Logo BeritaSatu

Gara-gara Tiongkok Keras di Sektor Teknologi, Jack Ma Pilih Tinggal di Jepang

Rabu, 30 November 2022 | 15:55 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

Tokyo, Beritasatu.com - Pendiri Alibaba Jack Ma telah tinggal di Jepang selama hampir enam bulan setelah menghilang dari pandangan publik menyusul tindakan keras Tiongkok di sektor teknologi, Financial Times melaporkan pada hari Rabu (30/11/2022), mengutip beberapa sumber tanpa nama.

Miliarder itu tidak muncul di publik sejak tindakan keras itu, termasuk regulator Tiongkok membatalkan IPO Ant Group Ma dan menjatuhkan Alibaba dengan denda rekor .

Advertisement

Tetapi FT mengatakan, Jack Ma telah menghabiskan sebagian besar dari enam bulan terakhir bersama keluarganya di Tokyo dan bagian lain Jepang, bersama dengan kunjungan ke Amerika Serikat dan Israel.

Surat kabar Inggris ini melaporkan, Jack Ma sering mengunjungi beberapa kelab anggota pribadi di Tokyo, dan menjadi "kolektor antusias" seni modern Jepang, serta menjajaki perluasan kepentingan bisnisnya ke arah keberlanjutan.

Jack Ma telah terlihat di tempat lain sejak dia secara efektif menghilang dari pandangan publik di Tiongkok, termasuk di pulau Mallorca, Spanyol tahun lalu.

Dalam beberapa tahun terakhir, pejabat Tiongkok membidik dugaan praktik anti-persaingan oleh beberapa nama besar negara itu, didorong oleh kekhawatiran bahwa perusahaan Internet besar mengontrol terlalu banyak data dan berkembang terlalu cepat.

Juli ini, sebuah laporan mengatakan Jack Ma berencana untuk menyerahkan kendali Ant Group untuk menenangkan regulator Tiongkok dan menghidupkan kembali penawaran umum perdana unit pembayaran digital.

Raksasa e-commerce miliknya, Alibaba, melaporkan pertumbuhan pendapatan yang datar pada Agustus untuk pertama kalinya, saat Tiongkok berjuang melawan perlambatan ekonomi dan kebangkitan kembali kasus Covid-19 .



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: AFP

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Soal Gugatan Uni Eropa ke WTO, Bahlil: Kita Lawan!

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menegaskan bahwa Indonesia akan melawan terkait gugatan yang diajukan oleh sejumlah negara Uni Eropa ke WTO.

NEWS | 6 Februari 2023

Kasus KSP Indosurya, Bareskrim Polri Telusuri Tindak Pidana Lain

Bareskrim Polri tengah menyelidiki dugaan tindak pidana lain terkait kasus penipuan investasi dana nasabah Koperasi Simpan Pinjam atau KSP Indosurya. 

NEWS | 6 Februari 2023

Tukang Becak Bobol Rekening BCA Divonis 10 Bulan Penjara

Setu, tukang becak bobol rekening BCA divonis 10 bulan penjara. Sementara, Thoha, otak pembobolan rekening  senilai Rp 320 juta itu dihukum 3,5 tahun.

NEWS | 6 Februari 2023

Jadi Ketua Asosiasi Kedokteran ASEAN, Ketua PB IDI Akan Dorong Kerja Sama Regional

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Moh Adib Khumaidi akan mendorong kerja sama regional setelah ditunjuk menjadi Ketua MASEAN

NEWS | 6 Februari 2023

Korban Tewas Gempa Turki Capai Lebih dari 1.200 Orang

Jumlah korban tewas akibat gempa Turki serta Suriah yang terjadi pada Senin (6/2/2023) diperkirakan lebih dari 1.200 orang.

NEWS | 6 Februari 2023

Kasus Baru Gangguan Ginjal Akut, IDAI Instruksikan Stop Penggunaan Obat Sirop Praxion

IDAI menginstruksikan seluruh dokter anak untuk menghentikan sementara pemberian resep obat sirop Praxion menyusul kasus baru gangguan ginjal akut pada anak.

NEWS | 6 Februari 2023

Prabowo Subianto, Alasan Ferdinand Hutahaean Gabung ke Gerindra

Ferdinand Hutahaean mengaku alasannya memilih bergabung bersama Gerindra karena faktor Ketua Umum Prabowo Subianto.

NEWS | 6 Februari 2023

Kejari Periksa Berkas Perkara Sopir Audi Hitam Penabrak Mahasiswi Cianjur

Kejari Cianjur sedang memeriksa berkas perkara sopir Audi hitam, Sugeng Guruh yang menabrak mahasiswi Cianjur, Selvi Amelia Nuraini hingga tewas. 

NEWS | 6 Februari 2023

Infrastruktur JIS Dikeluhkan Penonton Konser Dewa 19, Heru: Kami Perbaiki

Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono berjanji memperbaiki infrastruktur di kawasan Jakarta International Stadium (JIS) setelah dikeluhan penonton konser Dewa 19.

NEWS | 6 Februari 2023

Gempa Turki, Vladimir Putin: Rusia Siap Berikan Bantuan

Presiden Rusia Vladimir Putin pada Senin (6/2/2023) menawarkan bantuan Rusia kepada Turki dan Suriah setelah gempa Turki dengan magnitudo 7,8.

NEWS | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Selamat Sempurna Gabung Koalisi Anti Korupsi Indonesia

Selamat Sempurna Gabung Koalisi Anti Korupsi Indonesia

EKONOMI | 12 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE