Logo BeritaSatu

Menlu Retno: Indonesia Akan Jadikan ASEAN sebagai Pusat Pertumbuhan Dunia

Selasa, 29 November 2022 | 03:51 WIB
Oleh : Agnes Tahir Purba / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Indonesia resmi menjadi Ketua ASEAN mulai tahun 2023. Penyerahan keketuaan dari Kamboja ini berlangsung pada Upacara Penutupan KTT Ke-40 dan Ke-41 serta KTT Terkait lainnya di Hotel Sokha Phnom Penh, Minggu (13/11/2022).

Dilansir dari pusat informasi Sekretariat Kabinet, Presiden Jokowi menegaskan ASEAN harus menjadi kawasan yang stabil, damai, dan menjadi jangkar stabilitas dunia.

Advertisement

Hal serupa disampaikan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi, saat ditemui BTV di Gedung Kementerian Luar Negeri, Jakarta, pada Senin (28/11/2022).

Dikatakan, Indonesia sebagai Chair of ASEAN 2023 akan menjadikan kawasan Asia Tenggara sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dunia. Meski demikian, Retno mengakui adanya banyak tantangan eksternal dan internal untuk mencapai hal tersebut. Salah satunya adalah situasi di Myanmar.

Retno menambahkan, ada beberapa poin penting yang akan menjadi fokus utama Indonesia sebagai Ketua ASEAN 2023. Pertama, Indonesia akan menjadikan ASEAN tetap penting, dan tetap relevan di mata dunia atau "ASEAN Matters."

Kedua, Indonesia akan menjadikan kawasan Asia Tenggara sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dunia. Retno meyakini bahwa ekonomi dunia akan membaik di 2023.

"Kalau kita bicara ASEAN maka economic growth itu adalah cerita mengenai ASEAN, karena kalau kita lihat ke belakang pertumbuhan ekonomi ASEAN hampir selalu di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi dunia. Tetapi sekali lagi, pertumbuhan ekonomi tidak akan dapat terjadi kalau kawasan Asia Tenggara ini tidak stabil dan damai," kata Retno Marsudi kepada BTV, pada Senin (28/11/2022) di Gedung Kementerian Luar Negeri.

"Oleh karena itu Indonesia ingin menjadikan kawasan Asia Tenggara sebagai epicentrum of growth. Maka tema keketuaan Indonesia tahun depan adalah "ASEAN Matters: Epicentrum of Growth," tambahnya.

Indonesia sebagai Ketua ASEAN 2023 memiliki tiga pilar. Pertama, pilar politik keamanan yang dikoordinasikan oleh menko polhukam. Kedua, pilar ekonomi yang dikoordinasikan oleh menko perekonomian. Ketiga, pilar sosial budaya dikoordinasikan oleh menko PMK. Sementara, Retno selaku Menteri Luar Negeri akan menjadi koordinator umum, karena sudah menjadi Sekretariat Nasional ASEAN.

"Saya sebagai Menteri Luar Negeri akan bekerja sama dengan erat dengan para pengampu atau koordinator masing-masing pilar. Jadi, intinya adalah bagaimana kita membangun koordinasi yang kuat dalam rangka menyukseskan keketuaan Indonesia di ASEAN," ujar Retno Marsudi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Presidensi G20 Indonesia Sukses, Jokowi: Modalnya Membangun Trust

Indonesia pada 2022 telah sukses memegang Presidensi Group of 20 (G20), forum kerja sama 20 ekonomi utama dunia.

NEWS | 31 Januari 2023

Turunnya Nilai Manfaat Dana Haji, Penyebab Biaya Haji Naik

Pakar kebijakan publik UPN Veteran, Achmad Nur Hidayat mengatakan, rencana kenaikan biaya haji dipicu turunnya nilai manfaat dana haji yang semakin kecil.

NEWS | 31 Januari 2023

Jadi Ketua ASEAN 2023, Jokowi: Ini Fokus Indonesia

Indonesia kembali menjadi ketua ASEAN tahun 2023 di tengah rivalitas antarnegara yang semakin tajam. Presiden Jokowi menegaskan, dalam kepemimpinan di ASEAN

NEWS | 31 Januari 2023

Keluarga Ungkap Sosok Selvi, Mahasiswi Korban Tabrak Lari di Cianjur

Eva Patimah, bibi mahasiswi Cianjur Selvi Amelia Nuraini, mengungkap sosok ponakannya yang menjadi korban tabrak lari di Cianjur

NEWS | 31 Januari 2023

Minyakita Langka di Rangkasbitung, Harga Naik Rp 1.000

Minyak goreng Minyakita sudah tidak lagi ditemukan di sejumlah pasar tradisional yang ada di wilayah Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten.

NEWS | 31 Januari 2023

Bareskrim Polri Berhasil Tangkap DPO Kasus Narkoba dari Malaysia

Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri berhasil menangkap satu daftar pencarian orang (DPO) atas nama Akbar Antoni (AA) dari Malaysia

NEWS | 31 Januari 2023

Ganjar Ingin NU Terus Berkontribusi dalam Perkuat Kehidupan Berbangsa

Ganjar Pranowo ingin Nahdlatul Ulama atau NU terus berkontribusi dalam memperkuat kehidupan berbangsa.

NEWS | 31 Januari 2023

Presiden Jokowi Mengaku Heran Ditanya Reshuffle Terus

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku heran mendapat pertanyaan tentang reshuffle kabbinet  setiap kali bertemu wartawan.

NEWS | 31 Januari 2023

Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Ribuan Botol Miras Ilegal

Kantor Bea Cukai Kalbagbar di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, berhasil mengagalkan penyelundupan puluhan ribu botol minuman keras (miras) ilegal tanpa cukai.

NEWS | 31 Januari 2023

Polda Jabar Tak Kaitkan Skandal Kompol D dalam Kasus Kecelakaan di Cianjur

Polda Jabar tak mengaitkan skandal Kompol D dalam penyidikan kasus kecelakaan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

NEWS | 31 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE