Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Layani Pengungsi Gempa Cianjur, PMI Kerahkan 17 Truk Air Minum

Selasa, 29 November 2022 | 19:13 WIB
Oleh : Guruh Permadi / FER
Wakil Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Ginandjar Kartasasmita (kanan) melakukan salam dengan Wakil Presiden Komite Internasional Palang Merah (ICRC) Gilles Carbonnier di Kantor PMI Pusat, Jakarta, Selasa, 7 Desember 2021.

Cianjur, Beritasatu.com - Palang Merah Indonesia (PMI) menyebar 17 truk tangki air minum dan 17 ambulans untuk melayani pengungsi korban gempa Cianjur.

Wakil Ketua PMI, Ginandjar Kartasasmita menyatakan, saat ini fokus penanganan sudah beralih pada penanganan para pengungsi korban gempa Cianjur.

"Tapi untuk pencarian dan evakuasi korban gempa Cianjur juga masih terus dilakukan," ujar Ginandjar usai apel kesiapsiagaan kebencanaan, di PMI Cianjur, Selasa (29/11/2022).

Petugas BNPB mendistribusikan bantuan untuk warga yang terdampak gempa Cianjur di Desa Gasol, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Sabtu 26 November 2022.

Menurut Ginandjar, saat ini para pengungsi sangat membutuhkan air bersih untuk kebutuhan minum makan memasak dan pengobatan.

PMI mengerahkan 17 truk tangki air minum yang diperuntukkan distribusi air untuk para pengungsi gempa Cianjur, utamanya di wilayah yang sangat terdampak gempa.

"Armada tangki air minum dan ambulans disebar ke beberapa wilayah, terutama di Kecamatan Cugenang yang jadi pusatnya," terangnya.

Selain itu, kata Ginandjar, hal penting yang dibutuhkan para pengungsi adalah pelayanan dan penanganan pengobatan. "Karena masih tinggal di pengungsian kesehatan itu jadi sangat penting. Disitu nanti difokuskan," sambungnya.

Tidak hanya itu, saat ini juga sedang disiapkan hunian sementara untuk para pengungsi yang saat ini lokasinya tengah disiapkan.

"Lokasinya masih dicari nanti kerjasama dengan pemerintah daerah dan dikoordinasikan dulu. Karena kan banyak pengungsi yang rumahnya hancur," tandas Ginandjar.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI