Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

DPR: Data Desa Presisi Penting untuk Wujudkan Kesejahteraan

Rabu, 30 November 2022 | 14:36 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS
Anggota DPR dari Fraksi PDIP Rieke Diah Pitaloka di acara peluncuran gerakan Sikat Sindikat Data Negara di Fakultas Hukum Universitas Udayana, Bali, Minggu, 27 November 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Rieke Diah Pitaloka menegaskan pentingnya data desa presisi (DDP) dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa secara merata dan adil. Dikatakan, data desa presisi memberikan gambaran lengkap dengan akurasi yang terukur terkait sejumlah aspek, seperti kependudukan, ekonomi, sosial, dan pendidikan masyarakat.

"Data desa presisi ini penting untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa secara merata," ujar Rieke kepada wartawan, Rabu (30/11/2022).

Rieke juga mengingatkan agar data warga ini dilindungi dan dijaga. Untuk itu, Rieke menyerukan dan meluncurkan Gerakan Sikat Sindikat Data Negara atau #sikatsindikatdatanegara saat memberikan kuliah umum di Fakultas Hukum Universitas Udayana, Bali pada Minggu (27/11/2022).

"Di balik angka dalam data negara ada nasib dan nyawa jutaan rakyat dipertaruhkan. Karena itu, harus dijaga dan dilindungi," tegas Rieke.

Kuliah umum dan diskusi publik saat itu membahas soal urgensi pengesahan Peraturan Pemerintah tentang Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Berbasis Data Desa/Kelurahan Presisi dan Peraturan Pemerintah tentang Kebijakan Pembangunan Berbasis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang Berpedoman pada Pancasila.

Wakil Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Insitut Pertanian Bogor (LPPM IPB), Sofyan Sjaf yang hadir dalam diskusi tersebut mengatakan data akurat merupakan cara untuk mewujudkan kesejahteraan dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Saatnya masyarakat dijadikan subjek bukan objek, sudah saatnya tranformasi pedesaan dilakukan. Sudah saatnya desa diakui sebagai subjek yang memiliki wewenang memproduksi data desanya. Kalau datanya komplet dan terukur sampai ada data tiap rumah dan data ini kalau semua desa punya, maka semua perencanaannya bisa terselesaikan dengan baik," jelas Sofyan yang merupakan penggagas data desa presisi.

Menurut Sofyan, era digital dan kemajuan teknologi menjadi momentum dan instrumen peting mewujudkan data akurat. Data desa presisi, lanjutnya, sesuai amanat founding father atau pendiri bangsa, yakni pembangunan nasional hanya dapat dilakukan melalui democratic rural development dan data akurat.

"Sehingga data desa presisi hadir sebagai sintesis, penyempurnaan. Dari sistem pendataan yang sudah ada," ungkap Sofyan.

Data desa presisi, kata dia, merupakan data yang memiliki tingkat akurasi dan ketepatan yang tinggi untuk memberikan gambaran kondisi aktual desa. Karena data itu diambil, divalidasi dan diverifikasi dengan tingkat keakuratan yang baik.

"Jika data desa presisi ini bisa kita selesaikan, maka permasalahan pembangunan bisa kita selesaikan," kata Sofyan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI