Logo BeritaSatu

Menlu Retno: Indonesia Akan Jadikan ASEAN sebagai Pusat Pertumbuhan Dunia

Selasa, 29 November 2022 | 03:51 WIB
Oleh : Agnes Tahir Purba / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Indonesia resmi menjadi Ketua ASEAN mulai tahun 2023. Penyerahan keketuaan dari Kamboja ini berlangsung pada Upacara Penutupan KTT Ke-40 dan Ke-41 serta KTT Terkait lainnya di Hotel Sokha Phnom Penh, Minggu (13/11/2022).

Dilansir dari pusat informasi Sekretariat Kabinet, Presiden Jokowi menegaskan ASEAN harus menjadi kawasan yang stabil, damai, dan menjadi jangkar stabilitas dunia.

Advertisement

Hal serupa disampaikan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi, saat ditemui BTV di Gedung Kementerian Luar Negeri, Jakarta, pada Senin (28/11/2022).

Dikatakan, Indonesia sebagai Chair of ASEAN 2023 akan menjadikan kawasan Asia Tenggara sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dunia. Meski demikian, Retno mengakui adanya banyak tantangan eksternal dan internal untuk mencapai hal tersebut. Salah satunya adalah situasi di Myanmar.

Retno menambahkan, ada beberapa poin penting yang akan menjadi fokus utama Indonesia sebagai Ketua ASEAN 2023. Pertama, Indonesia akan menjadikan ASEAN tetap penting, dan tetap relevan di mata dunia atau "ASEAN Matters."

Kedua, Indonesia akan menjadikan kawasan Asia Tenggara sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dunia. Retno meyakini bahwa ekonomi dunia akan membaik di 2023.

"Kalau kita bicara ASEAN maka economic growth itu adalah cerita mengenai ASEAN, karena kalau kita lihat ke belakang pertumbuhan ekonomi ASEAN hampir selalu di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi dunia. Tetapi sekali lagi, pertumbuhan ekonomi tidak akan dapat terjadi kalau kawasan Asia Tenggara ini tidak stabil dan damai," kata Retno Marsudi kepada BTV, pada Senin (28/11/2022) di Gedung Kementerian Luar Negeri.

"Oleh karena itu Indonesia ingin menjadikan kawasan Asia Tenggara sebagai epicentrum of growth. Maka tema keketuaan Indonesia tahun depan adalah "ASEAN Matters: Epicentrum of Growth," tambahnya.

Indonesia sebagai Ketua ASEAN 2023 memiliki tiga pilar. Pertama, pilar politik keamanan yang dikoordinasikan oleh menko polhukam. Kedua, pilar ekonomi yang dikoordinasikan oleh menko perekonomian. Ketiga, pilar sosial budaya dikoordinasikan oleh menko PMK. Sementara, Retno selaku Menteri Luar Negeri akan menjadi koordinator umum, karena sudah menjadi Sekretariat Nasional ASEAN.

"Saya sebagai Menteri Luar Negeri akan bekerja sama dengan erat dengan para pengampu atau koordinator masing-masing pilar. Jadi, intinya adalah bagaimana kita membangun koordinasi yang kuat dalam rangka menyukseskan keketuaan Indonesia di ASEAN," ujar Retno Marsudi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hakim Dinilai Layak Kurangi Hukuman Richard Eliezer

Hakim layak memberikan keringanan hukum kepada terdakwa Bharada Richard Eliezer atau Bharada E dalam kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 27 Januari 2023

Sidang Obstruction of Justice Hari Ini, Hendra Kurniawan Cs Hadapi Tuntutan

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) akan menggelar sidang tuntutan terhadap para terdakwa Obstruction of Justice (ooj).

NEWS | 27 Januari 2023

Jadwal Perempat Final Indonesia Masters Hari Ini, Ada Jojo dan Bagas/Fikri di Awal

Aksi Jonatan Christie alias Jojo dan ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri bakal mengawali babak perempat final turnamen Indonesia Masters 2023.

NEWS | 27 Januari 2023

Pakar: Richard Eliezer Diperalat Ferdy Sambo

Richard Eliezer atau Bharada E, terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J, menyatakan dirinya diperalat mantan atasannya Ferdy Sambo.

NEWS | 27 Januari 2023

Kecelakaan Beruntun di Lintas Padang Panjang-Bukittinggi, 3 Tewas

Tiga orang tewas dalam kecelakaan beruntun yang melibatkan sembilan kendaraan di Jalan Lintas Padang Panjang-Bukittinggi.

NEWS | 27 Januari 2023

PBB Ungkap Budidaya Opium di Myanmar Meningkat sejak Junta Berkuasa

PBB mengungkap adanya peningkatan signifikan dalam budidaya opium di Myanmar, setelah junta militer mengambil alih kekuasaan.

NEWS | 27 Januari 2023

LPSK: Ada Potensi Ancaman Tinggi ke Bharada E Saat Bongkar Kasus Brigadir J

LPSK menilai ada potensi ancaman tingkat tinggi yang akan dihadapi Bharada E saat hendak membongkar kasus tewasnya Brigadir J.

NEWS | 27 Januari 2023

Gelar Bazar di Gedung DPR, PPP Akan Terus Perjuangkan UMKM

PPP menggelar bazar untuk ratusan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Gedung DPR, Senayan, Jakarta. PPP akan memperjuangkan UMKM.

NEWS | 27 Januari 2023

9 Jenazah Korban Pembunuhan Berantai Wowon Cs Selesai Diautopsi

Sembilan jenazah korban pembunuhan berantai Wowon cs selesai diautopsi di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur.

NEWS | 27 Januari 2023

PUPR Sebut 22 Menara Hunian Pekerja di IKN Sudah Terbangun

Secara umum, sebanyak 22 tower atau menara Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sudah selesai terbangun.

NEWS | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Pleidoi Ferdy Sambo


# Serial Killer


# RUU Kesehatan


# Insiden Lion Air


# Biaya Haji 2023


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Penerima Bansos Bisa Ikut Program Kartu Prakerja Skema Normal

Penerima Bansos Bisa Ikut Program Kartu Prakerja Skema Normal

EKONOMI | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE