Logo BeritaSatu

Kemenkes Sebut 12.553 Anak Usia di Bawah 14 Tahun Terinfeksi HIV

Selasa, 29 November 2022 | 14:29 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / WIR

Jakarta, Beritasatu.com – Secara total, ada 12.553 anak usia 14 tahun ke bawah di Indonesia yang diketahui mengidap HIV. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Imran Pambudi mengatakan data itu diungkap dari data Kemenkes 2010-2022. Dikatakan pula, kasus HIV pada anak di Indonesia dominan ditemukan pada anak usia kurang dari 4 tahun sebanyak 4.764 anak.

Hal ini disampaikannya pada acara media dalam rangka Hari AIDS Sedunia 2022 yang bertemakan; “Satukan Langkah Cegah HIV, Semua Setara Akhiri AIDS”, secara daring, Selasa (29/11/2022).

Advertisement

Imran menyebutkan, sebanyak 12.553 anak terinfeksi HIV ini, yang sudah mulai pengobatan baru sekitar 7.800 anak. “Jadi gap-nya masih cukup tinggi,” ucapnya.

Berdasarkan jenis kelamin, Imran menyebutkan anak laki-laki lebih banyak terkena HIV dibandingkan yang perempuan. Oleh karena itu, perlu akses pengetahuan atau layanan kesehatan kepada orang tua terkait hal tersebut. Hal itu disebabkan anak tertular HIV biasanya dari orang tua.

Kendati demikian, Imran menyebutkan, berdasarkan perbandingan data per tahun, penemuan kasus HIV semakin membaik, namun tetap perlu perbaikan penanganan dan penanggulangan sehingga mengalami penurunan yang signifikan.

Dikatakan Imran, tantangan penanggulangan HIV di Indonesia ini cukup besar terutama pada kelompok perempuan, anak dan remaja belum optimal dan sebagian besar kasus HIV ini berada di kelompok umur usia 25-49 tahun.

“Setiap tahunnya masih saja ditemukan anak dengan HIV. Di mana menunjukkan upaya pencegahan dan pengendalian HIV ini masih memerlukan penguatan-penguatan, terutama bagaimana kegiatan yang dilakukan koordinasi dengan penanganan KIA (kesehatan ibu dan anak) khususnya pencegahan penularan infeksi ibu dan anak,” ucapnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Subsidi Biaya Haji Minim, DPR Usul BPKH Dibubarkan

"Kalau hanya mengandalkan 70:30 saja subsidi bagi jemaah haji kita, tidak perlu ada BPKH. Dibubarkan saja!" kata Marwan.

NASIONAL | 8 Februari 2023

Polisi Temukan Puluhan Video Dewasa Milik Pelaku Pencabulan Belasan Anak di Jambi

Polisi menemukan foto dan video dewasa dari telepon genggam milik perempuan muda pelaku pencabulan belasan anak di Jambi.

NUSANTARA | 8 Februari 2023

Menkes Sebut Biaya Vaksin Berbayar Rp 100.000 Masuk Akal

Menkes Budi Gunadi mengatakan, harga vaksin berbayar bagi masyarakat kurang mampu akan ditanggung negara melalui mekanisme Penerima Bantuan Iuran (PBI).

NASIONAL | 8 Februari 2023

Sosialisasi KUHP, Ahli Hukum Berikan Edukasi di Manokwari

Masyarakat Hukum Pidana dan Kriminologi Indonesia (Mahupiki), kembali melakukan sosialisasi Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

NASIONAL | 8 Februari 2023

Cari Pilot Susi Air, Aparat Gabungan Telusuri Hutan di Nduga Papua

Aparat gabungan TNI/Polri melakukan penelusuran hutan di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan guna melacak keberadaan pilot Susi Air.

NASIONAL | 8 Februari 2023

Indonesia Emas 2045, BUMN Diharapkan Jadi Pemeran Utama

BUMN diharapkan bisa menjadi pemeran utama dalam rangka mewujudkan Indonesia Emas 2045.

NASIONAL | 9 Februari 2023

Usut Kasus Lahan yang Libatkan Bripka Madih, Polda Metro Gandeng BPN

Polda Metro Jaya menggandeng Badan Pertanahan Nasional atau BPN untuk mengusut kasus lahan yang melibatkan Provost Polsek Jatinegara Bripka Madih.

MEGAPOLITAN | 8 Februari 2023

Menteri Luhut Tegaskan Bakal Tindak Pelaku Penimbunan MinyaKita

Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan bakal menindak tegas oknum yang berani menimbun MinyaKita melalui Satgas Pangan Polri.

NASIONAL | 9 Februari 2023

9-10 Februari, Waspadai Gelombang Tinggi di Sejumlah Perairan

Masyarakat pesisir diminta agar waspada gelombang tinggi hingga empat meter yang berpotensi terjadi pada 9-10 Februari 2023.

NUSANTARA | 9 Februari 2023

Menkes: Hanya 1 Anak yang Terkonfirmasi Gagal Ginjal Akut

Menurut Menkes Budi Gunadi, terdapat 2 anak yang dicurigai terkena gagal ginjal akut, namun hanya satu yang terbukti mengidap penyakit tersebut.

NASIONAL | 8 Februari 2023


TAG POPULER

# Lee Da In


# 1 Abad NU


# Christine Hakim


# Susi Air


# Praxion


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Subsidi Biaya Haji Minim, DPR Usul BPKH Dibubarkan

Subsidi Biaya Haji Minim, DPR Usul BPKH Dibubarkan

NASIONAL | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE