Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Satelit Karya Anak Bangsa Diluncurkan Bareng Roket Elon Musk

Selasa, 29 November 2022 | 10:33 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP
Ilustrasi satelit

Jakarta, Beritasatu.com - Satelit nano karya anak bangsa Surya Satellite-1 (SS-1) berhasil meluncur atau merapat (docking) secara otomasi ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dari Pusat Luar Angkasa Kennedy, Florida, Amerika Seerikat (AS) pada Sabtu pukul 02.20 siang waktu setempat atau Minggu (27/11/2022) waktu Indonesia menggunakan roket SpaceX CRS-26 perusahaan milik Elon Musk.

"Roket tersebut mengemban misi membawa muatan termasuk satelit SS-1 menuju International Space Station (ISS) sukses diluncurkan setelah terjadi penundaan peluncuran beberapa hari yang lalu karena faktor cuaca yang tidak mendukung," demikian dikutip akun Instagram resmi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) @lapan_ri Selasa (29/11/2022).

Roket SpaceX CRS-26 mengirimkan lebih 2.630 kg muatan untuk misi penelitian, perlengkapan kru ISS, dan berbagai perangkat keras, setelah sebelumnya mendukung misi CRS-21 dan CRS-23," demikian dikutip

Milestone penting selanjutnya adalah deployment satelit SS-1 dari modul Kibo milik Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) dari ISS oleh astronot yg direncanakan pada pertengahan bulan Januari 2023.

SS-1 dikembangkan oleh Surya University dengan dukungan dan supervisi ahli dari Pusat Riset Teknologi satelit, BRIN. Proyek ini juga mendapat dukungan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, Organisasi Amatir Radio Indonesia, PT Pudak Scientific, PT Pasifik Satelit Nusantara dan pemangku kepentingan lainnya.

Diketahui Lapan menjadi dilebur menjadi BRIN yang mengurusi bidang penerbangan dan antariksa.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI