Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Banjir di Pati, Satu Orang Tewas

Kamis, 1 Desember 2022 | 06:39 WIB
Oleh : Rachman Pratama / FMB
Hujan deras yang mengguyur wilayah Pegunungan Kendeng Utara, di Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah sejak Rabu (30/11/2022) petang hingga malam, mengakibatkan 6 kecamatan terendam banjir.

Pati, Beritasatu.com - Hujan deras yang mengguyur wilayah Pegunungan Kendeng Utara, di Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah sejak Rabu (30/11/2022) petang hingga malam, mengakibatkan 6 kecamatan terendam banjir. Keenam kecamatan tersebut adalah Kecamatan Tambakromo, Winong, Gabus, Sukolilo, Kayen dan Kecamatan Pucakwangi.

“Sekarang ini ada 6 kecamatan yang terdampak banjir cukup parah, yaitu Kecamatan Tambakromo, Winong, Gabus, Sukolilo, Kayen dan Kecamatan Pucakwangi. Namun kecamatan terparah adalah Kecamatan Tambakromo,” jelas Kapolresta Pati, AKBP Christian Tobing, yang terjun ke lokasi banjir.

AKBP Christian Tobing menjelaskan terdapat satu desa yaitu Desa Sinomwidodo di Kecamatan Tambakromo yang arus banjirnya sangat deras. Warga di desa tersebut panik saat air datang dan begitu deras. Sementara ketinggian air mencapai lebih dari 1 meter.

“Dari informasi yang kami dapatkan, banjir mulai datang sejak pukul 17.00 WIB ini, membuat warga panik menyelamatkan diri. Kami bersama anggota TNI dan BPBD yang datang ke lokasi hingga malam ini, berusaha melakukan evakuasi,” tambahnya.

Petugas hingga Kamis (01/12/2022) dini hari masih terus mengevakuasi warga yang terdampak banjir. Petugas menyisir satu per satu rumah warga yang terisolir dan terjebak banjir untuk dievakuasi.

“Kami bersama anggota TNI dan BPBD serta sejumlah relawan hingga kini masih terus berupaya menyisir rumah-rumah warga untuk melakukan proses evakuasi. Proses evakuasi terutama kami prioritaskan kepada lansia, perempuan dan anak-anak,” tutupnya.

Sementara itu, dalam sebuah video yang beredar, menunjukkan banjir di Desa Sinomwidodo cukup parah hingga lebih dari satu meter dan menyentuh atap rumah warga. Warga bersama hewan piarannya, sapi, mencoba menyelamatkan diri. Bahkan terlihat seorang ibu dan anaknya yang sedang berusaha menyelamatkan diri di atas genteng rumahnya.

Dalam musibah ini, dikabarkan satu orang warga tewas terseret banjir akibat derasnya air. Sementara banjir parah yang menerjang 6 kecamatan di Kabupaten Pati ini diduga disebabkan karena adanya penggundulan hutan dan penambangan di wilayah Pegunungan Kendeng. Sehingga saat Pegunungan Kendeng diguyur hujan deras dengan intensitas waktu yang cukup lama, maka wilayah yang ada di bawahnya diterjang banjir disertai lumpur.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI