Logo BeritaSatu

Ganjar Dorong Seluruh Daerah Komitmen Antikorupsi Usai Hadiri Hakordia di Surabaya

Kamis, 1 Desember 2022 | 17:00 WIB
Oleh : Freddy Wally / FW

Surabaya, Beritasatu.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghadiri pembukaan peringatan Hari Antikorupsi Sedunia di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada Kamis (1/12/2022). Politikus berambut putih itu mendorong seluruh daerah untuk berkomitmen dalam kampanye antikorupsi.

Acara yang dibuka secara langsung oleh Ketua KPK RI Komjen Pol Firli Bahuri, itu juga dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X, Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edi Pratowo, dan Sekda Kalimantan Barat serta Kalimantan Selatan. Selain itu hadir juga Bupati dan Wali Kota se-Jawa Timur.

Advertisement

Ganjar mengatakan bahwa peringatan Hari Antikorupsi Sedunia harus menjadi momentum dalam menjaga semangat terus-menerus dalam berkomitmen antikorupsi di seluruh daerah di Indonesia.

"Tentu, semangatnya yang mesti kita jaga terus-menerus bagaimana perayaan ini mendorong seluruh daerah punya komitmen antikorupsi," ujarnya.

Menurutnya, peringatan Hari Antikorupsi Sedunia dilaksanakan rutin tiap tahun. Maka, tinggal membulatkan tekad dan menegakkan aturan untuk memberantas tindakan korupsi.

"Sebenarnya kan ini diulang-ulang. Maka problem yang mesti diselesaikan sudah tahu, tinggal membulatkan tekad dan menegakkan aturan," paparnya.

Semangat dan tekad, lanjut Ganjar, dilakukan bukan hanya untuk penindakan, melainkan juga perlu adanya langkah preventif.

"Nah, soal pencegahan memang tidak gampang tapi makin hari makin bagus. Kemarin umpama di Jateng merayakan secara nasional desa antikorupsi. Terus, hari ini tentu mengundang untuk kabupaten/kota dan provinsi, khususnya yang di wilayah binaan 3 dari KPK dan kita diminta untuk mendorong secara serius untuk gerakan antikorupsi," tuturnya.

Di dalam pemerintahan, tindakan korupsi dapat dicegah sejak mulai perencanaan program. Hal ini dapat dilakukan secara transparan dengan melibatkan partisipasi masyarakat, sejalan dengan DPRD.

"Terus kemudian kita dorong pada program yang ingin dituju, konteksnya kesejahteraan. Pasti distorsinya sudah terjadi dan distorsi itu butuh satu pengawasan, yang kedua butuh penindakan. Kalau ketua KPK tadi ayuk kita jaga bersama-sama. Tapi kalau sudah diingatkan tidak bisa, maka pasti akan disikat," tegasnya.

Maka, menurut Gubernur Jawa Tengah dua periode Hari Antikorupsi Sedunia menjadi momentum yang baik untuk seluruh elemen dalam memberantas korupsi.

"Ayo taubat, taubat jangan korupsi lagi, yang rugi rakyat," ucapnya dalam kesempatan itu.

Sementara, Ketua KPK RI Komjen Pol Firli Bahuri menyampaikan bahwa kagiatan kali ini merupakan roadshow Hari Antikorupsi Sedunia di Surabaya, untuk menyiapkan diri dalam rangka Hari Antikorupsi Sedunia 2022 yang puncaknya akan berlangsung pada 9 Desember mendatang di Jakarta.

"Kegiatannya adalah kita menyiapkan diri dalam rangka Hari Antikorupsi Sedunia 2022 dengan tema Indonesia Pulih Bersatu Lawan Korupsi," tandasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sebulan Diguyur Hujan, Jalan Industri Narogong Bogor Rusak Parah

Sebulan diguyur hujan terus-menerus, jalan utama ke kawasan industri Narogong, Kabupaten Bogor, rusak parah.

NEWS | 4 Februari 2023

Ketua SPS: Media Cetak Mesti Ubah Model Pemberitaan

Ketua Harian Serikat Perusahaan Pers (SPS) Januar P Ruswita menyatakan media cetak mesti mengubah model pemberitaan yang disajikan kepada para pembaca.

NEWS | 4 Februari 2023

Dugaan Pemerasan, Oknum Penyidik Akan Dipertemukan dengan Bripka Madih

Polda akan mempertemukan oknum penyidik kepolisian dengan anggota Provos Polsek Jatinegara, Bripka Madih terkait dugaan pemerasan.

NEWS | 4 Februari 2023

Ridwan Kamil Akui 30 Persen Petani Milenial Jawa Barat Gagal

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengakui 30 persen petani milenial gagal. Namun, RK optimistis program ini mampu meregenerasi profesi petani.

NEWS | 4 Februari 2023

Pelajar Kecelakaan Pakai Mobil Dinas, Kasubag DPRD Jambi Dinonaktifkan

Kasubag Rumah Tangga dan Aset DPRD Jambi yang merupakan ibu anak SMA yang mengendarai mobil dinas DPRD Jambi dan kecelakaan akan dinonaktifkan. 

NEWS | 4 Februari 2023

Kesibukan Klenteng Tay Kak Sie Semarang Jelang Perayaan Cap Go Meh

Klenteng Tay Kak Sie yang berada di kawasan Pecinan Semarang, Jawa Tengah melakukan persiapan jelang perayaan Cap Go Meh.

NEWS | 4 Februari 2023

Klenteng Sanggar Agung Surabaya Dipadati Umat Hendak Tabur Bunga di Laut

Klenteng Sanggar Agung Surabaya yang berlokasi tepat di depan pantai Kenjeran tampak di padati para umat yang melaksanakan sembahyang dan tabur bunga.

NEWS | 4 Februari 2023

Bupati Lumajang Temukan Kejanggalan Distribusi Pupuk Subsidi

Ketersediaan pupuk subsidi di Kabupaten Lumajang belakangan ini cukup terbatas, yang diduga akibat terjadinya penyelewengan distribusi.

NEWS | 4 Februari 2023

Konser 30 Tahun Dewa 19 di JIS, Polda Metro Jaya Terapkan Penjagaan Berlapis

Polda Metro Jaya menerapkan penjagaan berlapis dalam pengamanan konser 30 tahun Dewa 19 di JIS atau Jakarta International Stadium, Sabtu (4/2/2023).

NEWS | 4 Februari 2023

Gubernur NTT Viktor Laiskodat Gandeng Lembaga Gereja Atasi Stunting

Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Laiskodat menggandeng lembaga gereja dalam upaya pencegahan stunting di wilayah NTT.

NEWS | 4 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Satu Demi Satu Gerai Ritel Besar Tutup, Pertanda Sunset?

Satu Demi Satu Gerai Ritel Besar Tutup, Pertanda Sunset?

EKONOMI | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE