Logo BeritaSatu

Simulasi Pilpres: Duet Ganjar-Prabowo Terkuat, Menang Satu Putaran

Selasa, 29 November 2022 | 21:25 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Hasil survei terbaru Charta Politika Indonesia menunjukkan duet Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto bakal menjadi pasangan capres-cawapres terkuat pada Pilpres 2024. Keduanya bisa menang dalam satu putaran.

Hal ini merupakan hasil dari lima simulasi terhadap pasangan capres-cawapres yang dilakukan Charta Politika jika kontestasi pilpres diikuti tiga kandidat. Ganjar Pranowo ketika diduetkan dengan Prabowo Subianto maka keduanya angka mendapatkan elektabilitas 43,4 persen.

Advertisement

Duet Ganjar Pranowo-Prabowo Subianto ini mengalahkan duet Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan angka elektabilitas 33,7 persen, dan duet Puan Maharani-Andika Perkasa 3,9 persen. Responden yang tidak menjawab atau tidak tahu sebayak 18,9 persen.

“Duet Ganjar dan Prabowo memiliki angka elektabilitas paling tinggi dibandingkan simulasi lainnya dan berpotensi menang satu putaran,” ujar kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya dalam konferensi pers virtual bertajuk “Persepsi Publik Terkait Kinerja Pemerintah dan Peta Elektoral Terkini”, Selasa (29/11/2022).

Dari simulasi yang ada, menurut Yunarto, jika responden yang tidak tahu atau tidak menjawab didistribusikan secara merata kepada tiga pasangan capres-cawapres, maka duet Ganjar-Prabowo berpotensi menang satu putaran.

“Ini karena memang Ganjar, Anies, dan Prabowo merupakan, tiga sosok terkuat dalam lembaga survei. Ketika dua di antaranya bergabung, maka memang logika di atas kertas, secara statistik, masih akan menjadi pasangan yang sangat kuat dan berpotensi malah untuk kemudian menangkan satu putaran,” tuturnya.

Survei dengan metode wawancara tatap muka terhadap 1.220 orang responden dilakukan pada 4-12 November 2022. Angka margin of error 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca selanjutnya
Berikut simulasi tiga pasangan capres-cawapres 2024: Simulasi 1Ganjar Pranowo-Prabowo Subianto 43,4%Anies Baswedan-AHY ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Menteri Muhadjir Dorong Kenaikan Biaya Haji Dilakukan Bertahap

Menko PMK Muhadjir Effendy mengaku telah mengusulkan kepada Menteri Agama (Menag) agar menaikkan biaya haji secara bertahap.

NEWS | 31 Januari 2023

Kuasa Hukum Ricky Rizal: JPU Harus Cabut Tudingan Saya 1 Tim dengan Pengacara Sambo

Kuasa hukum terdakwa Ricky Rizal, Erman Umar minta JPU mencabut tudingan bahwa dia satu tim dengan penasihat Ferdy Sambo.

NEWS | 31 Januari 2023

Ganjar Targetkan Masjid Agung Jawa Tengah Rampung Akhir 2023

Ganjar Pranowo mengatakan, Masjid Agung Jawa Tengah atau MAJT di Magelang yang dimulai pembangunanya hari ini diharapkan rampung akhir 2023.

NEWS | 31 Januari 2023

Jokowi Berikan Kebebasan Kaesang Bila Ingin Maju ke Dunia Politik

Keinginan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep untuk terjun ke dunia politik mendapat restu dari ayahnya.

NEWS | 31 Januari 2023

Kisah Bocah Perempuan 11 Tahun Lolos dari Penculikan di Semarang

Seorang bocah perempuan berusia 11 tahun lolos dari upaya penculikan dua orang tak dikenal seusai berbelanja di sebuah warung kelontong di Semarang,

NEWS | 31 Januari 2023

Data Pangan Sering Berbeda, Jokowi: Di Era Digital Harusnya Tidak Terjadi

Presiden RI Joko Widodo menyoroti masalah data produksi dan stok pangan yang kerap berbeda antara kementerian atau lembaga terkait.

NEWS | 31 Januari 2023

Presidensi G20 Indonesia Sukses, Jokowi: Modalnya Membangun Trust

Indonesia pada 2022 telah sukses memegang Presidensi Group of 20 (G20), forum kerja sama 20 ekonomi utama dunia.

NEWS | 31 Januari 2023

Turunnya Nilai Manfaat Dana Haji, Penyebab Biaya Haji Naik

Pakar kebijakan publik UPN Veteran, Achmad Nur Hidayat mengatakan, rencana kenaikan biaya haji dipicu turunnya nilai manfaat dana haji yang semakin kecil.

NEWS | 31 Januari 2023

Jadi Ketua ASEAN 2023, Jokowi: Ini Fokus Indonesia

Indonesia kembali menjadi ketua ASEAN tahun 2023 di tengah rivalitas antarnegara yang semakin tajam. Presiden Jokowi menegaskan, dalam kepemimpinan di ASEAN

NEWS | 31 Januari 2023

Keluarga Ungkap Sosok Selvi, Mahasiswi Korban Tabrak Lari di Cianjur

Eva Patimah, bibi mahasiswi Cianjur Selvi Amelia Nuraini, mengungkap sosok ponakannya yang menjadi korban tabrak lari di Cianjur

NEWS | 31 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Soal Penurunan Harga BBM, Airlangga: Kami Monitor Minyak Dunia

Soal Penurunan Harga BBM, Airlangga: Kami Monitor Minyak Dunia

EKONOMI | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE