Logo BeritaSatu

DPR Bakal Gali 5 Hal Ini kepada Yudo Margono Saat Fit and Proper Test

Senin, 28 November 2022 | 17:42 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin mengatakan pihaknya bakal menggali lima hal utama kepada Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Yudo Margono saat fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan calon panglima TNI. Rencananya, kata TB Hasanuddin, fit and proper test calon Penglima TNI akan dilakukan pada Rabu (30/11/2022) mendatang.

"Ada lima hal prediksi saya. Pertama, tentu ada sebuah harapan seluruh fraksi, bahwa seluruh TNI berpedoman pada undang-undang yaitu jaga netralitas. Apalagi mau menghadapi 2024, pilpres, pileg, dan pilkada," ujar TB Hasanuddin saat ditemui wartawan di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Advertisement

Kedua, kata diap Panglima TNI baru harus mampu memperkuat dan meningkatkan disiplin para prajurit TNI. Hal ini karena TB Hasanuddin menilai disiplin prajurit TNI sudah mulai menurun.

"Ketiga, panglima TNI baru harus mampu lakukan pelatihan dan pendidikan dalam rangka menjaga profesionalisme prajurit profesional," ungkap dia.

Keempat, lanjut TB Hasanuddin, panglima TNI harus meneruskan renstra minimum essential force yang terakhir, yaitu 2011 dan 2024.

"Dan terakhir, panglima TNI harus mampu meningkatkan kesejahteraan prajurit TNI," tutur dia.

Diketahui, Surat Presiden (Surpres) tentang Calon Panglima TNI telah diserahkan Mensesneg Pratikno kepada Ketua DPR, Puan Maharani. Dalam surpres tersebut, Presiden Jokowi mengajukan nama Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai calon panglima TNI.

TB Hasanuddin mengatakan, pada Selasa (29/11/2022) besok surpres tersebut akan dibawa ke Badan Musyawarah DPR untuk dijadwalkan fit and proper test.

"Lalu, setelah itu keputusan diserahkan ke pimpinan DPR dan akan dilaksanakan Kamis sesuai rencana rapat paripurna. Di rapat paripurna selesai dan dikembalikan ke presiden nama yang disepakati menjadi panglima," kata TB Hasanuddin.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Buntut Kasus Tabrak Lari Mahasiswi Cianjur, Kompol D Dipatsuskan

Kompol D dipatsuskan lantaran diketahui selingkuh dengan wanita di mobil Audi A6 yang terlibat tabrak lari mahasiswi Cianjur Selvi Amalia Nuraini. 

NEWS | 31 Januari 2023

Polisi Antar Langsung Surat SP3 Kasus Mahasiswa UI Tewas Ditabrak, Orang Tua: Aneh

Orang tua mahasiswa UI yang tewas ditabrak menyebut surat SP3 diberikan secara langsung oleh polisi ke rumahnya di Kota Bekasi, Jawa Barat.

NEWS | 31 Januari 2023

Polisi Hentikan Penyelidikan Satu Keluarga Dikurung di Dalam Rumah

Juru parkir di Bandar Lampung yang mengurung istri dan 8 orang anaknya di kontrakan telah dipulangkan dan polisi menyatakan penyelidikan dihentikan.

NEWS | 31 Januari 2023

Diguyur Hujan, Atap SDN Bejelo Lombok Tengah Ambruk Lagi

Hujan lebat yang terus mengguyur membuat atap SDN Bejelo Desa Bonjeruk, Kecamatan Jonggat, Lombok Tengah NTB ambruk lagi. 

NEWS | 31 Januari 2023

AS Bakal Akhiri Kondisi Darurat Covid-19 pada 11 Mei

Pemerintahan Presiden Joe Biden pada Senin (30/1/2023) mengatakan, siap mengakhiri kondisi darurat Covid-19 pada 11 Mei.

NEWS | 31 Januari 2023

KIB Dinilai Koalisi Paling Solid, Ini Alasannya

PARA Syndicate menilai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bentukan Golkar, PAN dan PPP adalah koalisi yang paling solid dibandingkan koalisi lainnya.

NEWS | 31 Januari 2023

Pleidoi Ditolak Jaksa, Ferdy Sambo Cs Akan Tanggapi Hari Ini

Selain Ferdy Sambo, Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf juga akan menjalani sidang dengan agenda yang sama dalam perkara pembunuhan berencana yang menewaskan Brigadir J tersebut.

NEWS | 31 Januari 2023

Bencana Hidrometeorologi Basah Tak Lepas dari Faktor Populasi

Menurut BNPB, dengan populasi tinggi, pasti di situ bencana hidrometeorologi basah cukup dominan

NEWS | 31 Januari 2023

5 Top News: Kabar Reshuffle, Tuntutan Bharada E hingga Tewasnya Mahasiswi Ditabrak

Selain berita mengenai perombakan kabinet atau reshuffle, berita soal tuntutan Bharada E dan juga tewasnya mahasiswi ditabrak di Cianjur mendapat perhatian besar,

NEWS | 31 Januari 2023

PKB Tunggu Parpol Pilihan Kaesang

Wakil Sekjen PKB itu berharap rencana Kaesang terjun ke politik menjadi momentum bagi para generasi Z dan milenial mengambil pilihan masuk di politik praktis.

NEWS | 31 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Buntut Kasus Tabrak Lari Mahasiswi Cianjur, Kompol D Dipatsuskan

Buntut Kasus Tabrak Lari Mahasiswi Cianjur, Kompol D Dipatsuskan

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE