Logo BeritaSatu

Ganjar Dorong Seluruh Daerah Komitmen Antikorupsi Usai Hadiri Hakordia di Surabaya

Kamis, 1 Desember 2022 | 17:00 WIB
Oleh : Freddy Wally / FW

Surabaya, Beritasatu.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghadiri pembukaan peringatan Hari Antikorupsi Sedunia di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada Kamis (1/12/2022). Politikus berambut putih itu mendorong seluruh daerah untuk berkomitmen dalam kampanye antikorupsi.

Acara yang dibuka secara langsung oleh Ketua KPK RI Komjen Pol Firli Bahuri, itu juga dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X, Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edi Pratowo, dan Sekda Kalimantan Barat serta Kalimantan Selatan. Selain itu hadir juga Bupati dan Wali Kota se-Jawa Timur.

Advertisement

Ganjar mengatakan bahwa peringatan Hari Antikorupsi Sedunia harus menjadi momentum dalam menjaga semangat terus-menerus dalam berkomitmen antikorupsi di seluruh daerah di Indonesia.

"Tentu, semangatnya yang mesti kita jaga terus-menerus bagaimana perayaan ini mendorong seluruh daerah punya komitmen antikorupsi," ujarnya.

Menurutnya, peringatan Hari Antikorupsi Sedunia dilaksanakan rutin tiap tahun. Maka, tinggal membulatkan tekad dan menegakkan aturan untuk memberantas tindakan korupsi.

"Sebenarnya kan ini diulang-ulang. Maka problem yang mesti diselesaikan sudah tahu, tinggal membulatkan tekad dan menegakkan aturan," paparnya.

Semangat dan tekad, lanjut Ganjar, dilakukan bukan hanya untuk penindakan, melainkan juga perlu adanya langkah preventif.

"Nah, soal pencegahan memang tidak gampang tapi makin hari makin bagus. Kemarin umpama di Jateng merayakan secara nasional desa antikorupsi. Terus, hari ini tentu mengundang untuk kabupaten/kota dan provinsi, khususnya yang di wilayah binaan 3 dari KPK dan kita diminta untuk mendorong secara serius untuk gerakan antikorupsi," tuturnya.

Di dalam pemerintahan, tindakan korupsi dapat dicegah sejak mulai perencanaan program. Hal ini dapat dilakukan secara transparan dengan melibatkan partisipasi masyarakat, sejalan dengan DPRD.

"Terus kemudian kita dorong pada program yang ingin dituju, konteksnya kesejahteraan. Pasti distorsinya sudah terjadi dan distorsi itu butuh satu pengawasan, yang kedua butuh penindakan. Kalau ketua KPK tadi ayuk kita jaga bersama-sama. Tapi kalau sudah diingatkan tidak bisa, maka pasti akan disikat," tegasnya.

Maka, menurut Gubernur Jawa Tengah dua periode Hari Antikorupsi Sedunia menjadi momentum yang baik untuk seluruh elemen dalam memberantas korupsi.

"Ayo taubat, taubat jangan korupsi lagi, yang rugi rakyat," ucapnya dalam kesempatan itu.

Sementara, Ketua KPK RI Komjen Pol Firli Bahuri menyampaikan bahwa kagiatan kali ini merupakan roadshow Hari Antikorupsi Sedunia di Surabaya, untuk menyiapkan diri dalam rangka Hari Antikorupsi Sedunia 2022 yang puncaknya akan berlangsung pada 9 Desember mendatang di Jakarta.

"Kegiatannya adalah kita menyiapkan diri dalam rangka Hari Antikorupsi Sedunia 2022 dengan tema Indonesia Pulih Bersatu Lawan Korupsi," tandasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jokowi Yakin Peran Penting ASEAN dalam Menghadapi Krisis Global

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan, ASEAN masih penting dan relevan bagi masyarakat dan dunia terutama dalam menghadapi krisis global. 

NEWS | 29 Januari 2023

Cuaca Hari Ini 29 Januari 2023 di Jabodetabek: Bogor, Depok, dan Bekasi Hujan sejak Pagi hingga Malam

Cuaca hari ini di Bogor, Depok, dan Bekasi, akan dilanda hujan dengan intensitas ringan sepanjang hari sejak pagi hingga malam.

NEWS | 29 Januari 2023

Meresahkan Dosen, AI ChatGPT Lulus Ujian di Universitas AS

Kecerdasan buatan (artificial intelligence) ChatGPT ternyata mampu lulus ujian sarjana di universitas terkenal di AS.

NEWS | 29 Januari 2023

2 Hari Hilang, 6 Pendaki Gunung Lemongan Akhirnya Ditemukan

Usai dua hari menghilang lantaran tersesat, enam mahasiswa pendaki Gunung Lemongan di Jawa Timur akhirnya bisa ditemukan pada Sabtu siang (28/1/2023).

NEWS | 29 Januari 2023

Hadiri Harlah Ke-50 PPP, Erick Thohir Disambut Meriah

Kedatangan Erick Thohir di peringatan harlah ke-50 Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Cilegon, Banten, Sabtu (28/1/2023) disambut hangat.

NEWS | 29 Januari 2023

Kebakaran Swalayan di Bekasi, 11 Unit Pemadam Dikerahkan

Sebuah bangunan swalayan di Jalan Sumber Jaya, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, ludes dilahap api, Sabtu malam (28/1/2023).

NEWS | 29 Januari 2023

Top 5 News: Penipuan Undangan Digital hingga Mahasiswa UI Ditabrak

Penipuan undangan pernikahan digital di Whatsapp bisa menguras rekening korban menjadi berita terpopuler atau top news di Beritasatu.com, Sabtu (28/1/2023).

NEWS | 29 Januari 2023

Liga Premier Singapura Gunakan Teknologi VAR untuk Pertama Kalinya

Wasit di Liga Premier Singapura (SPL) akan mendapat bantuan ekstra di musim mendatang, dengan teknologi Video Assistant Referee (VAR).

NEWS | 29 Januari 2023

Surat Kewarganeragaan Tidak Sah, Wakil PM Nepal Dicopot dari Jabatan

Hakim di pengadilan tinggi Nepal memutuskan mencopot jabatan wakil PM Nepal Rabi Lamichhana karena memiliki surat kewarganegaraan yang tidak sah.

NEWS | 29 Januari 2023

Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Maluku, Tak Berpotensi Tsunami

Gempa bumi dengan magnitudo 5,1 melanda Maluku, Sabtu (28/1/2023) malam pukul 22.47 WIB, menurut BMKG, gempa itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

NEWS | 28 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Waskita Catat Kontrak BaruRp 20 Triliun, Mayoritas dari IKN

Waskita Catat Kontrak BaruRp 20 Triliun, Mayoritas dari IKN

EKONOMI | 16 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE