Logo BeritaSatu

Persaingan Prabowo dengan Anies Beri Efek Positif ke Ganjar

Rabu, 30 November 2022 | 21:52 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / WIR

Jakarta, Beritasatu.com – Persaingan antara figur Prabowo Subianto dengan Anies Baswedan dapat memberikan dampak positif ke Ganjar Pranowo terkait Pilpres 2024. Menurut Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya, Ganjar dinilai tidak akan terlalu terganggu oleh persaingan dimaksud karena Prabowo dan Anies memiliki ceruk pemilih yang sama untuk diperebutkan.

Dalam acara Obrolan Malam Fristian yang disiarkan di BTV, Rabu (30/11/2022), Yunarto menilai bahwa Pemilu 2024 nanti tidak bisa terlepas sepenuhnya dari pengaruh Pemilu 2014 dan 2019. Dua ajang pemilu tersebut menurutnya telah menciptakan ceruk pemilih tersendiri.

Advertisement

“Ceruk yang dimiliki oleh Jokowi (Presiden Joko Widodo) dan dulu ceruk yang dimiliki oleh pihak oposisi diwakili oleh Pak Prabowo,” ujar Yunarto saat hadir secara daring.

Namun demikian, situasi berubah ketika Prabowo masuk ke dalam kabinet pemerintahan Presiden Jokowi. Sementara di sisi lain, ceruk pemilih yang menghendaki Indonesia yang berbeda dari era pemerintahan Jokowi tetap ada. Dari sana, menurut Yunarto Anies bisa memperoleh limpahan suara.

“Itu yang menyebabkan kalau tadi saya sebutkan breakdown data basis pemilih Anies itu hampir mirip dengan data Pak Prabowo kemarin. Tetapi masih ada sebagian yang bisa dipertahankan Pak Prabowo. Jadi itu juga betul yang menyebabkan Mas Ganjar lebih seperti berdiri sendiri, dalam pertarungan di antara ketiga orang ini tidak terlalu terganggu,” tutur Yunarto.

Sementara dalam persaingan antara Prabowo dengan Anies, Yunarto menilai akan terjadi sebuah kanibalisme atau saling serang antara basis pendukung mereka yang serupa. Hanya saja, dia menilai bisa saja baik Prabowo maupun Anies memperoleh keuntungan dari persaingan ini dibanding Ganjar.

“Kalau terjadi putaran kedua, karena persinggungan market di antara Prabowo dan Anies ini lebih bersinggungan, suara di antara keduanya itu lebih mungkin lari ke salah satu di antara mereka. Ganjar akan lebih mendapatkan limpahan lebih kecil,” ujar Yunarto.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

KUHP Baru Jadi Cermin Indonesia dalam Wajah Hukum Pidana

KUHP baru secara filosofis memiliki perbedaan dengan KUHP lama karena memiliki nilai dan kepribadian Indonesia sebagai bangsa merdeka.

NEWS | 30 Januari 2023

Biaya Haji Rp 69 Juta, Muhammadiyah Sebut Terlalu Tinggi

Usulan kenaikan biaya haji dari Rp 35 juta menjadi Rp 69 juta memang tidak bisa dihindari, namun angka tersebut dinilai terlalu tinggi.

NEWS | 30 Januari 2023

Terdakwa Kasus Heli AW-101 Dituntut 15 Tahun Penjara, Kuasa Hukum Ajukan Keberatan

Jaksa KPK menuntut Irfan Kurnia Saleh dihukum penjara selama 15 tahun. Kuasa hukum terdakwa mengajukan keberatan.

NEWS | 30 Januari 2023

Legislator: Vonis Bebas Bos Indosurya Lukai Rasa Keadilan

Vonis majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat yang melepas dua terdakwa kasus penipuan dan penggelapan KSP Indosurya dipandang melukai rasa keadilan.

NEWS | 30 Januari 2023

Muhaimin Iskandar: PKB Lahir dan Dibesarkan NU

Menurut Cak Imin, PKB lahir dan dibesarkan NU sehingga PKB masuk dalam rangkaian sejarah satu abad NU.

NEWS | 30 Januari 2023

Ganjar Berikan Perhatian untuk Penyandang Disabilitas

Gubernur Ganjar menerima komunitas penyandang disabilitas Satu Hati yang jauh-jauh datang dari Klaten guna menemuinya di Kota Semarang.

NEWS | 31 Januari 2023

MUI Desak Pemerintah Swedia Tangkap Pelaku Pembakaran Al Qur'an

Wakil Ketua Umum MUI, Anwar Abbas menilai sikap politisi swedia yang membakar Al-Qur'an merupakan tindakan yang tidak bertanggung jawab.

NEWS | 30 Januari 2023

Mahasiswi Ditabrak di Cianjur, Kuasa Hukum Sopir Audi Akan Mengadu ke Provos

Yudi Junadi, kuasa hukum sopir Audi A6, Sugeng Guruh, akan membuat aduan ke provos. Namun, Yudi tak menjelaskan kapan aduan itu akan dibuat.

NEWS | 30 Januari 2023

BPJS Kesehatan Siapkan Rp 9 T untuk Skrining dan Temuan Penyakit

BPJS Kesehatan pada 2023 ini mengalokasikan anggaran hampir Rp 9 triliun untuk kebutuhan skrining kesehatan dan juga penanganan penyakit.

NEWS | 30 Januari 2023

Mahasiswa UI Tewas Ditabrak, Mahfud MD Serahkan ke Polisi

Mahfud MD menyerahkan sepenuhnya kasus kecelakaan lalu lintas yang menimpa mahasiswa Universitas Indonesia, Hasya Athallah Saputra kepada polisi.

NEWS | 30 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
KUHP Baru Jadi Cermin Indonesia dalam Wajah Hukum Pidana

KUHP Baru Jadi Cermin Indonesia dalam Wajah Hukum Pidana

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE