Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Ribuan Ikan di Sekitar Pantai Mutiara Jakut Berhamburan ke Tepi Pantai

Rabu, 30 November 2022 | 16:38 WIB
Oleh : Prasetyo Nugroho / CAR
Ilustrasi ikan.

Jakarta, Beritasatu.com - Sebuah video yang memperlihatkan ribuan ikan menepi ke daratan di sekitar Pantai Mutiara, Jakarta Utara, beredar di media sosial (medsos). Tampak beberapa warga mendatangi lokasi dan mengambil ikan-ikan yang menepi ke daratan itu.

Dalam video lainnya, fenomena itu juga terjadi di Pulau Onrust, Kepulauan Seribu. Tampak ikan-ikan itu melompat di dermaga di pulau tersebut. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan membenarkan peristiwa yang terjadi pada Selasa (29/11/2022).

“Dari hasil pengecekan memang benar adanya kejadian tersebut. Informasi yang kami peroleh dari dinas terkait, hal ini terjadi diperkirakan, karena perubahan iklim di laut terhadap ikan tersebut yang tidak kuat terhadap panas air laut,” kata Zulpan, Rabu (30/11/2022).

Zulpan turut memastikan fenomena itu bukan disebabkan karena ada limbah beracun di pantai tersebut. Menurutnya, fenomena serupa juga pernah terjadi di sekitar Ancol.

“Dapat dipastikan penyebab menepinya ikan tersebut karena perubahan iklim di laut dan bukan karena diracun oleh masyarakat, ataupun bukan karena adanya limbah beracun,” katanya.

Lebih lanjut, Zulpan menyebut ribuan ikan yang menepi ke daratan itu diambil dan dimanfaatkan oleh warga sekitar.

“Pada akhirnya dimanfaatkan oleh warga masyarakat nelayan untuk mengambil ikan-ikan yang menepi di area pantai,” tuturnya.

Terpisah, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Suharini Eliawati menyatakan pihaknya telah mengambil sampel ikan di lokasi untuk dilakukan pendalaman lebih lanjut.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI