Logo BeritaSatu

Bharada E, Kuat Maruf, dan Bripka RR Kompak Minta Maaf di Persidangan

Senin, 28 November 2022 | 21:22 WIB
Oleh : Ichsan Ali / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Richard Eliezer atau Bharada E, Kuat Ma'ruf, dan Ricky Rizal atau Bripka RR yang menjadi terdakwa perkara pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J kompak meminta maaf di persidangan. Permintaan maaf itu disampaikan ketiga terdakwa saat memberikan keterangan penutup dalam persidangan pemeriksaan saksi yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Senin (28/11/2022).

Bharada E, Kuat Ma'ruf, dan Bripka RR meminta maaf kepada para saksi yakni Arif Rahman Arifin, Agus Nurpatria, Chuck Putranto, dan Baiquni Wibowo. Keempat orang itu juga diketahui menjadi terdakwa perkara obstruction of justice kasus pembunuhan berencana Brigadir J.

Advertisement

Permintaan maaf mulanya disampaikan Kuat Ma'ruf yang merupakan sopir pribadi Putri Candrawathi. Kuat mengaku berbohong saat diperiksa terkait pembunuhan Brigadir J.

"Saya mau meminta maaf kepada Pak Agus, Pak Arif, Pak Chuck, sama Pak Baiquni karena pada saat pemeriksaan saya berbohong waktu di Paminal dan di Saguling, terima kasih," ungkap Kuat.

Selanjutnya, giliran Bharada E yang merupakan ajudan Ferdy Sambo sekaligus eksekutor penembakan Brigadir J. Richard Eliezer mengaku tidak jujur dan tidak terbuka saat memberikan keterangan.

"Namun sebelumnya saya izin meminta maaf kepada komandan-komandan saya karena tadi awal sudah tidak jujur, tidak terbuka, itu saja," tutur Richard Eliezer.

Terakhir, Ricky Rizal, sang ajudan Ferdy Sambo. Ia menuturkan, permintaan maaf itu disampaikannya karena tidak jujur dalam menceritakan peristiwa pembunuhan Brigadir J. Bripka RR mengeklaim mengikuti perintah Ferdy Sambo.

"Sebelumnya saya ingin meminta maaf kepada Pak Agus Nurpatria saat pemeriksaan di Paminal karena menceritakan peristiwa yang tidak sebenarnya, kemudian kepada Bapak Arif Rahman, Bapak Baiquni, beberapa saat datang di Saguling saya tidak pernah menceritakan yang sebenarnya," ucap Ricky.

"Terutama kepada Bapak Chuck Putranto selaku Korspri, kami waktu itu pernah berdinas di Jawa Tengah, yang pada saat itu mendampingi saya pemeriksaan di Provos dan Paminal, tetapi saya tidak menceritakan semua peristiwa yang sebenarnya karena itu semua perintah Ferdy Sambo," tambah Ricky.

Diketahui, sidang ini merupakan pertemuan pertama antara Richard Eliezer, Kuat Ma'ruf, dan Ricky Rizal dengan Arif Rahman Arifin, Agus Nurpatria, Chuck Putranto, dan Baiquni Wibowo.

Dalam perkara ini, Bharada E, Kuat Maruf, dan Bripka RR didakwa melanggar Pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP juncto Pasal 56 ke-1 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jokowi Berikan Kebebasan Kaesang Bila Ingin Maju ke Dunia Politik

Keinginan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep untuk terjun ke dunia politik mendapat restu dari ayahnya.

NEWS | 31 Januari 2023

Kisah Bocah Perempuan 11 Tahun Lolos dari Penculikan di Semarang

Seorang bocah perempuan berusia 11 tahun lolos dari upaya penculikan dua orang tak dikenal seusai berbelanja di sebuah warung kelontong di Semarang,

NEWS | 31 Januari 2023

Data Pangan Sering Berbeda, Jokowi: Di Era Digital Harusnya Tidak Terjadi

Presiden RI Joko Widodo menyoroti masalah data produksi dan stok pangan yang kerap berbeda antara kementerian atau lembaga terkait.

NEWS | 31 Januari 2023

Presidensi G20 Indonesia Sukses, Jokowi: Modalnya Membangun Trust

Indonesia pada 2022 telah sukses memegang Presidensi Group of 20 (G20), forum kerja sama 20 ekonomi utama dunia.

NEWS | 31 Januari 2023

Turunnya Nilai Manfaat Dana Haji, Penyebab Biaya Haji Naik

Pakar kebijakan publik UPN Veteran, Achmad Nur Hidayat mengatakan, rencana kenaikan biaya haji dipicu turunnya nilai manfaat dana haji yang semakin kecil.

NEWS | 31 Januari 2023

Jadi Ketua ASEAN 2023, Jokowi: Ini Fokus Indonesia

Indonesia kembali menjadi ketua ASEAN tahun 2023 di tengah rivalitas antarnegara yang semakin tajam. Presiden Jokowi menegaskan, dalam kepemimpinan di ASEAN

NEWS | 31 Januari 2023

Keluarga Ungkap Sosok Selvi, Mahasiswi Korban Tabrak Lari di Cianjur

Eva Patimah, bibi mahasiswi Cianjur Selvi Amelia Nuraini, mengungkap sosok ponakannya yang menjadi korban tabrak lari di Cianjur

NEWS | 31 Januari 2023

Minyakita Langka di Rangkasbitung, Harga Naik Rp 1.000

Minyak goreng Minyakita sudah tidak lagi ditemukan di sejumlah pasar tradisional yang ada di wilayah Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten.

NEWS | 31 Januari 2023

Bareskrim Polri Berhasil Tangkap DPO Kasus Narkoba dari Malaysia

Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri berhasil menangkap satu daftar pencarian orang (DPO) atas nama Akbar Antoni (AA) dari Malaysia

NEWS | 31 Januari 2023

Ganjar Ingin NU Terus Berkontribusi dalam Perkuat Kehidupan Berbangsa

Ganjar Pranowo ingin Nahdlatul Ulama atau NU terus berkontribusi dalam memperkuat kehidupan berbangsa.

NEWS | 31 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kisah Bocah Perempuan 11 Tahun Lolos dari Penculikan di Semarang

Kisah Bocah Perempuan 11 Tahun Lolos dari Penculikan di Semarang

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE