Logo BeritaSatu

Erick Thohir Bantah Adanya Aliran Dana Biayai Kegiatan Relawan Jokowi di GBK

Selasa, 29 November 2022 | 23:35 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membantah dengan tegas tuduhan soal isu aliran dana dari BUMN untuk membiayai kegiatan relawan Nusantara Bersatu yang digelar di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (26/11/2022). Acara tersebut dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Sudah dijawab bahwa itu tidak benar ada aliran dana dari BUMN,” ujar Erick Thohir saat ditemui wartawan di gedung DPR, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (29/11/2022).

Advertisement

Erick Thohir terbuka untuk diperiksa jika ada jajaran direksi atau petinggi BUMN yang memanfaatkan anggaran negara untuk kegiatan relawan Nusantara Bersatu. “Silakan periksa. Kalau memang ada saya tangkap direksinya,” tegasnya.

Dia menyayangkan sejumlah anggota DPR yang sudah melemparkan tuduhan soal aliran dana dari BUMN untuk acara relawan tersebut. Menurutnya, tuduhan seharusnya diperkuat oleh data atau bukti-bukti.

“Kalau aliran dana sudah disebutkan kok, sudah ada beberapa anggota DPR bicara tidak benar. Kita hidup itu jangan saling menuduh, tetapi kalau ada fakta dan ini silakan. Ini karena keterbukaan,” ungkapnya.

Erick Thohir pun meminta semua pihak untuk tidak menciptakan konflik dan kegaduhan yang merugikan masyarakat. Menurutnya, menyelesaikan persoalan rakyat tidak bisa dijawab dengan kegaduhan.

“Insyaallah semuanya baik selama kita transparan. Kalau ada korupsi, kita lakukan (penegakan hukum). Bagaimana kita bersihin Jiwasraya, Asabri, Garuda, masa kalian enggak percaya?,” katanya.

Terkait kehadiran sejumlah komisaris BUMN di acara relawan tersebut, menurut Erick Thohir tidak menjadi masalah. Hal yang terpenting, kata dia, tidak mengganggu waktu kerja.

“Kalau yang namanya komisaris di jam-jam bukan waktunya (bekerja), saya enggak bisa (larang) dong, ada yang ikut kegiatan yayasan, ada ikut kegiatan ini, tetapi kalau di jamnya, ya kita harus komit,” tuturnya.

Sebelumnya, Anggota DPR dari Fraksi PDIP Deddy Yevri Sitorus memberikan kritik keras terhadap acara relawan Nusantara Bersatu di GBK. Menurut Deddy, acara tersebut tidak tepat momentum, berbiaya tinggi, dan hanya merendahkan kepemimpinan Presiden Jokowi yang belum lama dipuji dunia karena keberhasilannya menjadi Presidensi G-20.

Menurut Deddy, kegiatan itu telah menurunkan martabat Presiden hanya menjadi pemimpin relawan, dan itupun relawan yang haus kekuasaan.

“Kalau mengaku relawan sejati, harusnya turun ke bawah membantu rakyat, termasuk menangani dampak bencana gempa Cianjur, bukan malah menabrak aturan menggunakan Stadion Utama GBK yang seharusnya terlarang sebagaimana disampaikan oleh Menpora,” ujar Deddy kepada wartawan, Minggu (27/11/2022).



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Polda Metro Akui Ada Kesalahan dalam Penetapan Tersangka Hasya Mahasiswa UI

Polda Metro Jaya mengakui adanya kesalahan dalam penetapan tersangka Hasya Athallah Saputra, mahasiswa UI yang tewas ditabrak pensiunan polisi. 

NEWS | 6 Februari 2023

Keras, Getaran Gempa Turki Terasa hingga Greenland!

Getaran gempa berkekuatan 7,8 magnitudo di Turki, Senin (6/2/2023) dirasakan hingga Greenland, Denmark.

NEWS | 6 Februari 2023

Kasus Gagal Ginjal Akut, Heru Budi: Kami Serius Tangani

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengaku telah menginstruksikan Dinkes DKI untuk menelusuri kemunculan kembali kasus gagal ginjal akut.

NEWS | 6 Februari 2023

Bermagnitudo 7,5, Gempa Dahsyat Kembali Guncang Turki

Gempa yang berkekuatan 7,5 magnitudo kembali mengguncang wilayah Turki tenggara Senin (6/2/2023) sore waktu setempat.

NEWS | 6 Februari 2023

Status Tersangka Hasya Dicabut, Pengacara: Keluarga Lebih Tenang

Keluarga Hasya Athallah Saputera merasa lega karena status tersangka Hasya telah dicabut oleh Polda Metro Jaya.

NEWS | 6 Februari 2023

Miris, Bocah 12 Tahun Dipukuli, Disiram Air Panas, dan Ditelantarkan Ibu

Raya Aurel Rahma Visca, bocah perempuan berusia 12 tahun diduga jadi korban penganiayaan ibunya dan ditemukan terlantar di Pancoran Mas, Depok. 

NEWS | 6 Februari 2023

Polda Metro Jaya Cabut Status Tersangka Hasya Mahasiswa UI

Polda Metro Jaya mencabut status tersangka Hasya Athallah Saputra, mahasiswa UI yang tewas ditabrak mobil Pajero pensiunan polisi AKBP (Purn) Eko Setio BW.

NEWS | 6 Februari 2023

Soal Gugatan Uni Eropa ke WTO, Bahlil: Kita Lawan!

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menegaskan bahwa Indonesia akan melawan terkait gugatan yang diajukan oleh sejumlah negara Uni Eropa ke WTO.

NEWS | 6 Februari 2023

Kasus KSP Indosurya, Bareskrim Polri Telusuri Tindak Pidana Lain

Bareskrim Polri tengah menyelidiki dugaan tindak pidana lain terkait kasus penipuan investasi dana nasabah Koperasi Simpan Pinjam atau KSP Indosurya. 

NEWS | 6 Februari 2023

Tukang Becak Bobol Rekening BCA Divonis 10 Bulan Penjara

Setu, tukang becak bobol rekening BCA divonis 10 bulan penjara. Sementara, Thoha, otak pembobolan rekening  senilai Rp 320 juta itu dihukum 3,5 tahun.

NEWS | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Singkirkan DJ Khaled, Kendrick Lamar Sabet Album Rap Terbaik di Grammy Awards 2023

Singkirkan DJ Khaled, Kendrick Lamar Sabet Album Rap Terbaik di Grammy Awards 2023

LIFESTYLE | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE