Logo BeritaSatu

DPR Bakal Sahkan Kasal Yudo Margono Jadi Panglima TNI Sebelum 15 Desember

Senin, 28 November 2022 | 23:31 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua DPR Puan Maharani mengatakan pihaknya memiliki waktu yang cukup untuk memproses surat presiden soal pengganti panglima TNI. Puan meyakni pihaknya akan mengesahkan Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI paling lama sebelum memasuki masa reses pada 15 Desember 2022 mendatang.

"DPR akan memasuki masa reses pada 15 Desember. Jadi waktunya untuk bisa memenuhi mekanisme UU masih cukup. Karena DPR menerima Surpres hari ini maka kami memiliki waktu yang cukup lama untuk memenuhi mekanisme yang ada,” ujar Puan di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Advertisement

Puan menegaskan, DPR akan mengikuti ketentuan yang diatur dalam peraturan perundang-undangan soal mekanisme fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan serta pengesahan calon panglima TNI. Puan pun meminta agar Komisi I DPR segera melakukan fit and proper test terhadap Yudo Margono sebagai calon panglima TNI.

“Dengan diterimanya surpres, Bapak Yudo bisa segera mengikuti proses dan mekanisme yang ada di DPR untuk kemudian melaksanakan fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan),” tegas Puan.

Di tempat yang sama, Mensesneg Pratikno mewakili Presiden Jokowi menghaturkan rasa terima kasih kepada Puan Maharani dan para wakil ketua DPR.

“Cukup melegakan bagi kami bahwa waktunya masih cukup. Dan kami sangat mengharapkan surat dari DPR bisa diterima secepatnya pada waktunya. Dalam hal ini sebelum masa reses. Sekali lagi kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya,” kata Pratikno.

Sebelumnya, Ketua DPR Puan Maharani mengatakan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono ditunjuk menjadi sebagai calon panglima TNI mengantikan Jenderal Andika Perkasa yang memasuki masa pensiun pada 21 Desember 2022 mendatang.

“Nama yang diusulkan Bapak Presiden Jokowi untuk menggantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa adalah Laksamana TNI Yudo Margono yang saat ini menjabat sebagai Kasal,” tutur Puan.

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR ini melanjutkan, setelah menerima surpres tersebut, pihaknya kemudian akan menugaskan komisi terkait dalam hal ini Komisi I DPR untuk melakukan mekanisme dan prosedur sesuai dengan Undang Undang.

“Dengan diterimanya surpres, Bapak Yudo bisa segera mengikuti proses dan mekanisme yang ada di DPR untuk kemudian melaksanakan fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan),” jelas Puan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Terdakwa Kasus Heli AW-101 Dituntut 15 Tahun Penjara, Kuasa Hukum Ajukan Keberatan

Jaksa KPK menuntut Irfan Kurnia Saleh dihukum penjara selama 15 tahun. Kuasa hukum terdakwa mengajukan keberatan.

NEWS | 30 Januari 2023

Legislator: Vonis Bebas Bos Indosurya Lukai Rasa Keadilan

Vonis majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat yang melepas dua terdakwa kasus penipuan dan penggelapan KSP Indosurya dipandang melukai rasa keadilan.

NEWS | 30 Januari 2023

Muhaimin Iskandar: PKB Lahir dan Dibesarkan NU

Menurut Cak Imin, PKB lahir dan dibesarkan NU sehingga PKB masuk dalam rangkaian sejarah satu abad NU.

NEWS | 30 Januari 2023

Ganjar Berikan Perhatian untuk Penyandang Disabilitas

Gubernur Ganjar menerima komunitas penyandang disabilitas Satu Hati yang jauh-jauh datang dari Klaten guna menemuinya di Kota Semarang.

NEWS | 31 Januari 2023

MUI Desak Pemerintah Swedia Tangkap Pelaku Pembakaran Al Qur'an

Wakil Ketua Umum MUI, Anwar Abbas menilai sikap politisi swedia yang membakar Al-Qur'an merupakan tindakan yang tidak bertanggung jawab.

NEWS | 30 Januari 2023

Mahasiswi Ditabrak di Cianjur, Kuasa Hukum Sopir Audi Akan Mengadu ke Provos

Yudi Junadi, kuasa hukum sopir Audi A6, Sugeng Guruh, akan membuat aduan ke provos. Namun, Yudi tak menjelaskan kapan aduan itu akan dibuat.

NEWS | 30 Januari 2023

BPJS Kesehatan Siapkan Rp 9 T untuk Skrining dan Temuan Penyakit

BPJS Kesehatan pada 2023 ini mengalokasikan anggaran hampir Rp 9 triliun untuk kebutuhan skrining kesehatan dan juga penanganan penyakit.

NEWS | 30 Januari 2023

Mahasiswa UI Tewas Ditabrak, Mahfud MD Serahkan ke Polisi

Mahfud MD menyerahkan sepenuhnya kasus kecelakaan lalu lintas yang menimpa mahasiswa Universitas Indonesia, Hasya Athallah Saputra kepada polisi.

NEWS | 30 Januari 2023

Soal Reshuffle, Pramono Anung Tahu Tetapi Enggan Bocorkan

Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Jakarta, Senin (30/1/2023), mengaku telah mengetahui soal isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju oleh Presiden Joko Widodo.

NEWS | 30 Januari 2023

Kasus Perampokan Rumah Dinas, Eks Walkot Blitar Ajukan Praperadilan

Samanhudi Anwar mengajukan praperadllan terkait penetapan dirinya sebagai tersangka dugaan kasus perampokan rumah Santoso oleh Polda Jawa Timur.

NEWS | 30 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Terdakwa Kasus Heli AW-101 Dituntut 15 Tahun Penjara, Kuasa Hukum Ajukan Keberatan

Terdakwa Kasus Heli AW-101 Dituntut 15 Tahun Penjara, Kuasa Hukum Ajukan Keberatan

NEWS | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE