Logo BeritaSatu

Ganjar Sebut Pendidikan Antikorupsi di 23 SMA/SMK di Jateng Efektif

Kamis, 1 Desember 2022 | 18:00 WIB
Oleh : Freddy Wally / FW

Surabaya, Beritasatu.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut, pendidikan anti korupsi di sekolah menjadi salah satu upaya pemberantasan sejak dini. Ganjar menilai dari setiap pelajaran, pendidikan anti korupsi bisa dilakukan.

"Edukasi itu mulai dari pelajar, sekolah, ya. Kita tanda tangan bersama bupati/wali kota, agar mencoba menginternalisasikan pendidikan anti korupsi di level sekolah," kata Ganjar saat hadir pada peringatan road to Hari Anti Korupsi Sedunia di Gedung Negara Grahadi Jawa Timur, Kota Surabaya, Kamis (1/12/2022).

Advertisement

Ganjar hadir bersama dengan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Komjen Pol. Firli Bahuri, lima gubernur yaitu dari Jawa Timur, DI Yogyakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Tengah. Serta kepala daerah se-Jatim, hingga jajaran Forkopimda dan mitra se-Jatim.

Ganjar menilai, pendidikan anti korupsi di sekolah tidak perlu dimasukkan dalam kurikulum khusus. Nilai kejujuran itu bisa disisipkan dalam pelajaran di sekolah. Baik melalui pendidikan maupun cara belajar yang kreatif.

"Enggak perlu dengan kurikulum khusus. Pendidikan agama menjelaskan itu, pendidikan PKN menjelaskan itu, mungkin matematika kalau gurunya kreatif bisa kok melakukan pendidikan antikorupsi lebih kreatif, inovatif lagi agar banyak media atau cara dipakai untuk kampanye anti korupsi," ujarnya.

Selain juga, pendidikan anti korupsi bisa diberikan melalui komunikasi yang kreatif lain seperti melalui media sosial, kaus, atau berbagai media seperti stiker dan lainnya.

Data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng mencatat, sampai saat ini sudah ada 23 SMA dan SMK negeri. Antara lain, SMAN 2 Salatiga, SMAN 15 Semarang, SMKN 1 Purwodadi Kabupaten Grobogan, SMKN 2 Kendal, SMKN Jateng Kota Semarang.

Ada juga, SMAN 1 Pati, SMKN 2 Jepara, dan SMKN Jateng Kabupaten Pati. Selanjutnya, SMAN 6 Surakarta, SMAN 1 Karanganyar Kabupaten Karanganyar, SMKN 1 Wonosegoro Kabupaten Boyolali dan SMKN 2 Sukoharjo.

Termasuk SMAN 1 Magelang Kota Magelang, SMAN 1 Purworejo, SMKN 1 Gombong Kebumen, SMKN 1 Temanggung, SMAN 1 Sigaluh Banyumas, SMKN 1 Purwokerto Banyumas, SMKN Jateng Kabupaten Purbalingga, SMAN 1 Pekalongan Kota Pekalongan, SMAN 1 Brebes, SMKN 2 Pekalongan Kota Pekalongan, dan SMAN 1 Slawi Kabupaten Tegal.

Ketua KPK RI Firli menyampaikan pemberantasan anti korupsi juga dilakukan di instansi pendidikan di masyarakat. "Nah pendidikan masyarakat ini menyasar pada seluruh jejaring pendidikan, Masuk kepada tahapan pendidikan, baik formal dan informal," kata Firli.

Tentu dengan penanaman integritas melalui program pendidikan masyarakat yang menyasar kepada seluruh jajaran pendidikan termasuk pada tahapan pendidikan baik formal maupun informal.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Semakin Banyak Keluarga Kaya Tiongkok Pindahkan Hartanya ke Singapura

Singapura kini melihat semakin banyak masuknya keluarga kaya Tiongkok yang ingin melindungi harta kekayaan mereka dari Partai Komunis Tiongkok,

NEWS | 5 Februari 2023

Kasus Polisi Peras Polisi, Bripka Madih Dipanggil Polda Metro Jaya

Bripka Madih dipanggil Polda Metro Jaya terkait kasus polisi peras polisi. Bripka Madih mengaku diperas penyidik terkait kasus sengketa tanah keluarganya.

NEWS | 5 Februari 2023

Pakistan Blokir Wikipedia karena Konten Penghujatan

Wikipedia diblokir di Pakistan pada hari Sabtu (4/2/2023) setelah pihak berwenang menyensor situs web karena menampung "konten yang menghujat".

NEWS | 5 Februari 2023

Paus Terlilit Jaring Nelayan Selama 4 Hari di Pantai Pasir Kandang Padang

Seekor paus terlilit tali jaring nelayan selama empat hari di Pantai Pasir Kandang, Kelurahan Pasie Nan Tigo, Koto Tangah Kota Padang Sumatera Barat. 

NEWS | 5 Februari 2023

Saksi: Hasya Mahasiswa UI Masih Bernafas Usai Kecelakaan

Aprian (21), salah satu saksi mengungkapkan Hasya Athallah Saputra, mahasiswa UI yang tewas ditabrak masih sempat bernafas usai kecelakaan. 

NEWS | 5 Februari 2023

RS Muhammadiyah Palembang Nonaktifkan Perawat yang Sebabkan Jari Bayi Putus

RS Muhammadiyah Palembang menonaktifkan perawat yang menggunting jari bayi berusia 7 bulan hingga putus. 

NEWS | 5 Februari 2023

Dianggap Berlebihan, Tiongkok Kecam AS Soal Penembakan Balon Mata-mata

Tiongkok kecam AS yang menembak jatuh balon mata-mata yang terlihat terbang di atas Amerika Utara.

NEWS | 5 Februari 2023

Akses Jalan Tertimbun Longsor, Ribuan Warga Toraja Utara Terisolasi

Ribuan warga Toraja Utara terisolasi akibat akses jalan penghubung kecamatan di Dusun Kurra, Lembang To’yasa Akung tertimbun longsor. 

NEWS | 5 Februari 2023

Elon Musk Siap Luncurkan Roket Starship pada Maret Mendatang

Bos SpaceX Elon Musk pada Sabtu (4/2/2023) mencuit di Twitter, ia akan meluncurkan sistem roket Starship pada bulan Maret mendatang.

NEWS | 5 Februari 2023

Erick Thohir dan Moeldoko Hadiri Festival Cap Go Meh di Singkawang

Menteri BUMN Erick Thohir dan Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko dan menghadiri Festival Cap Go Meh di Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

NEWS | 5 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menikmati Kesejukan Alam dari Wisata Dusun Camp di Pagaralam

Menikmati Kesejukan Alam dari Wisata Dusun Camp di Pagaralam

LIFESTYLE | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE