Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

DPR Bakal Gali 5 Hal Ini kepada Yudo Margono Saat Fit and Proper Test

Senin, 28 November 2022 | 17:42 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS
Laksamana Yudo Margono

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin mengatakan pihaknya bakal menggali lima hal utama kepada Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Yudo Margono saat fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan calon panglima TNI. Rencananya, kata TB Hasanuddin, fit and proper test calon Penglima TNI akan dilakukan pada Rabu (30/11/2022) mendatang.

"Ada lima hal prediksi saya. Pertama, tentu ada sebuah harapan seluruh fraksi, bahwa seluruh TNI berpedoman pada undang-undang yaitu jaga netralitas. Apalagi mau menghadapi 2024, pilpres, pileg, dan pilkada," ujar TB Hasanuddin saat ditemui wartawan di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Kedua, kata diap Panglima TNI baru harus mampu memperkuat dan meningkatkan disiplin para prajurit TNI. Hal ini karena TB Hasanuddin menilai disiplin prajurit TNI sudah mulai menurun.

"Ketiga, panglima TNI baru harus mampu lakukan pelatihan dan pendidikan dalam rangka menjaga profesionalisme prajurit profesional," ungkap dia.

Keempat, lanjut TB Hasanuddin, panglima TNI harus meneruskan renstra minimum essential force yang terakhir, yaitu 2011 dan 2024.

"Dan terakhir, panglima TNI harus mampu meningkatkan kesejahteraan prajurit TNI," tutur dia.

Diketahui, Surat Presiden (Surpres) tentang Calon Panglima TNI telah diserahkan Mensesneg Pratikno kepada Ketua DPR, Puan Maharani. Dalam surpres tersebut, Presiden Jokowi mengajukan nama Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai calon panglima TNI.

TB Hasanuddin mengatakan, pada Selasa (29/11/2022) besok surpres tersebut akan dibawa ke Badan Musyawarah DPR untuk dijadwalkan fit and proper test.

"Lalu, setelah itu keputusan diserahkan ke pimpinan DPR dan akan dilaksanakan Kamis sesuai rencana rapat paripurna. Di rapat paripurna selesai dan dikembalikan ke presiden nama yang disepakati menjadi panglima," kata TB Hasanuddin.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI