Logo BeritaSatu

Banjir Bandang di Pati, 2 Rumah Hanyut dan Ratusan Lainnya Rusak

Kamis, 1 Desember 2022 | 14:48 WIB
Oleh : Rachman Pratama / FFS

Pati, Beritasatu.com - Banjir bandang yang menerjang Desa Sinomwidodo, Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati pada Rabu (30/11/2022) sore hingga malam hari membuat ratusan rumah rusak. Bahkan, ada dua rumah di desa tersebut yang hanyut tersapu banjir.

Pada Kamis (1/12/2022) pagi, ratusan warga bersama aparat TNI dan Polri serta relawan dan BPBD Kabupaten Pati bergotong royong membersihkan sisa reruntuhan rumah dan banjir serta memperbaiki rumah-rumah yang rusak.

Advertisement

“Kemarin sore itu hujan deras dan langsung tiba-tiba air datang begitu saja. Tidak pelan-pelan, tetapi seperti ombak di laut saat pasang. Persisnya itu sekitar 16.30 WIB sampai 21.00 WIB air baru surut,” ungkap salah satu warga Desa Sinomwidodo, Sumarni.

Saat kejadian, Sumarni bersama sang ibu dan anak pertamanya mencoba menyelamatkan diri dengan bergelantungan di atas rumah. Menurutnya, saat itu ketinggian air sudah mencapai sekitar 2 meter.

“Tinggi sekali airnya sampai sekitar 2 meter. Arusnya juga sangat deras. Jadi bergelantungan di blandar atas rumah, ada saya, anak saya yang pertama dan ibu saya. Kami sudah tidak bisa menyelamatkan barang-barang, yang penting nyawa kami. Kami bertahan di atas, tidak bisa keluar sambil menunggu bantuan datang,” tambahnya.

Sementara iti, Camat Tambakromo, Mirza Nur Hidayat yang mengecek ke lokasi menyebutkan, dari data yang didapatkannya, setidaknya ada dua rumah warga yang hanyut tersapu banjir bandang. Selain itu, terdapat 213 rumah yang mengalami kerusakan sedang, dan 411 rumah yang mengalami kerusakan ringan. Banjir bandang juga sempat merendam enam mobil dan 263 unit sepeda motor.

“Dari bencana ini setidaknya ada 2.568 jiwa warga Desa Sinomwidodo yang terdampak banjir. Selain itu juga ada satu orang yang meninggal dunia akibat diterjang banjir tadi malam,” sebut Camat Tambakromo, Mirza Nur Hidayat.

Seperti diketahui, hujan deras yang mengguyur Kabupaten Pati, Jawa Tengah sejak Rabu (29/1/2022) sore kemarin menyebabkan banjir di tujuh Kecamatan. Banjir cukup parah terjadi di Desa Sinomwidodo, Kecamatan Tambakromo. Banjir diduga disebabkan adanya penggundulan hutan dan penambangan di pegunungan Kendeng yang dilakukan secara masif. Akibatnya, saat wilayah Kendeng diguyur hujan deras dengan intensitas waktu yang cukup lama, wilayah Pati bagian bawah akan terendam banjir, termasuk Desa Sinomwidodo di Kecamatan Tambakromo.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Minyakita Hilang di Pasaran, Minyak Tanpa Merek Jadi Pilihan Warga

Minyak goreng bersubsidi dengan merek Minyakita di sejumlah pasar tradisional di Kota Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB) kini menghilang atau langka dari pasaran.

NEWS | 3 Februari 2023

Menteri LHK: Indonesia Komitmen Mitigasi Perubahan Iklim

Menteri LHK, Siti Nurbaya menegaskan, keseriusan pemerintah terkait penanganan isu perubahan iklim, dilakukan melalui inisiasi Indonesia Folu Net Sink 2030.

NEWS | 3 Februari 2023

Amphuri Minta Kenaikan Biaya Haji Sebanding dengan Layanan

Menurut Farid, Amphuri berharap pemerintah menetapkan biaya haji 2023 sebanding dengan layanan yang akan diterima calon jemaah haji.

NEWS | 3 Februari 2023

Polda Jatim Kerahkan 4.907 Personil Amankan Peringatan 1 Abad NU

Menurut rencana, jutaan massa NU dari berbagai daerah akan mulai berdatangan sehari sebelum kegiatan peringatan 1 abad NU.

NEWS | 3 Februari 2023

Ketua Matakin Ingatkan Pentingnya Edukasi untuk Pelihara Indonesia yang Toleran

Ketua Matakin Liem Liliany Lontoh mengingatkan pentingnya edukasi untuk memelihara Indonesia yang toleran.

NEWS | 3 Februari 2023

Ketua MUI Cholil Nafis Usul Ada Kawasan Halal di Jakarta

Ketua MUI bidang Dakwah dan Ukhuwah KH Cholil Nafis menyarankan adanya kawasan halal di DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu. 

NEWS | 3 Februari 2023

Polisi Norwegia Larang Pembakaran Al-Quran Saat Aksi Protes

Polisi Norwegia pada hari Kamis (2/2/2023) melarang rencana protes anti-Islam termasuk pembakaran Al-Qur'an pada minggu ini untuk alasan keamanan

NEWS | 3 Februari 2023

GKBRAy Paku Alam X Bangga Batik Buatannya Diterima Paus Fransiskus

GKBRAy Adipati Paku Alam X bangga dan terharu setelah mengetahui bahwa Paus Fransiskus sempat memakai batik tulis buatannya.

NEWS | 3 Februari 2023

Plt Ketum PPP Silaturahmi ke Ponpes Tgk Chiek Oemar Diyan Aceh

Plt Ketum PPP Muhamad Mardiono bersilaturahmi ke Ponpes atau Dayah Modern Tgk Chiek Oemar Diyan di Aceh, Kamis (2/2/2023).

NEWS | 2 Februari 2023

170 Mahasiswa dari 9 Perguruan Tinggi Raih Beasiswa Teladan

Sebanyak 170 mahasiswa dari sembilan perguruan tinggi meraih beasiswa Teladan 2023 dari Tanoto Foundation. 

NEWS | 3 Februari 2023


TAG POPULER

# Harga Bawang


# Koalisi Indonesia Bersatu


# Bunda Corla


# Serial Killer


# Penculikan Anak


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Cuaca, Harga, dan Pasokan Pangan Jaga Stabilisasi Inflasi

Cuaca, Harga, dan Pasokan Pangan Jaga Stabilisasi Inflasi

EKONOMI | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE