Logo BeritaSatu

Gerindra Beri Catatan, Anies Belum Punya Tiket Pilpres 2024

Rabu, 30 November 2022 | 21:38 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / WIR

Jakarta, Beritasatu.com – Politikus Partai Gerindra Andre Rosiade memberi catatan bahwa mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan belum punya tiket ke Pilpres 2024 mendatang. Sampai saat ini, Anies belum mendapat dukungan yang jelas dan resmi sebagai capres di Pilpres 2024.

Tiket yang dia maksud terkait dengan presidential threshold atau ambang batas pencalonan presiden. Sampai saat ini, belum resmi terbentuk koalisi partai politik (parpol) yang memenuhi presidential threshold untuk mengusung Anies sebagai capres.

Advertisement

“Pertanyaannya Mas Anies ini punya tiket atau enggak. Itu penting juga dijawab,” ujar Andre dalam acara Obrolan Malam Fristian, disiarkan di BTV, Rabu (30/11/2022).

Andre menerangkan, saat ini di publik mencuat perdebatan mengenai pencapresan Anies. Namun demikian, dia mengingatkan soal tiket pencapresan yang belum dipegang oleh Anies. Dia menekankan presidential threshold merupakan hal yang penting untuk diperhatikan.

Di sisi lain, Andre menerangkan soal Gerindra yang telah resmi bekerja sama dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Kerja sama itu dinamakan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya. Dia memastikan kerja sama antara kedua parpol ini bersifat mengikat.

“Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya itu sudah punya tiket. Kalau Cak Imin (Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar) ketemu ini, Pak Prabowo ketemu itu, itu bagian dari komitmen kita untuk membuka diri dan mengajak pihak lain bergabung dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya,” tutur Andre.

Andre memastikan, koalisi antara Gerindra dan PKB tetap solid. Bahkan dia mengungkapkan, dalam waktu dekat Prabowo dan Cak Imin segera meresmikan sekretariat bersama Gerindra dan PKB.

“Jadi clear itu, kita punya tiket, punya perahu, bukan katanya atau mengawang-awang. Itu penting lho,” ungkap Andre.

Sebagai informasi, Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu telah mengatur mengenai presidential threshold atau ambang batas pencalonan presiden. Hanya partai atau gabungan partai dengan 20% kursi DPR atau 25% suara sah nasional pemilu sebelumnya yang dapat mengusung capres dan cawapres. Syarat minimal 20% kursi di DPR itu berjumlah 115.

Dengan terbentuknya koalisi Gerindra dan PKB, total kursi DPR yang dimiliki sebesar 136 kursi atau 23,66%. Perinciannya, 78 kursi Gerindra dan 58 kursi PKB. Hal ini berarti Gerindra-PKB memiliki “tiket” Pilpres 2024.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

2 Hari Hilang, 6 Pendaki Gunung Lemongan Akhirnya Ditemukan

Usai dua hari menghilang lantaran tersesat, enam mahasiswa pendaki Gunung Lemongan di Jawa Timur akhirnya bisa ditemukan pada Sabtu siang (28/1/2023).

NEWS | 29 Januari 2023

Hadiri Harlah ke-50 PPP, Erick Thohir Disambut Meriah

Kedatangan Erick Thohir di peringatan harlah ke-50 Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Cilegon, Banten, Sabtu (28/1/2023) disambut hangat.

NEWS | 29 Januari 2023

KebakaranSwalayan di Bekasi, 11 Unit Pemadam Dikerahkan

Sebuah bangunan swalayan di Jalan Sumber Jaya, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, ludes dilahap api, Sabtu malam (28/1/2023).

NEWS | 29 Januari 2023

Top 5 News: Penipuan Undangan Digital hingga Mahasiswa UI Ditabrak

Penipuan undangan pernikahan digital di Whatsapp bisa menguras rekening korban menjadi berita terpopuler atau top news di Beritasatu.com, Sabtu (28/1/2023).

NEWS | 29 Januari 2023

Liga Premier Singapura Gunakan Teknologi VAR untuk Pertama Kalinya

Wasit di Liga Premier Singapura (SPL) akan mendapat bantuan ekstra di musim mendatang, dengan teknologi Video Assistant Referee (VAR).

NEWS | 29 Januari 2023

Surat Kewarganeragaan Tidak Sah, Wakil PM Nepal Dicopot dari Jabatan

Hakim di pengadilan tinggi Nepal memutuskan mencopot jabatan wakil PM Nepal Rabi Lamichhana karena memiliki surat kewarganegaraan yang tidak sah.

NEWS | 29 Januari 2023

Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Maluku, Tak Berpotensi Tsunami

Gempa bumi dengan magnitudo 5,1 melanda Maluku, Sabtu (28/1/2023) malam pukul 22.47 WIB, menurut BMKG, gempa itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

NEWS | 28 Januari 2023

Legislator Minta BPKH Susun Peta Jalan Pola Pembiayaan Haji

Legislator meminta Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) untuk menyusun peta jalan atau roadmap pola pembiayaan haji.

NEWS | 28 Januari 2023

Soal Kemungkinan Biaya Haji Turun, Ini Respons Komnas

Komnas Haji mengatakan bahwa masih ada kemungkinan biaya haji tahun ini turun dari angka yang diusulkan oleh Kementerian Agama.

NEWS | 28 Januari 2023

Panel DPR AS Bakal Pemungutan Suara untuk Blokir Aplikasi TikTok

Sebuah panel DPR AS Komite Urusan Luar Negeri berencana untuk mengadakan pemungutan suara bulan depan yang bertujuan memblokir penggunaan TikTok

NEWS | 29 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Dituduh Manipulasi Saham, Orang Terkaya Asia Ini Kehilangan Rp 700 T

Dituduh Manipulasi Saham, Orang Terkaya Asia Ini Kehilangan Rp 700 T

EKONOMI | 30 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE