Logo BeritaSatu

Ribuan Ikan Terdampar di Pesisir Jakarta Bukan Tanda Gempa

Kamis, 1 Desember 2022 | 08:13 WIB
Oleh : DAS

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa fenomena terdamparnya banyak ikan kecil di pesisir Pantai Mutiara, Jakarta Utara merupakan akibat dorongan angin laut dan bukan tanda terjadinya gempa.

“Banyak faktor di antaranya faktor kesuburan perairan, angin, dan arus laut. Tidak ada hubungannya dengan akan terjadinya gempa,” kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo, Rabu (30/11/2022).

Advertisement

Eko menyatakan, ecara tak kasat mata angin laut telah mendorong ikan-ikan kecil tersebut mengikuti arus hingga terdampar di pesisir pantai.

Masyarakat diimbau untuk tidak panik karena fenomena itu dapat terjadi pula pada ikan-ikan yang lebih besar seperti paus ataupun lumba-lumba.

Dorongan angin yang membawa ikan-ikan kecil menarik perhatian ikan yang lebih besar untuk mencari makanan sesuai dengan rantai makanannya. “Otomatis ikan kecil tadi juga diikuti ikan ikan besar sebagai rantai makanannya,” katanya.

Eko juga menyebutkan kemungkinan berbagai unsur hara lainnya yang dibutuhkan ikan-ikan kecil itu mengikuti arus angin sehingga mendorong ikan mendekat ke garis pantai. "Kemungkinan lainnya yakni karena adanya kandungan klorofil-a yang menjadi salah satu faktor kesuburan di laut," katanya.

Terdamparnya ikan-ikan tersebut merupakan wujud fenomena langka akibat ketidaknormalan oseanografi. Namun demikian fenimena ini menjadi sebuah anugerah bagi para warga sekitar pantai, karena dapat memanen ikan tanpa menggunakan jala di laut.

Eko menambahkan bahwa fenomena laut itu masih dugaan sementara BMKG. Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk bisa memastikan alasan ikan-ikan kecil tersebut terdampar hingga ke pesisir pantai.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada Rabu (30/11/2022) muncul gerombolan ikan kecil yang terdampar di pesisir Pantai Onrust, Kepulauan Seribu dan Pantai Mutiara, Jakarta Utara. Beberapa warga mengambil ikan-ikan yang muncul ke permukaan untuk dibawa pulang menggunakan ember.Video penampakan ikan yang terdampar itu menyebar melalui media sosial.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mengerikan! Video di Medsos Perlihatkan Detik-detik Aparteman Roboh Saat Gempa Turki

Sebuah video viral di media sosial yang memperlihatkan sebuah apartemen roboh setelah terjadi gempa berkekuatan M 7,8 di Turki

NEWS | 6 Februari 2023

USGS: Korban Jiwa Gempa Dahsyat Turki Bisa Capai 1.000 hingga 10.000 Orang

Korban jiwa akibat gempa dahsyat Turki yang melanda wilayah selatan Senin pagi bisa mencapai 10.000 orang, kata Survei Geologi Amerika Serikat (USGS).

NEWS | 6 Februari 2023

Mengejutkan, Balon Mata-Mata Tiongkok Beroperasi Sejak Trump Berkuasa

Insiden balon mata-mata milik China serupa telah terjadi selama pemerintahan Donald Trump di Amerika Serikat.

NEWS | 6 Februari 2023

Zelensky Siap Bantu Turki yang Dilanda Gempa Meski Negaranya Tengah Berperang

Perang Ukraina Volodymyr Zelensky menyatakan siap membantu Turki yang kini tengah dilanda bencana gempa berkekuatan M 7,8.

NEWS | 6 Februari 2023

Kasus Brigadir J, Jaksa Beri Sindiran Halus ke AKBP Arif Soal Kejujuran

Jaksa penuntut umum sempat menyampaikan sindiran halus kepada AKBP Arif Rachman Arifin terkait dengan kejujuran yang ideal.

NEWS | 6 Februari 2023

Tegur Aksi Balap Liar, Polisi dan Anaknya Dikeroyok Remaja Geng Motor

Seorang anggota polisi yang bertugas di Polsek Bacukiki, Kota Parepare, Sulawesi selatan, bersama anaknya dikeroyok oleh sekelompok remaja anggota geng motor.

NEWS | 6 Februari 2023

Gempa Dahsyat Guncang Turki, Israel Siap Kirim Bantuan Darurat

Israel dilaporkan siap mengirimkan bantuan darurat ke Turki setelah terjadi gempa dahsyat M 7,8 di negara itu pada Senin (6/2/2023) pagi.

NEWS | 6 Februari 2023

Puluhan Warga Jatiwarna Laporkan Bripka Madih ke Propam Polda Metro Jaya

Anggota Provost Polsek Jatinegara, Jakarta Timur, Bripka Madih dilaporkan ke Bidang Propam Polda Metro Jaya oleh sejumlah warga Jatiwarna, Bekasi.

NEWS | 6 Februari 2023

Perhatikan Asupan Makanan untuk Cegah Risiko Diabetes Anak

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mencatat, temuan kasus diabetes anak meningkat hingga 70 kali lipat sejak tahun 2010.

NEWS | 6 Februari 2023

PP Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadan 1444 H Jatuh pada Kamis 23 Maret 2023

Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengumumkan awal Ramadan jatuh pada Kamis Pon, 23 Maret 2023 M.

NEWS | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pangsa Pasar Keuangan Syariah Indonesia Capai 10,69 Persen

Pangsa Pasar Keuangan Syariah Indonesia Capai 10,69 Persen

EKONOMI | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE