Logo BeritaSatu

Puan Ungkap Alasan Kasal Yudo Margono Dipilih Jadi Calon Panglima TNI

Senin, 28 November 2022 | 17:32 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua DPR, Puan Maharani mengungkapkan alasan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Yudo Margono menjadi calon panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa. Menurut Puan, penentuan tersebut murni menjadi prerogatif atau kewenangan Presiden Jokowi.

"Itu prerogatif Presiden Jokowi," ujar Puan saat konferensi pers bersama Mensesneg Pratikno soal Surat Presiden terkait Pengganti Panglima TNI di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Advertisement

Puan mengatakan, panglima TNI memang dipilih dari salah satu kepala staf angkatan di tubuh TNI baik itu Angkatan Darat, Angkatan Udara maupun Angkatan Laut. Menurut dia, Presiden Jokowi sudah mempertimbangkan banyak hal sehingga memutuskan mengusulkan Yudo Margono.

"Banyak hal yang dipertimbangkan, kinerja, nasionalisme, rasa cinta tanah air, dan sebagainya. Saya rasa sudah memenuhi syarat yang ada," tandas Puan.

Diketahui, Presiden Jokowi mengusulkan nama Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai calon panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa. Hal itu disampaikan Puan usai menerima Surat Presiden (Surpres) tentang Calon Panglima TNI dari Mensesneg Pratikno di Gedung DPR, Jakarta, Senin (28/11/2022).

"Nama yang diusulkan oleh Presiden untuk menggantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa adalah Laksamana Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Laut atau Kasal," kata Puan.

Dengan diterimanya surpres tersebut, Puan menyatakan, Yudo Margono akan menjalani proses dan mekanisme yang ada di DPR. Salah satunya fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan.

Seperti diketahui, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa akan memasuki masa pensiun pada Desember 2022, tepat saat berusia 58 tahun.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Soal Balon Mata-mata Tiongkok di AS, Pakar: Ini Amatir!

Penerbangan balon mata-mata Tiongkok di atas udara Amerika Serikat telah menandai taktik spionase yang lebih agresif, meskipun ceroboh dan amatir.

NEWS | 5 Februari 2023

16.000 Pekerja Bakal Masuk IKN, Badan Otorita Segera Hapus Kode Pos 6 Kecamatan

Menjelang masuknya 16.000 pekerja ke IKN, Badan Otorita IKN akan menghapus kode pos enam kecamatan di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara.

NEWS | 5 Februari 2023

Respons Bamsoet soal Usulan Cak Imin Hapus Jabatan Gubernur

Ketua MPR, Bambang Soesatyo atau Bamsoet merespons usulan Ketua Umum PKB, Cak Imin agar jabatan gubernur dihapus. 

NEWS | 5 Februari 2023

Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Perundingan Kode Etik di Laut China Selatan

Indonesia siap menjadi tuan rumah perundingan kode etik (code of conduct) di Laut China Selatan, kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sabtu (4/2/2023).

NEWS | 5 Februari 2023

Kronologi Nenek di Sukabumi Dipolisikan Pelaku Pencabulan Cucunya

Kapolres Sukabumi, AKBP Zainal Abidin membeberkan kronologi nenek Sukabumi yang dipolisikan terdakwa kasus pencabulan terhadap cucunya. 

NEWS | 5 Februari 2023

PM Jepang Pecat Ajudan yang Anti-pasangan Sesama Jenis

PM Jepang Fumio Kishida pada Sabtu (4/2/2023), pecat ajudan yang mengatakan tidak ingin hidup berdampingan dengan pasangan sesama jenis.

NEWS | 5 Februari 2023

Bripka Madih Merasa Dizalimi Kementerian ATR/BPN dan Bareskrim Polri

Anggota Provost Polsek Jatinegara, Bripka Madih yang viral atas kasus polisi peras polisi mengaku dizalimi Kementerian ATR/BPN dan Bareskrim Polri. 

NEWS | 5 Februari 2023

Bersihkan Pengaruh Pro-Rusia, Zelensky Cabut Kewarganegaraan Sejumlah Politisi

Zelensky mencabut kewarganegaraan beberapa mantan politisi berpengaruh pada sebagai langkah terbaru untuk "membersihkan" negara dari pengaruh pro-Rusia.

NEWS | 5 Februari 2023

Diperas Polisi Jadi Alasan Bripka Madih Mundur dari Polri

Anggota Provost Polsek Jatinegara Bripka Madih mengaku mengundurkan diri sebagai anggota Polri lantaran kasus polisi peras polisi. 

NEWS | 5 Februari 2023

Semakin Banyak Keluarga Kaya Tiongkok Pindahkan Hartanya ke Singapura

Singapura kini melihat semakin banyak masuknya keluarga kaya Tiongkok yang ingin melindungi harta kekayaan mereka dari Partai Komunis Tiongkok,

NEWS | 5 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Diangkat dari Kisah Nyata, Ini Fakta Menarik Serial The Glory

Diangkat dari Kisah Nyata, Ini Fakta Menarik Serial The Glory

LIFESTYLE | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE