Logo BeritaSatu

Kemajuan Teknologi Pendidikan Dukung Kinerja Guru

Selasa, 29 November 2022 | 20:44 WIB
Oleh : Emanuel Kure / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Pandemi Covid-19 menjadi titik balik perjuangan guru-guru Indonesia, terutama dalam penggunaan teknologi. Tantangan untuk menghadirkan pembelajaran yang bermakna secara daring semakin besar ketika guru masih belum terbiasa menggunakan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar (KBM).

Berdasarkan survei Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Pustekkom Kemendikbudristek) tahun 2018, hanya 40% guru Indonesia yang siap menggunakan teknologi. Namun, berkat kegigihan belajar yang tinggi, kini guru-guru Indonesia mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi.

Advertisement

Quipper School Premium Manager, Riza Purnama, mengungkapkan rasa bangga atas semangat guru-guru hebat Indonesia beradaptasi dengan teknologi meskipun adanya berbagai keterbatasan. Riza juga memberi pesan agar guru selalu berinovasi menggunakan teknologi meskipun sudah pembelajaran tatap muka (PTM).

"Quipper berkomitmen mendukung efektivitas dan efisiensi kinerja guru-guru Indonesia dengan teknologi melalui Quipper School Premium (QSP). Sejak 2020, QSP telah digunakan oleh lebih dari 177.000 guru di 195 kabupaten/kota di Indonesia. Puluhan webinar pelatihan juga telah diikuti oleh lebih dari 3.000 sekolah," kata Riza di Jakarta, Selasa (29/11/2022).

Kemajuan Teknologi Pendidikan Dukung Kinerja Guru
Platform teknologi pendidikan (edutech) Quipper mendukung efektivitas dan efisiensi kinerja guru-guru di Indonesia melalui teknologi, dengan Quipper School Premium (QSP).

Riza mengatakan, penggunaan teknologi dapat mempermudah guru dalam menciptakan pembelajaran yang terdiferensiasi, efektif, dan efisien. Harapannya, semoga semakin banyak lagi guru dan sekolah yang berinovasi menggunakan teknologi dalam PTM.

"Tentunya dengan tetap mengingat bahwa teknologi hadir bukan untuk menggantikan peran guru, melainkan sebagai alat untuk mendukung kinerja guru agar proses pembelajaran menjadi semakin baik,” ungkap Riza.

Riza menambahkan, kesuksesan literasi teknologi guru juga tak lepas dari peran penyedia layanan teknologi pendidikan. Quipper School Premium yang dirancang untuk mendukung setiap tahap pengajaran tidak hanya memberikan teknologi yang mudah dipahami guru, tetapi juga layanan konsultasi agar guru bisa memaksimalkan penggunaan teknologi.

"Guru dapat menganalisis kebutuhan siswa melalui tes kognitif dan afektif, merancang pembelajaran, mengembangkan instrumen penilaian, menyelenggarakan ujian PTS, PAS, dan PAT secara daring, serta memonitor proses pembelajaran dengan mengakses laporan aktivitas siswa dan guru," tandasnya.

Selain itu, tambah Riza, konten, fitur, dan layanan QSP juga mendukung guru dalam mengimplementasi Kurikulum Merdeka dengan adanya ribuan konten referensi mengajar, bank soal AKM, dan pelatihan Kurikulum Merdeka yang digelar secara rutin.

"Tidak hanya itu, QSP juga mendampingi guru dalam menghadapi perubahan kebijakan seleksi masuk perguruan tinggi dengan menyediakan tes diagnostik potensi skolastik, online tryout UTBK, laporan progres siswa per individu maupun per kelas," kata Riza.

Baca selanjutnya
Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 3 Bondowoso, Oni Pambagyo Triantoro, merasa ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Profil Sri Mulyani, Perempuan Penjaga Keuangan Negara

Inilah profil Sri Mulyani, perempuan tangguh yang saat ini menjabat sebagai Menteri Keuangan Indonesia di Kabinet Indonesia Maju.

NEWS | 1 Februari 2023

Profil Sri Mulyani, Perempuan Penjaga Keuangan Negara

Inilah profil Sri Mulyani, perempuan tangguh yang saat ini menjabat sebagai Menteri Keuangan Indonesia di Kabinet Indonesia Maju.

NEWS | 1 Februari 2023

Rangkaian Acara Puncak Peringatan 1 Abad NU Digelar 24 Jam Nonstop

Panitia Pelaksana Puncak Resepsi 1 Abad NU menyiapkan rangkaian acara Peringatan 1 Abad NU yang digelar 24 Jam nonstop.

NEWS | 1 Februari 2023

Kemenlu: Tidak Ada WNI Jadi Korban Bom di Masjid Pakistan

Ledakan di masjid, yang penuh dengan jemaah, itu terjadi di kawasan Police Lines dan menewaskan 100 orang, 97 di antaranya adalah polisi.

NEWS | 1 Februari 2023

Status Literasi Digital Masyarakat Indonesia Meningkat di Tahun 2022

Skor tersebut menunjukkan bahwa Literasi Digital masyarakat Indonesia berada pada kategori “sedang”.

NEWS | 1 Februari 2023

Reshuffle Rabu Pon? Jokowi Tertawa Lebar

Ditemani Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Jokowi menjawab soal reshuffle sambil tertawa lebar.

NEWS | 1 Februari 2023

Cekcok dengan Istri, Seorang Ayah di Temanggung Tega Cabuli Anaknya

Polres Temanggung, Jawa Tengah mengamankan seorang ayah pelaku pencabulan. Korban adalah anak kandung pelaku dan masih di bawah umur.

NEWS | 1 Februari 2023

Sumbar Uji Coba Pembatasan BBM Subsidi dengan QR Code

Provinsi Sumatera Barat mulai menerapkan program pembelian BBM subsidi tepat untuk bahan bakar solar bersubsidi dan Pertalite. P

NEWS | 1 Februari 2023

Permukiman dan Pertanian di Embaloh Hulu Terendam Banjir Hingga 1,5 M

Permukiman penduduk dan lahan pertanian di beberapa bagian wilayah Kecamatan Embaloh Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, terendam banjir.

NEWS | 1 Februari 2023

Indeks Persepsi Korupsi Menurun, KPK Sebut Butuh Terobosan

Indonesia memperoleh skor indeks persepsi korupsi (IPK) 34 per 100 untuk tahun 2022.

NEWS | 1 Februari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lolos ke Final Piala Liga Inggris, Newcastle Akhiri Penantian 47 Tahun

Lolos ke Final Piala Liga Inggris, Newcastle Akhiri Penantian 47 Tahun

BOLA | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE