Logo BeritaSatu

Pasien Pertama HIV AIDS di Indonesia Ditemukan 35 Tahun Lalu

Kamis, 1 Desember 2022 | 14:37 WIB
Oleh : Helmut Timothy/ Anisa Fauziah / DAS

Jakarta, Beritasatu.com -Pasien pertama dengan HIV AIDS ditemukaan di Bali pada 1987 atau 35 tahun lalu. Hal itu diungkapkan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, Maxi Rein Rondonuwu, pada peringatan Hari AIDS Sedunia, Kamis (1/12/2022).

"Ini kalau saya hitung di Indonesia sejak 1987 kasus pertama di Bali berarti kita sudah hampir 35 tahun dan saat kita merayakan ini (Hari AIDS Sedunia) maka gambaran tentang situasi global dan situasi Indonesia harus menjadi refleksi," kata Maxi Rondonuwu.

Advertisement

Peringatan Hari AIDS Sedunia oleh Kemenkes bertajuk "Satukan Langkah Cegah HIV, Semua Setara Akhiri AIDS". Pada momentum ini Kemenkes kembali mengingatkan pengetahuan, kesadaran, serta kemandirian masyarakat terkhusus perempuan dan anak remaja yang rentan terhadap transmisi penyebaran HIV AIDS dan mengakhiri endemi ini di 2030.

Menurut Maxi Rondonuwu, HIV AIDS di Indonesia masih menjadi ancaman. "Kita sudah 35 tahun tetapi belum ada tanda tanda melakukan eliminasi HIV AIDS” katanya.

HIV atau Human Immunodeficiency Virus merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh sehingga daya tubuh semakin melemah dan rentan diserang berbagai penyakit. HIV yang tidak cepat ditangani akan berkembang menjadi AIDS atau Acquired Immune Deficiency Syndrome. AIDS merupakan stadium akhir dari infeksi HIV dan tubuh sudah tidak mampu untuk melawan infeksi yang ditimbulkan.

Berdasarkan catatan Beritasatu.com, temuan kasus pertama HIV AIDS adalah di RS Sanglah, Bali pada Maret 1987. Seorang pria warga negara Belanda yang tinggal bersama teman prianya di Karangasem mengalami sakit yang tak kunjung sembuh. Tubuhnya kering kerontang.

Temuan tersebut mengejutkan publik. HIV AIDS ketika itu dianggap sebagai penyakit yang mudah menular dan sangat mematikan. Masyarakat belum begitu paham mengenai penyakit ini serta memandangnya sebagai sesuatu yang tabu karena cara penularannya melalui hubungan seksual.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Rois Syuriah PBNU: 1 Abad NU, Momen Warga Nahdliyin Berlomba Raih Prestasi

Menurut Rois Syuriah PBNU, Prof M Nuh, warga Nahdliyin bisa mengetahui manfaat yang paling besar bagi masyarakat jika mengetahui apa yang dibutuhkan masyarakat.

NEWS | 5 Februari 2023

Berkumpul dan Pergelaran Seni Meriahkan Cap Go Meh di Palu

Perayaan Cap Go Meh kali ini bertemakan merajut kebersamaan dan tingkatkan keharmonisan, adalah wujud suka cita dengan membaur bersama.

NEWS | 5 Februari 2023

Top 5 News: Polisi Peras Polisi hingga Penembakan Calon Anggota DPD RI

Kelanjutan kasus polisi peras polisi dan potensi AI bahayakan manusia merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news).

NEWS | 5 Februari 2023

Petugas Gagalkan Penyelundupan Sabu Cair ke Lapas

Petugas lapas Narkotika Kelas II-A Kota Samarinda, Kalimantan timur, berhasil mengagalkan upaya penyelundupan sabu cair ke dalam lapas.

NEWS | 5 Februari 2023

Oknum Pedagang di Pasar Induk Beras Cipinang Oplos Beras Pemerintah

Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya Pamrihadi Wiraryo mengtakan, oknum pedagang di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) diduga mengoplos beras.

NEWS | 5 Februari 2023

BMKG: Gelombang Tinggi Berpotensi Terjadi di Sulut hingga Senin 6 Februari

BMKG mengeluarkan peringatan dini terkait potensi gelombang tinggi di sejumlah perairan di Sulut (Sulawesi Utara) hingga Senin (6/2/2023).

NEWS | 5 Februari 2023

Tahun Ini Pemprov Bali Tambah 469 Titik Wi-Fi Gratis

Pemprov Bali menambah 469 titik Wi-Fi gratis tahun 2023 untuk mendukung perkembangan teknologi informasi, terutama dalam menghadirkan layanan publik.

NEWS | 5 Februari 2023

KKP Hentikan Dua Proyek Reklamasi di Kepri

KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan) menghentikan dua proyek reklamasi di Kepri (Kepulauan Riau) milik PT BSSTEC dan PT MPP, Jumat (3/2/2023).

NEWS | 5 Februari 2023

Polres Bandara Ngurah Rai Tahan Pramuantar yang Curi Uang Wisatawan

Polres Bandara Gusti Ngurah Rai menahan seorang pramuantar sebuah maskapai penerbangan karena mencuri uang dalam bagasi penumpang wisatawan.

NEWS | 5 Februari 2023

Perawat Gunting Jari Bayi di RS Palembang, Polisi Lakukan Penyelidikan

Kasus seorang perawat yang diduga menggunting jari kelingking bayi yang sedang dirawat di Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang diselidiki kepolisian.

NEWS | 4 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Rois Syuriah PBNU: 1 Abad NU, Momen Warga Nahdliyin Berlomba Raih Prestasi

Rois Syuriah PBNU: 1 Abad NU, Momen Warga Nahdliyin Berlomba Raih Prestasi

NEWS | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE