Logo BeritaSatu

Telkom Telah Salurkan Bantuan Senilai Rp 1 Miliar Pasca Gempa Cianjur

Rabu, 30 November 2022 | 15:00 WIB
Oleh : Freddy Wally / FW

Jakarta, Beritasatu.com - Dalam rangka terus memberikan dukungan bagi masyarakat yang terdampak bencana gempa bumi di Cianjur beberapa waktu lalu, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) telah menyerahkan bantuan telekomunikasi dengan total nilai Rp 1 Miliar.

Bantuan itu terdiri dari dukungan sarana komunikasi pada posko dan sarana publik serta kompensasi pelanggan atas layanan yang terganggu pasca gempa. Hal ini merupakan wujud nyata kontribusi Telkom sebagai perusahaan digital telekomunikasi terdepan yang hadir untuk masyarakat.

Advertisement

Hingga saat ini, Telkom telah menyalurkan dukungan sarana komunikasi di 27 titik lokasi posko tanggap bencana untuk dapat diperoleh manfaatnya dalam kelancaran komunikasi saat proses evakuasi dan penyaluran bantuan bagi korban terdampak.

Bantuan diserahkan ke berbagai rumah sakit, puskesmas, posko pengungsian, posko PMI, posko BNPB, posko Kominfo, Basarnas hingga posko berbagai BUMN di kawasan Cianjur. Adapun bantuan komunikasi yang disalurkan terdiri dari 12 IndiHome, 11 Wifi Managed Service, 3 unit Orbit, 2 internet satelit Starlink, 4 unit telepon satelit, dan 2 unit mobile cognitive radio base station.

Layanan internet tersebut tidak hanya dimanfaatkan untuk kegiatan operasional petugas posko, namun dapat digunakan juga oleh para pengungsi dan pelanggan yang terdampak. Selain menyerahkan bantuan, Telkom juga senantiasa berupaya mempercepat pemulihan layanan telekomunikasi di Kabupaten Cianjur dan sekitarnya melalui perbaikan infrastruktur yang terdampak.

Perbaikan infrastruktur telekomunikasi yang dilakukan oleh Telkom mencakup perbaikan menara base transceiver station (BTS) dan jaringan fiber optik. Telkom juga telah berhasil melakukan perbaikan infrastruktur dan layanan telekomunikasi termasuk pada area yang sebelumnya terkendala oleh longsor, terutama di daerah Cugenang, Kabupaten Cianjur.

Tak hanya itu, Telkom juga memastikan bahwa terdapat kompensasi bagi pelanggan yang layanannya terdampak pasca gempa. Executive Vice President Telkom Regional III Jawa Barat Syaifudin menyampaikan bahwa kompensasi yang akan diberikan kepada pelanggan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Bagi pelanggan IndiHome dan Bisnis yang terdampak, kami akan memberikan kompensasi sesuai dengan ketentuan pada kontrak berlangganan masing-masing pelanggan,” kata Syaifudin.

Adapun bantuan komunikasi tersebut akan terus disalurkan secara bertahap sesuai kebutuhan dan bisa bertambah lagi seiring dengan proses pemulihan pasca bencana gempa.

Sebelumnya, Telkom telah menyalurkan 1000 paket sembako dan juga menjadikan kantor Datel Cianjur dan STO Sukaresmi sebagai posko penampungan sementara sekaligus untuk menyalurkan bantuan kepada 21 desa, 52 kampung, dan 4100 jiwa yang terdampak. Telkom pun secara berkesinambungan memberikan bantuan kepada masyarakat yang berada di Cianjur dan sekitarnya, baik itu berupa ambulans, makanan siap saji, air mineral, bahan pokok, selimut, obat-obatan, P3K, peralatan sanitasi, peralatan tidur, hingga bantuan psikologis berupa pemulihan trauma bagi korban.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Keras, Getaran Gempa Turki Terasa hingga Greenland!

Getaran gempa berkekuatan 7,8 magnitudo di Turki, Senin (6/2/2023) dirasakan hingga Greenland, Denmark.

NEWS | 6 Februari 2023

Kasus Gagal Ginjal Akut, Heru Budi: Kami Serius Tangani

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengaku telah menginstruksikan Dinkes DKI untuk menelusuri kemunculan kembali kasus gagal ginjal akut.

NEWS | 6 Februari 2023

Bermagnitudo 7,5, Gempa Dahsyat Kembali Guncang Turki

Gempa yang berkekuatan 7,5 magnitudo kembali mengguncang wilayah Turki tenggara Senin (6/2/2023) sore waktu setempat.

NEWS | 6 Februari 2023

Status Tersangka Hasya Dicabut, Pengacara: Keluarga Lebih Tenang

Keluarga Hasya Athallah Saputera merasa lega karena status tersangka Hasya telah dicabut oleh Polda Metro Jaya.

NEWS | 6 Februari 2023

Miris, Bocah 12 Tahun Dipukuli, Disiram Air Panas, dan Ditelantarkan Ibu

Raya Aurel Rahma Visca, bocah perempuan berusia 12 tahun diduga jadi korban penganiayaan ibunya dan ditemukan terlantar di Pancoran Mas, Depok. 

NEWS | 6 Februari 2023

Polda Metro Jaya Cabut Status Tersangka Hasya Mahasiswa UI

Polda Metro Jaya mencabut status tersangka Hasya Athallah Saputra, mahasiswa UI yang tewas ditabrak mobil Pajero pensiunan polisi AKBP (Purn) Eko Setio BW.

NEWS | 6 Februari 2023

Soal Gugatan Uni Eropa ke WTO, Bahlil: Kita Lawan!

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menegaskan bahwa Indonesia akan melawan terkait gugatan yang diajukan oleh sejumlah negara Uni Eropa ke WTO.

NEWS | 6 Februari 2023

Kasus KSP Indosurya, Bareskrim Polri Telusuri Tindak Pidana Lain

Bareskrim Polri tengah menyelidiki dugaan tindak pidana lain terkait kasus penipuan investasi dana nasabah Koperasi Simpan Pinjam atau KSP Indosurya. 

NEWS | 6 Februari 2023

Tukang Becak Bobol Rekening BCA Divonis 10 Bulan Penjara

Setu, tukang becak bobol rekening BCA divonis 10 bulan penjara. Sementara, Thoha, otak pembobolan rekening  senilai Rp 320 juta itu dihukum 3,5 tahun.

NEWS | 6 Februari 2023

Jadi Ketua Asosiasi Kedokteran ASEAN, Ketua PB IDI Akan Dorong Kerja Sama Regional

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Moh Adib Khumaidi akan mendorong kerja sama regional setelah ditunjuk menjadi Ketua MASEAN

NEWS | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pasangan Capres, Prabowo-Cak Imin Belum Tetapkan Target Waktu

Pasangan Capres, Prabowo-Cak Imin Belum Tetapkan Target Waktu

BERSATU KAWAL PEMILU | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE