Logo BeritaSatu

Rencana Kang Emil Gabung Partai Dinilai Dapat Pengaruhi Peta Politik

Selasa, 29 November 2022 | 23:17 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Rencana Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil atau Kang Emil bergabung ke partai politik (parpol) dapat memengaruhi peta politik menjelang Pemilu 2024. Hal itu disampaikan Peneliti Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (PRP-BRIN) Aisah Putri Budiatri saat dihubungi, Selasa (29/11/2022).

“Saya kira langkah Kang Emil masuk partai tentu bisa bermakna banyak, termasuk terkait dengan peta politik 2024,” ucap Puput sapaannya.

Advertisement

Dia menuturkan taktik politik Partai Golkar pada Pilpres 2024 bakal berubah jika Kang Emil memutuskan bergabung ke partai berlambang pohon beringin tersebut. Dia mengatakan Kang emil tentu berniat melanjutkan karier di bidang politik.

“Dalam kondisi ideal, RK sepatutnya meningkatkan karier politik dari gubernur Jawa Barat kepada karier politik yang lebih tinggi dan atau lebih strategis. Dalam konteks ini hanya ada tiga posisi yang lebih tinggi atau diasosiasikan lebih tinggi, yakni menjadi presiden, wakil presiden atau gubernur DKI Jakarta,” jelas dia.

Puput menambahkan ada potensi Kang Emil diusung Golkar sebagai calon wakil presiden (cawapres) dari Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. “Jika RK masuk Golkar dan diproyeksikan untuk menjadi bakal kandidat pilpres, maka ada potensi RK diusung menjadi cawapres mendampingi Airlangga, dengan konteks Golkar juga didukung oleh partai lain, dalam hal ini KIB (Koalisi Indonesia Bersatu),” imbuh Puput.

Dia menuturkan Golkar pun dapat mengubah strategi dengan hanya mencalonkan Kang Emil menjadi cawapres tanpa Airlangga sebagai capres. Strategi itu tampak akan dijalankan jika ternyata lebih menarik minat partai-partai lain untuk secara solid berkoalisi dengan Golkar pada Pilpres 2024.

“RK akan menjadi kunci bagi Golkar untuk menjadi berpengaruh dalam koalisi karena RK menjadi kader Golkar, seperti halnya Jokowi (Presiden Joko Widodo) dulu menjadi petugas partai bagi PDIP (PDI Perjuangan),” katanya.

Sementara itu, Direktur Riset Indonesia Politics Research and Consulting, Leo Agustino mengatakan langkah Golkar untuk meminang Kang Emil dalam rangka elektoral di Jabar. “Posisi Jabar sebagai tradisi Golkar, mau diambil alih kembali. Saya menilai begitu, dengan cara mengambil putra terbaik Jabar untuk duduk di Golkar,” kata Leo.

Sosok Kang Emil juga memiliki elektabilitas yang cukup tinggi serta digemari oleh kaum milenial. “Dia dikenal sebagai kepala daerah yang punya banyak inovasi, ketanggapan teknologi dan pengetahuan, dan kans besar untuk mendapatkan suara milenial,” pungkas Leo.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Soal Gugatan Uni Eropa ke WTO, Bahlil: Kita Lawan!

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menegaskan bahwa Indonesia akan melawan terkait gugatan yang diajukan oleh sejumlah negara Uni Eropa ke WTO.

NEWS | 6 Februari 2023

Kasus KSP Indosurya, Bareskrim Polri Telusuri Tindak Pidana Lain

Bareskrim Polri tengah menyelidiki dugaan tindak pidana lain terkait kasus penipuan investasi dana nasabah Koperasi Simpan Pinjam atau KSP Indosurya. 

NEWS | 6 Februari 2023

Tukang Becak Bobol Rekening BCA Divonis 10 Bulan Penjara

Setu, tukang becak bobol rekening BCA divonis 10 bulan penjara. Sementara, Thoha, otak pembobolan rekening  senilai Rp 320 juta itu dihukum 3,5 tahun.

NEWS | 6 Februari 2023

Jadi Ketua Asosiasi Kedokteran ASEAN, Ketua PB IDI Akan Dorong Kerja Sama Regional

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Moh Adib Khumaidi akan mendorong kerja sama regional setelah ditunjuk menjadi Ketua MASEAN

NEWS | 6 Februari 2023

Korban Tewas Gempa Turki Capai Lebih dari 1.200 Orang

Jumlah korban tewas akibat gempa Turki serta Suriah yang terjadi pada Senin (6/2/2023) diperkirakan lebih dari 1.200 orang.

NEWS | 6 Februari 2023

Kasus Baru Gangguan Ginjal Akut, IDAI Instruksikan Stop Penggunaan Obat Sirop Praxion

IDAI menginstruksikan seluruh dokter anak untuk menghentikan sementara pemberian resep obat sirop Praxion menyusul kasus baru gangguan ginjal akut pada anak.

NEWS | 6 Februari 2023

Prabowo Subianto, Alasan Ferdinand Hutahaean Gabung ke Gerindra

Ferdinand Hutahaean mengaku alasannya memilih bergabung bersama Gerindra karena faktor Ketua Umum Prabowo Subianto.

NEWS | 6 Februari 2023

Kejari Periksa Berkas Perkara Sopir Audi Hitam Penabrak Mahasiswi Cianjur

Kejari Cianjur sedang memeriksa berkas perkara sopir Audi hitam, Sugeng Guruh yang menabrak mahasiswi Cianjur, Selvi Amelia Nuraini hingga tewas. 

NEWS | 6 Februari 2023

Infrastruktur JIS Dikeluhkan Penonton Konser Dewa 19, Heru: Kami Perbaiki

Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono berjanji memperbaiki infrastruktur di kawasan Jakarta International Stadium (JIS) setelah dikeluhan penonton konser Dewa 19.

NEWS | 6 Februari 2023

Gempa Turki, Vladimir Putin: Rusia Siap Berikan Bantuan

Presiden Rusia Vladimir Putin pada Senin (6/2/2023) menawarkan bantuan Rusia kepada Turki dan Suriah setelah gempa Turki dengan magnitudo 7,8.

NEWS | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Allianz Utama Bayarkan Klaim Rp 72,4 Miliar Sepanjang 2022

Allianz Utama Bayarkan Klaim Rp 72,4 Miliar Sepanjang 2022

EKONOMI | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE