Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Persaingan Prabowo dengan Anies Beri Efek Positif ke Ganjar

Rabu, 30 November 2022 | 21:52 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / WIR
Yunarto Wijaya

Jakarta, Beritasatu.com – Persaingan antara figur Prabowo Subianto dengan Anies Baswedan dapat memberikan dampak positif ke Ganjar Pranowo terkait Pilpres 2024. Menurut Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya, Ganjar dinilai tidak akan terlalu terganggu oleh persaingan dimaksud karena Prabowo dan Anies memiliki ceruk pemilih yang sama untuk diperebutkan.

Dalam acara Obrolan Malam Fristian yang disiarkan di BTV, Rabu (30/11/2022), Yunarto menilai bahwa Pemilu 2024 nanti tidak bisa terlepas sepenuhnya dari pengaruh Pemilu 2014 dan 2019. Dua ajang pemilu tersebut menurutnya telah menciptakan ceruk pemilih tersendiri.

“Ceruk yang dimiliki oleh Jokowi (Presiden Joko Widodo) dan dulu ceruk yang dimiliki oleh pihak oposisi diwakili oleh Pak Prabowo,” ujar Yunarto saat hadir secara daring.

Namun demikian, situasi berubah ketika Prabowo masuk ke dalam kabinet pemerintahan Presiden Jokowi. Sementara di sisi lain, ceruk pemilih yang menghendaki Indonesia yang berbeda dari era pemerintahan Jokowi tetap ada. Dari sana, menurut Yunarto Anies bisa memperoleh limpahan suara.

“Itu yang menyebabkan kalau tadi saya sebutkan breakdown data basis pemilih Anies itu hampir mirip dengan data Pak Prabowo kemarin. Tetapi masih ada sebagian yang bisa dipertahankan Pak Prabowo. Jadi itu juga betul yang menyebabkan Mas Ganjar lebih seperti berdiri sendiri, dalam pertarungan di antara ketiga orang ini tidak terlalu terganggu,” tutur Yunarto.

Sementara dalam persaingan antara Prabowo dengan Anies, Yunarto menilai akan terjadi sebuah kanibalisme atau saling serang antara basis pendukung mereka yang serupa. Hanya saja, dia menilai bisa saja baik Prabowo maupun Anies memperoleh keuntungan dari persaingan ini dibanding Ganjar.

“Kalau terjadi putaran kedua, karena persinggungan market di antara Prabowo dan Anies ini lebih bersinggungan, suara di antara keduanya itu lebih mungkin lari ke salah satu di antara mereka. Ganjar akan lebih mendapatkan limpahan lebih kecil,” ujar Yunarto.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI