Logo BeritaSatu

Tiongkok Berduka, Pemimpin yang Bawa ke Era Transformasi Wafat

Rabu, 30 November 2022 | 16:57 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

Beijing, Beritasatu.com - Mantan pemimpin Tiongkok Jiang Zemin, yang memimpin negara melalui era transformasi dari akhir 1980-an dan memasuki milenium baru, wafat pada Rabu (30/11/2022) pada usia 96 tahun, kata kantor berita negara Xinhua.

Jiang Zemin mengambil alih kekuasaan setelah penumpasan gerakan demokrasi di Lapangan Tiananmen dan memimpin negara terpadat di dunia menuju kemunculannya ke panggung global.

Advertisement

"Jiang Zemin meninggal dunia karena leukemia dan mengalami kegagalan banyak organ di Shanghai pada pukul 12.13 siang tanggal 30 November 2022, pada usia 96 tahun, diumumkan pada hari Rabu," lapor Xinhua.

Xinhua mengatakan, pengumuman kematiannya dibuat dalam sebuah surat yang mengungkapkan "kesedihan yang mendalam" atas kematian mantan pemimpin Tiongkok Jiang Zemin, yang ditujukan kepada seluruh Partai Komunis, militer dan rakyat Tiongkok.

Kematiannya terjadi setelah semua perawatan medis gagal, tambahnya.

"Kamerad Jiang Zemin adalah seorang pemimpin yang luar biasa ... seorang Marxis yang hebat, seorang revolusioner proletar yang hebat, negarawan, ahli strategi militer dan diplomat, seorang pejuang komunis yang telah lama teruji, dan seorang pemimpin yang luar biasa dari tujuan besar sosialisme dengan karakteristik Tiongkok," Xinhua mengutip surat itu.

Kematian Jiang terjadi ketika Tiongkok tengah berada dalam gejolak protes anti-lockdown yang telah berubah menjadi seruan untuk kebebasan politik yang lebih luas, yang paling meluas sejak unjuk rasa pro-demokrasi 1989 yang dihancurkan pada tahun Jiang mengambil alih kekuasaan.

"Selama kekacauan politik yang serius di Tiongkok pada musim semi dan musim panas tahun 1989, Kamerad Jiang Zemin mendukung dan menerapkan keputusan yang tepat dari Komite Pusat Partai untuk menentang kerusuhan, mempertahankan kekuasaan negara sosialis dan melindungi kepentingan fundamental rakyat," negara penyiar CCTV mengatakan pada hari Rabu.

Saluran TV negara CCTV mengatakan, bendera akan dikibarkan setengah tiang di gedung-gedung pemerintah Tiongkok.

Ketika Jiang Zemin menggantikan Deng Xiaoping sebagai pemimpin pada tahun 1989, Tiongkok masih dalam tahap awal modernisasi ekonomi.

Jiang Zemin adalah presiden dari tahun 1993 hingga 2003. Pada saat dia pensiun sebagai presiden, Tiongkok adalah anggota Organisasi Perdagangan Dunia, Beijing telah mengamankan Olimpiade 2008, dan negara itu sedang menuju status negara adidaya.

Analis mengatakan Jiang Zemin dan faksi "Gang Shanghai" terus memberikan pengaruh atas politik komunis lama setelah dia meninggalkan jabatan puncak.

Segera setelah pengumuman itu, semua media pemerintah China memposting foto hitam-putih bunga krisan yang sama di akun resmi mereka di platform media sosial Weibo.

Jiang Zemin meninggalkan seorang istri Wang Yeping dan dua putra.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: AFP

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

DPR Dorong Pelaksanaan Ibadah Haji 2023 Dipersingkat Jadi 35 Hari

DPR mendorong pemerintah agar mempersingkat durasi pelaksanaan ibadah haji 2023 menjadi 35 hari.

NASIONAL | 9 Februari 2023

FKPT Jateng Ajak Masyarakat Hindari Politik Identitas

Ketua FKPT Jateng Syamsul Ma’arif mengajak masyarakat menghindari penggunaan politik identitas.

NASIONAL | 9 Februari 2023

Tingkatkan Kontribusi dan Beri Pelayanan Terbaik, PLN Siapkan 6 Strategi

PLN menyiapkan 6 strategi untuk membawa perusahaan melaju kencang pada 2023 ini. PLN memaparkan 6 strategi itu dalam RDP bersama Komisi VII DPR.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Subsidi Biaya Haji Minim, DPR Usul BPKH Dibubarkan

"Kalau hanya mengandalkan 70:30 saja subsidi bagi jemaah haji kita, tidak perlu ada BPKH. Dibubarkan saja!" kata Marwan.

NASIONAL | 8 Februari 2023

Polisi Temukan Puluhan Video Dewasa Milik Pelaku Pencabulan Belasan Anak di Jambi

Polisi menemukan foto dan video dewasa dari telepon genggam milik perempuan muda pelaku pencabulan belasan anak di Jambi.

NUSANTARA | 8 Februari 2023

Menkes Sebut Biaya Vaksin Berbayar Rp 100.000 Masuk Akal

Menkes Budi Gunadi mengatakan, harga vaksin berbayar bagi masyarakat kurang mampu akan ditanggung negara melalui mekanisme Penerima Bantuan Iuran (PBI).

NASIONAL | 8 Februari 2023

Sosialisasi KUHP, Ahli Hukum Berikan Edukasi di Manokwari

Masyarakat Hukum Pidana dan Kriminologi Indonesia (Mahupiki), kembali melakukan sosialisasi Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

NASIONAL | 8 Februari 2023

Cari Pilot Susi Air, Aparat Gabungan Telusuri Hutan di Nduga Papua

Aparat gabungan TNI/Polri melakukan penelusuran hutan di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan guna melacak keberadaan pilot Susi Air.

NASIONAL | 8 Februari 2023

Indonesia Emas 2045, BUMN Diharapkan Jadi Pemeran Utama

BUMN diharapkan bisa menjadi pemeran utama dalam rangka mewujudkan Indonesia Emas 2045.

NASIONAL | 9 Februari 2023

Usut Kasus Lahan yang Libatkan Bripka Madih, Polda Metro Gandeng BPN

Polda Metro Jaya menggandeng Badan Pertanahan Nasional atau BPN untuk mengusut kasus lahan yang melibatkan Provost Polsek Jatinegara Bripka Madih.

MEGAPOLITAN | 8 Februari 2023


TAG POPULER

# Lee Da In


# 1 Abad NU


# Christine Hakim


# Susi Air


# Praxion


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Teten: Revisi UU Koperasi Cegah Penjahat Keuangan Pindah

Teten: Revisi UU Koperasi Cegah Penjahat Keuangan Pindah

EKONOMI | 2 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE