Logo BeritaSatu

Pemilu 2024, Mardani PKS Usul Hak Pilih ASN Dihapus

Rabu, 30 November 2022 | 12:51 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Komisi II DPR dari Fraksi PKS Mardani Ali Sera mengusulkan hak pilih aparatur sipil negara (ASN) dihapus di Pemilu 2024, baik untuk pilpres, pileg, dan pilkada. Menurut Mardani, penghapusan hak pilih ini demi menjaga integritas dan profesionalitas ASN.

"Tidak boleh ada politisasi, tidak boleh jadi bendera (berafiliasi partai). Jangan. Sistem merit. Bahkan kita mendorong betul-betul bagaimana kita punya kelenturan. Teman-teman ASN itu basisnya pada profesionalitasnya bukan strukturalnya tetapi kapasitas fungsionalnya,” ujar Mardani di Jakarta, Rabu (30/11/2022).

Advertisement

Menurut Mardani, ASN ke depannya harus memiliki knowledge yang cukup agar bisa bersaing dengan birokrasi di negara-negara tetangga. Dia menilai, salah satu basis kemajuan negara adalah birokrat yang profesional, fungsional, tetapi terlindungi dari beragam kepentingan politik.

“Karena kalau semua dipolitisasi kasihan. Negeri ini terlalu besar, Pak Habibie mengatakan, 'we are not a country, we are continent. Kita bukan negeri, kita benua' dan kita betul-betul. Seperti India kenapa bisa kokoh karena ASN-nya itu betul-betul menjaga profesionalitas dan solidaritas dari bangsa. Kita perlu ASN yang seperti itu,” jelas dia.

Untuk itu, Mardani mengatakan PKS mendukung pembahasan revisi Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN) agar menghapuskan hak pilih ASN. Saat ini, kata dia, pihaknya sedang membahas mengenai revisi UU ASN dan akan menginformasikan mengenai perkembangan terbarunya.

“Saya termasuk pendukung ASN yang tidak perlu memiliki hak pilih. Biar betul-betul fokus, mereka punya tugas yang jauh lebih besar ketimbang suara (hak pilih)," kata Mardani.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Berkumpul dan Pagelaran Seni Meriahkan Cap Go Meh di Palu

Perayaan Cap Go Meh kali ini bertemakan merajut kebersamaan dan tingkatkan keharmonisan, adalah wujud suka cita dengan membaur bersama.

NEWS | 5 Februari 2023

Top 5 News: Polisi Peras Polisi hingga Penembakan Calon Anggota DPD RI

Kelanjutan kasus polisi peras polisi dan potensi AI bahayakan manusia merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news).

NEWS | 5 Februari 2023

Petugas Gagalkan Penyelundupan Sabu Cair ke Lapas

Petugas lapas Narkotika Kelas II-A Kota Samarinda, Kalimantan timur, berhasil mengagalkan upaya penyelundupan sabu cair ke dalam lapas.

NEWS | 5 Februari 2023

Oknum Pedagang di Pasar Induk Beras Cipinang Oplos Beras Pemerintah

Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya Pamrihadi Wiraryo mengtakan, oknum pedagang di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) diduga mengoplos beras.

NEWS | 5 Februari 2023

BMKG: Gelombang Tinggi Berpotensi Terjadi di Sulut hingga Senin 6 Februari

BMKG mengeluarkan peringatan dini terkait potensi gelombang tinggi di sejumlah perairan di Sulut (Sulawesi Utara) hingga Senin (6/2/2023).

NEWS | 5 Februari 2023

Tahun Ini Pemprov Bali Tambah 469 Titik Wi-Fi Gratis

Pemprov Bali menambah 469 titik Wi-Fi gratis tahun 2023 untuk mendukung perkembangan teknologi informasi, terutama dalam menghadirkan layanan publik.

NEWS | 5 Februari 2023

KKP Hentikan Dua Proyek Reklamasi di Kepri

KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan) menghentikan dua proyek reklamasi di Kepri (Kepulauan Riau) milik PT BSSTEC dan PT MPP, Jumat (3/2/2023).

NEWS | 5 Februari 2023

Polres Bandara Ngurah Rai Tahan Pramuantar yang Curi Uang Wisatawan

Polres Bandara Gusti Ngurah Rai menahan seorang pramuantar sebuah maskapai penerbangan karena mencuri uang dalam bagasi penumpang wisatawan.

NEWS | 5 Februari 2023

Perawat Gunting Jari Bayi di RS Palembang, Polisi Lakukan Penyelidikan

Kasus seorang perawat yang diduga menggunting jari kelingking bayi yang sedang dirawat di Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang diselidiki kepolisian.

NEWS | 4 Februari 2023

Bupati Minta Kasus Penembakan Balon DPD RI Diungkap Tuntas

Bupati Kaur Lismidianto meminta aparat kepolisian mengungkap tuntas kasus penembakan terhadap adiknya Rahiman Dani.

NEWS | 4 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Langka, Migor MinyaKita di Lampung Naik Dibanderol Rp 17.000

Langka, Migor MinyaKita di Lampung Naik Dibanderol Rp 17.000

EKONOMI | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE