Logo BeritaSatu

DPR: Data Desa Presisi Penting untuk Wujudkan Kesejahteraan

Rabu, 30 November 2022 | 14:36 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Rieke Diah Pitaloka menegaskan pentingnya data desa presisi (DDP) dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa secara merata dan adil. Dikatakan, data desa presisi memberikan gambaran lengkap dengan akurasi yang terukur terkait sejumlah aspek, seperti kependudukan, ekonomi, sosial, dan pendidikan masyarakat.

"Data desa presisi ini penting untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa secara merata," ujar Rieke kepada wartawan, Rabu (30/11/2022).

Advertisement

Rieke juga mengingatkan agar data warga ini dilindungi dan dijaga. Untuk itu, Rieke menyerukan dan meluncurkan Gerakan Sikat Sindikat Data Negara atau #sikatsindikatdatanegara saat memberikan kuliah umum di Fakultas Hukum Universitas Udayana, Bali pada Minggu (27/11/2022).

"Di balik angka dalam data negara ada nasib dan nyawa jutaan rakyat dipertaruhkan. Karena itu, harus dijaga dan dilindungi," tegas Rieke.

Kuliah umum dan diskusi publik saat itu membahas soal urgensi pengesahan Peraturan Pemerintah tentang Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Berbasis Data Desa/Kelurahan Presisi dan Peraturan Pemerintah tentang Kebijakan Pembangunan Berbasis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang Berpedoman pada Pancasila.

Wakil Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Insitut Pertanian Bogor (LPPM IPB), Sofyan Sjaf yang hadir dalam diskusi tersebut mengatakan data akurat merupakan cara untuk mewujudkan kesejahteraan dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Saatnya masyarakat dijadikan subjek bukan objek, sudah saatnya tranformasi pedesaan dilakukan. Sudah saatnya desa diakui sebagai subjek yang memiliki wewenang memproduksi data desanya. Kalau datanya komplet dan terukur sampai ada data tiap rumah dan data ini kalau semua desa punya, maka semua perencanaannya bisa terselesaikan dengan baik," jelas Sofyan yang merupakan penggagas data desa presisi.

Menurut Sofyan, era digital dan kemajuan teknologi menjadi momentum dan instrumen peting mewujudkan data akurat. Data desa presisi, lanjutnya, sesuai amanat founding father atau pendiri bangsa, yakni pembangunan nasional hanya dapat dilakukan melalui democratic rural development dan data akurat.

"Sehingga data desa presisi hadir sebagai sintesis, penyempurnaan. Dari sistem pendataan yang sudah ada," ungkap Sofyan.

Data desa presisi, kata dia, merupakan data yang memiliki tingkat akurasi dan ketepatan yang tinggi untuk memberikan gambaran kondisi aktual desa. Karena data itu diambil, divalidasi dan diverifikasi dengan tingkat keakuratan yang baik.

"Jika data desa presisi ini bisa kita selesaikan, maka permasalahan pembangunan bisa kita selesaikan," kata Sofyan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus Brigadir J, Kubu Kuat Ma'ruf Nilai Replik Jaksa Tidak Mampu Buktikan Fakta Hukum

Kubu Kuat Ma'ruf menilai replik jaksa tidak mampu membuktikan fakta hukum terkait pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 31 Januari 2023

Bom di Markas Polisi Pakistan Tewaskan 61 Orang Diduga Aksi Bunuh Diri

Masjid di markas polisi dibom di ibu kota provinsi Peshawar Pakistan, yang menewaskan 61 orang dan 150 terluka, pada Senin (30/1/2023).

NEWS | 31 Januari 2023

Lada Damar Lampung Heran Suami yang Kurung Istri dan 8 Anaknya Dibebaskan

Lada Damar Lampung heran dengan langkah polisi membebaskan Rudi, suami yang mengurung istri dan delapan anaknya di rumah mereka. 

NEWS | 31 Januari 2023

Dituduh Otak Perampokan, Mantan Wali Kota Blitar Ajukan Praperadilan

Tersangka otak perampokan rumah dinas Wali Kota Blitar, Samanhudi Anwar mengajukan praperadilan di Pengadilan Negeri Blitar, Jawa Timur

NEWS | 31 Januari 2023

Masjid di Markas Polisi Pakistan Dibom, 61 Tewas dan 150 Terluka

Sebuah ledakan di masjid di markas polisi Pakistan, menewaskan 61 orang dan 150 terluka, pada Senin (30/1/2023).

NEWS | 31 Januari 2023

Sempat Diikat, Istri Dede Solehudin Selamat dari Pembunuhan Berantai

Istri tersangka M Dede Solehudin bernama Yeni selamat dari maut setelah dua kali hendak dibunuh oleh komplotan pembunuh berantai.

NEWS | 31 Januari 2023

PPP Ungkap Kebiasaan Presiden Jokowi Reshuffle Kabinet

Wakil Ketua Umum Arsul Sani mengungkapkan kebiasaan Presiden Joko Widodo melakukan reshuffle kabinet khususnya reshuffle menteri dari partai politik

NEWS | 31 Januari 2023

Buntut Kasus Tabrak Lari Mahasiswi Cianjur, Kompol D Dipatsuskan

Kompol D dipatsuskan lantaran diketahui selingkuh dengan wanita di mobil Audi A6 yang terlibat tabrak lari mahasiswi Cianjur Selvi Amalia Nuraini. 

NEWS | 31 Januari 2023

Polisi Antar Langsung Surat SP3 Kasus Mahasiswa UI Tewas Ditabrak, Orang Tua: Aneh

Orang tua mahasiswa UI yang tewas ditabrak menyebut surat SP3 diberikan secara langsung oleh polisi ke rumahnya di Kota Bekasi, Jawa Barat.

NEWS | 31 Januari 2023

Polisi Hentikan Penyelidikan Satu Keluarga Dikurung di Dalam Rumah

Juru parkir di Bandar Lampung yang mengurung istri dan 8 orang anaknya di kontrakan telah dipulangkan dan polisi menyatakan penyelidikan dihentikan.

NEWS | 31 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus Brigadir J, Kubu Kuat Ma ruf Nilai Replik Jaksa Tidak Mampu Buktikan Fakta Hukum

Kasus Brigadir J, Kubu Kuat Ma'ruf Nilai Replik Jaksa Tidak Mampu Buktikan Fakta Hukum

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE