Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Menlu Retno: Indonesia Akan Jadikan ASEAN sebagai Pusat Pertumbuhan Dunia

Selasa, 29 November 2022 | 03:51 WIB
Oleh : Agnes Tahir Purba / FFS
Retno Marsudi.

Jakarta, Beritasatu.com - Indonesia resmi menjadi Ketua ASEAN mulai tahun 2023. Penyerahan keketuaan dari Kamboja ini berlangsung pada Upacara Penutupan KTT Ke-40 dan Ke-41 serta KTT Terkait lainnya di Hotel Sokha Phnom Penh, Minggu (13/11/2022).

Dilansir dari pusat informasi Sekretariat Kabinet, Presiden Jokowi menegaskan ASEAN harus menjadi kawasan yang stabil, damai, dan menjadi jangkar stabilitas dunia.

Hal serupa disampaikan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi, saat ditemui BTV di Gedung Kementerian Luar Negeri, Jakarta, pada Senin (28/11/2022).

Dikatakan, Indonesia sebagai Chair of ASEAN 2023 akan menjadikan kawasan Asia Tenggara sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dunia. Meski demikian, Retno mengakui adanya banyak tantangan eksternal dan internal untuk mencapai hal tersebut. Salah satunya adalah situasi di Myanmar.

Retno menambahkan, ada beberapa poin penting yang akan menjadi fokus utama Indonesia sebagai Ketua ASEAN 2023. Pertama, Indonesia akan menjadikan ASEAN tetap penting, dan tetap relevan di mata dunia atau "ASEAN Matters."

Kedua, Indonesia akan menjadikan kawasan Asia Tenggara sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dunia. Retno meyakini bahwa ekonomi dunia akan membaik di 2023.

"Kalau kita bicara ASEAN maka economic growth itu adalah cerita mengenai ASEAN, karena kalau kita lihat ke belakang pertumbuhan ekonomi ASEAN hampir selalu di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi dunia. Tetapi sekali lagi, pertumbuhan ekonomi tidak akan dapat terjadi kalau kawasan Asia Tenggara ini tidak stabil dan damai," kata Retno Marsudi kepada BTV, pada Senin (28/11/2022) di Gedung Kementerian Luar Negeri.

"Oleh karena itu Indonesia ingin menjadikan kawasan Asia Tenggara sebagai epicentrum of growth. Maka tema keketuaan Indonesia tahun depan adalah "ASEAN Matters: Epicentrum of Growth," tambahnya.

Indonesia sebagai Ketua ASEAN 2023 memiliki tiga pilar. Pertama, pilar politik keamanan yang dikoordinasikan oleh menko polhukam. Kedua, pilar ekonomi yang dikoordinasikan oleh menko perekonomian. Ketiga, pilar sosial budaya dikoordinasikan oleh menko PMK. Sementara, Retno selaku Menteri Luar Negeri akan menjadi koordinator umum, karena sudah menjadi Sekretariat Nasional ASEAN.

"Saya sebagai Menteri Luar Negeri akan bekerja sama dengan erat dengan para pengampu atau koordinator masing-masing pilar. Jadi, intinya adalah bagaimana kita membangun koordinasi yang kuat dalam rangka menyukseskan keketuaan Indonesia di ASEAN," ujar Retno Marsudi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI