Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Jenuh di Pengungsian, Korban Gempa Cianjur Jualan Gorengan

Rabu, 30 November 2022 | 16:10 WIB
Oleh : Heru Yustanto / BW
Warga korban gempa Cianjur berjualan di Kampung Cariu, Desa Mangunkerta, Kecamatan Cugenang, Rabu 30 November 2022.

Cianjur, Beritasatu.com – Jenuh berada di pengungsian, warga korban gempa Cianjur berjualan gorengan, kopi, dan makanan ringan lainnya.

Sepekan lebih tinggal di lokasi pengungsian, sejumlah warga di Kampung Cariu, Desa Mangunkerta, Kecamatan Cugenang, mulai jenuh.

Warga pun melakukan kegiatan positif dengan berjualan makanan ringan, gorengan, dan kopi. Aksi ini dilakukan sebagai latihan mandiri saat mereka sudah kembali ke rumahnya masing-masing.

Usaha mandiri bertajuk dapur kreatif ini ternyata mendapat sambutan dari warga terutama kalangan anak-anak. Setiap hari ratusan warga menyempatkan diri mampir ke dapur kreatif untuk sekadar jajan makanan ringan maupun gorengan.

Para pengungsi menjajakan dagangannya di Lapangan Cariu, Kampung Cariu, Cugenang Cianjur. Usaha yang diinisiasi Dinas Sosial ini digawangi kaum ibu pengungsi di Lapangan Cariu.

Mia Helmia, yang merupakan koordinator dapur kreatif mengaku membuat usaha ini untuk mengusir kejenuhan tinggal di pengungsian.

"Jenuh pak, sering kita melamun. Jadi buka usaha begini, syukur ada yang bantu permodalannya," ungkap Mia.

Selain itu, aksi dapur kreatif ini dilakukan sebagai ajang pembelajaran bagi kaum ibu untuk bisa berusaha mandiri sekembali ke rumahnya nanti.

"Ini ada yang pedagang, ada juga yang warga biasa. Biar nanti bisa buka usaha sendiri," lanjutnya.

Keuntungan dari dapur kreatif ini seluruhnya disetor untuk kegiatan pengungsi di lokasi. Meski hanya usaha kecil, kaum ibu mengaku senang karena bisa berlayar berusaha.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI