Logo BeritaSatu

Korban Gempa Cianjur, Paboi: Layanan Ortopedi Butuh 4 Bulan

Rabu, 30 November 2022 | 09:41 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Jakarta, Beritasatu.com- Perhimpunan Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi Indonesia (Paboi) menyatakan tindakan medis bedah untuk korban gempa Cianjur membutuhkan waktu hingga 4 bulan.

Hal itu dikatakan Ketua Umum Paboi Prof Ismail H.D usai meninjau langsung ke lokasi penanganan korban gempa bumi di Cianjur, Selasa (29/11/2022). Dikatakan, pelayanan ortopedi pascagempa harus dikondisikan dengan baik.

Advertisement

"Karena proses pemulihan tindakan spesifikasi trauma terkait bedah dan muskuloskeletal atau ortopedi akan membutuhkan waktu tiga sampai empat bulan ke depan," ujarnya.

Untuk mendukung pelayanan tersebut, Prof Ismail berkoordinasi dengan tim pelayanan ortopedi yang terdiri dari dokter spesialis, dokter residen, dan perawat dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (FK-KMK UGM), Rumah Sakit Akademik UGM, dan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Sardjito Yogyakarta.

Tim terbagi menjadi empat yang masing-masing ditempatkan di desa berbeda yaitu bertugas di Kecamatan Cugenang Desa Sarampad dan Desa Talaga. Hal tersebut untuk memastikan pemerataan pelayanan ortopedi di wilayah terdampak gempa. Dimana tim tersebut dibawah supervisi dari dokter Yudha Mathan Sakti.

Pada Minggu (27/11), Prof. Ismail mengawali kunjungan dengan melakukan rapat koordinasi bersama tim bencana Paboi Jawa Barat (Jabar). dia uga melakukan visitasi pasien gempa bumi yang berada di Rumah Sakit Hasan Sadikin didampingi Herwindo Ridwan (PP Paboi), Dicky Mulyadi sebagai Ketua Paboi Jawa Barat, dan Koordinator Pelayanan sebagai Tim Management Disaster Orthopaedi RSHS/FKUP.

Prof Ismail bersama tim bertolak menuju ke Cianjur bersama tim untuk melihat secara langsung bagaimana pelayanan ortopedi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang dan Rumah Sakit Bhayangkara Cianjur.

Sesampainya di lokasi, Prof Ismail mengunjungi tenda perawatan korban gempa bumi, didampingi oleh Kepala RS. Pada kesempatan tersebut, ia memberikan bantuan untuk masyarakat terdampak gempa bumi berupa logistik dan surgical drape disposable.

Bantuan diserahkan melalui tim Paboi Jawa Barat untuk disalurkan ke Rumah Sakit Hasan Sadikin, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang dan Rumah Sakit Bhayangkara Cianjur.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sopir Fortuner Berpelat Polisi Lakukan 2 Pelanggaran soal TNKB

Sopir Fortuner itu diduga melakukan 2 pelanggaran terkait tanda nomor kendaraan bermotor atau TNKB.

MEGAPOLITAN | 8 Februari 2023

Naik, Korban Gempa Turki-Suriah Lebih dari 11.200 Orang

Total korban tewas akibat gempa Turki-Suriah yang terjadi pada Senin (6/2/2023) tersebut secara resmi menjadi 11.224 orang.

INTERNASIONAL | 8 Februari 2023

Kapolri Harap Operasi Daerah Otonomi Baru Mampu Atasi KKB

Kapolri meyakini pengembangan daerah operasi di Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua mampu mengatasi gangguan keamanan yang ditimbulkan KKB.

NASIONAL | 8 Februari 2023

Bahlil Sebut Hilirisasi Jadi Instrumen Pembangunan Berkelanjutan

Bahlil Lahadalia menegaskan, pemerintah sudah memiliki peta jalan hilirisasi investasi strategis Indonesia dengan nilai US$ 545,3 miliar.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Cinta Segiempat, Suami Istri Sekongkol Bunuh Pacar

Suami istri yang sudah pisah ranjang bersekongkol bunuh pacar istri gara-gara korban diduga punya wanita lain.

NUSANTARA | 8 Februari 2023

Penyelamatan Pilot Susi Air, Kapolri Koordinasi ke Pemerintah Selandia Baru

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sedang melakukan koordinasi dengan pemerintah Selandia Baru terkait dengan penyelamatan Pilot Susi Air, Philips Marthen dengan nomor registrasi PK-BVY yang terbakar

NASIONAL | 8 Februari 2023

Ada Kasus Baru Gagal Ginjal Akut, BPOM Tepis Isu Obat Palsu

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menepis isu peredaran obat palsu terkait munculnya kasus baru gagal ginjal akut pada awal Februari ini.

NASIONAL | 8 Februari 2023

Penyidik Kasus Kecelakaan Mahasiswa UI Jalani Sidang Kode Etik

Polda Metro Jaya menyatakan, para penyidik awal yang menangani kasus mahasiswa UI tewas ditabrak Pajero di Jagakarsa menjalani sidang kode etik.

MEGAPOLITAN | 8 Februari 2023

Kasus Gagal Ginjal Akut Muncul Lagi, Komisi IX Minta BPOM Segera Ungkap Penyebabnya

Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena meminta Badan Pengawasan Obat dan Makanan (Badan POM) segera menemukan penyebab munculnya kembali Kasus Gagal Ginjal Akut Pada Anak (GGAPA)

NEWS | 8 Februari 2023

Tekan Angka Inflasi di Jateng, Ganjar Gandeng Bulog

Ganjar menggandeng Bulog guna mengatasi inflasi sekaligus memastikan ketersediaan stok beras di provinsi Jateng.

NUSANTARA | 8 Februari 2023


TAG POPULER

# Lee Da In


# 1 Abad NU


# Christine Hakim


# Susi Air


# Praxion


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sopir Fortuner Berpelat Polisi Lakukan 2 Pelanggaran soal TNKB

Sopir Fortuner Berpelat Polisi Lakukan 2 Pelanggaran soal TNKB

MEGAPOLITAN | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE