Logo BeritaSatu

Banjir Bandang di Pati, 2 Rumah Hanyut dan Ratusan Lainnya Rusak

Kamis, 1 Desember 2022 | 14:48 WIB
Oleh : Rachman Pratama / FFS

Pati, Beritasatu.com - Banjir bandang yang menerjang Desa Sinomwidodo, Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati pada Rabu (30/11/2022) sore hingga malam hari membuat ratusan rumah rusak. Bahkan, ada dua rumah di desa tersebut yang hanyut tersapu banjir.

Pada Kamis (1/12/2022) pagi, ratusan warga bersama aparat TNI dan Polri serta relawan dan BPBD Kabupaten Pati bergotong royong membersihkan sisa reruntuhan rumah dan banjir serta memperbaiki rumah-rumah yang rusak.

Advertisement

“Kemarin sore itu hujan deras dan langsung tiba-tiba air datang begitu saja. Tidak pelan-pelan, tetapi seperti ombak di laut saat pasang. Persisnya itu sekitar 16.30 WIB sampai 21.00 WIB air baru surut,” ungkap salah satu warga Desa Sinomwidodo, Sumarni.

Saat kejadian, Sumarni bersama sang ibu dan anak pertamanya mencoba menyelamatkan diri dengan bergelantungan di atas rumah. Menurutnya, saat itu ketinggian air sudah mencapai sekitar 2 meter.

“Tinggi sekali airnya sampai sekitar 2 meter. Arusnya juga sangat deras. Jadi bergelantungan di blandar atas rumah, ada saya, anak saya yang pertama dan ibu saya. Kami sudah tidak bisa menyelamatkan barang-barang, yang penting nyawa kami. Kami bertahan di atas, tidak bisa keluar sambil menunggu bantuan datang,” tambahnya.

Sementara iti, Camat Tambakromo, Mirza Nur Hidayat yang mengecek ke lokasi menyebutkan, dari data yang didapatkannya, setidaknya ada dua rumah warga yang hanyut tersapu banjir bandang. Selain itu, terdapat 213 rumah yang mengalami kerusakan sedang, dan 411 rumah yang mengalami kerusakan ringan. Banjir bandang juga sempat merendam enam mobil dan 263 unit sepeda motor.

“Dari bencana ini setidaknya ada 2.568 jiwa warga Desa Sinomwidodo yang terdampak banjir. Selain itu juga ada satu orang yang meninggal dunia akibat diterjang banjir tadi malam,” sebut Camat Tambakromo, Mirza Nur Hidayat.

Seperti diketahui, hujan deras yang mengguyur Kabupaten Pati, Jawa Tengah sejak Rabu (29/1/2022) sore kemarin menyebabkan banjir di tujuh Kecamatan. Banjir cukup parah terjadi di Desa Sinomwidodo, Kecamatan Tambakromo. Banjir diduga disebabkan adanya penggundulan hutan dan penambangan di pegunungan Kendeng yang dilakukan secara masif. Akibatnya, saat wilayah Kendeng diguyur hujan deras dengan intensitas waktu yang cukup lama, wilayah Pati bagian bawah akan terendam banjir, termasuk Desa Sinomwidodo di Kecamatan Tambakromo.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus Pesawat MH17 Jatuh Ditembak, Hari Ini Tim Penyelidik Ungkap Temuan Baru

Para penyelidik internasional yang menyelidiki jatuhnya pesawat MH17 miliki maskapai Malaysia di tahun 2014 di atas Ukraina timur akan mempresentasikan temuan baru.

INTERNASIONAL | 8 Februari 2023

Tiongkok Tolak Panggilan AS di Hari Balon Mata-mata Dijatuhkan

Beijing menolak panggilan kepala Pentagon Lloyd Austin pada hari yang sama saat pesawat jet tempur AS menjatuhkan balon mata-mata yang dicurigai milik Tiongkok.

INTERNASIONAL | 8 Februari 2023

Korban Tewas Gempa Dahsyat Turki dan Suriah Lebih 7.800, Tim Penyelamat Hadapi Cuaca Dingin

Tim penyelamat di Türki dan Suriah berjuang melawan cuaca dingin untuk menemukan korban selamat di bawah bangunan yang rata akibat gempa dahsyat.

INTERNASIONAL | 8 Februari 2023

Top 5 News: Korban Gempa Turki Lebih dari 3.800 hingga OJK Bakal Pangkas 600 BPR

Korban meninggal akibat gempa Turki lebih dari 3.800 orang menjadi berita terpopuler atau top news di Beritasatu.com, Selasa (7/2/2023).

NEWS | 8 Februari 2023

BSKDN Bakal Bahas Aspirasi Publik Soal Pemerintahan Desa

BSKDN Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bakal menggelar lokakarya untuk membahas aspirasi publik soal pemerintahan desa.

NASIONAL | 7 Februari 2023

Muncul ke Publik Setelah 36 Hari, Kim Jong-un Minta Korut Bersiap Perang

Pemimpin Korut (Korea Utara) Kim Jong-un muncul di hadapan publik setelah tak terlihat di depan umum, yang menimbulkan spekulasi tentang kesehatannya.

NEWS | 8 Februari 2023

Gagal Ginjal Akut Kembali Terdeteksi, IDI: Monitoring Pemakaian Obat Harus Diperketat

Ketua Umum IDI mengatakan, kesadaran atas efek samping obat sirup merupakan hal yang penting untuk di monitor guna mencegah kasus gagal ginjal akut.

NASIONAL | 8 Februari 2023

MRCCC Siloam Minimalisasi Kesenjangan Perawatan Pasien Kanker

MRCCC Siloam Semanggi meminimalisasi kesenjangan perawatan pasien kanker serta menekankan kesetaraan pasien dalam mendapatkan pelayanan medis.

NASIONAL | 7 Februari 2023

510 Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang Keracunan Makanan

Tim kesehatan Puskesmas Wagir mendapat laporan banyak mahasiswa yang mengalami diare saat berada di lokasi perkemahan.

NEWS | 7 Februari 2023

Bappenas: RI Butuh 22 Tahun untuk Jadi Negara Berpendapatan Tinggi

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa menyatakan, Indonesia membutuhkan waktu 22 tahun untuk menyandang status negara berpendapatan tinggi.

EKONOMI | 8 Februari 2023


TAG POPULER

# Warunk Upnormal


# Susi Air


# Gempa Turki


# Jokowi


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mengenal Yoga Prabowo, Guru SD yang Jadi Petarung MMA

Mengenal Yoga Prabowo, Guru SD yang Jadi Petarung MMA

SPORT | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE