikasi Putin Setuju Beri Rudal ke Separatis

Putin secara pribadi menyetujui keputusan memberi rudal untuk separatis di Ukraina yang kemudian dipergunakan untuk menembak jatuh pesawat MH17.

NEWS | 9 Februari 2023

Bharada Eliezer Penyibak Skenario Busuk Pembunuhan Brigadir J

Bharada Eliezer alias Bharada E membeberkan pengakuan bahwa ternyata tidak ada tembak menembak antara dirinya dengan Brigadir Yosua.

NASIONAL | 9 Februari 2023

KPK Sebut Buronan E-KTP Paulus Tannos Mengubah Identitas di Luar Negeri

KPK mengungkapkan, Paulus Tannos yang merupakan buronan atas kasus dugaan korupsi proyek E-KTP sempat terdeteksi berada di Thailand.

NEWS | 9 Februari 2023

Harga Tiket Proliga di Malang, Paling Murah Rp 60.000

Kompetisi bola voli PLN Mobile Proliga 2023 kian seru. Harga tiket Proliga di Malang paling murah Rp 60.000.

SPORT | 9 Februari 2023

Kim Jong-un Pamer Putrinya di Jamuan Militer, Sinyal Calon Penerus

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un kembali memamerkan putrinya di acara jamuan makan bersama militer Korut pada Selasa (7/2/2023).

INTERNASIONAL | 9 Februari 2023

Jadwal Proliga di Malang, 9-12 Februari 2023

Kompetisi bola voli PLN Mobile Proliga 2023 kian seru. Berikut jadwal Proliga di Malang, Jawa Timur, 9-12 Februari 2023.

SPORT | 9 Februari 2023

Pagi Ini, Jokowi Hadiri Puncak Hari Pers Nasional 2023

residen Joko Widodo (Jokowi) pagi ini, Kamis (9/2/2023), dijadwalkan menghadiri puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Sumatera Utara.

NASIONAL | 9 Februari 2023

Akses Twitter Dibatasi Pascagempa, Elon Musk Konfirmasi ke Pemerintah Turki

Elon Musk mengatakan pada hari Rabu, bahwa ia telah diberitahu oleh pemerintah Turki kalau akses penuh ke platform media sosial di negara itu akan diaktifkan kembali.

NEWS | 9 Februari 2023

Korban Tewas 12.000 Lebih, Pemerintah Turki Dikritik atas Respons Gempa Dahsyat

Pemerintah Turki mendapat kritik atas respons terhadap gempa dahsyat yang hingga kini tercatat telah menewaskan lebih dari 12.000 orang di Türki dan Suriah.

NEWS | 9 Februari 2023


TAG POPULER

# Lee Da In


# 1 Abad NU


# Christine Hakim


# Susi Air


# Praxion


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Meningkat, 377 Anak di Semarang Mengidap Penyakit Diabetes

Meningkat, 377 Anak di Semarang Mengidap Penyakit Diabetes

NASIONAL | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE