Logo BeritaSatu

Ganjar Sebut Pendidikan Antikorupsi di 23 SMA/SMK di Jateng Efektif

Kamis, 1 Desember 2022 | 18:00 WIB
Oleh : Freddy Wally / FW

Surabaya, Beritasatu.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut, pendidikan anti korupsi di sekolah menjadi salah satu upaya pemberantasan sejak dini. Ganjar menilai dari setiap pelajaran, pendidikan anti korupsi bisa dilakukan.

"Edukasi itu mulai dari pelajar, sekolah, ya. Kita tanda tangan bersama bupati/wali kota, agar mencoba menginternalisasikan pendidikan anti korupsi di level sekolah," kata Ganjar saat hadir pada peringatan road to Hari Anti Korupsi Sedunia di Gedung Negara Grahadi Jawa Timur, Kota Surabaya, Kamis (1/12/2022).

Advertisement

Ganjar hadir bersama dengan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Komjen Pol. Firli Bahuri, lima gubernur yaitu dari Jawa Timur, DI Yogyakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Tengah. Serta kepala daerah se-Jatim, hingga jajaran Forkopimda dan mitra se-Jatim.

Ganjar menilai, pendidikan anti korupsi di sekolah tidak perlu dimasukkan dalam kurikulum khusus. Nilai kejujuran itu bisa disisipkan dalam pelajaran di sekolah. Baik melalui pendidikan maupun cara belajar yang kreatif.

"Enggak perlu dengan kurikulum khusus. Pendidikan agama menjelaskan itu, pendidikan PKN menjelaskan itu, mungkin matematika kalau gurunya kreatif bisa kok melakukan pendidikan antikorupsi lebih kreatif, inovatif lagi agar banyak media atau cara dipakai untuk kampanye anti korupsi," ujarnya.

Selain juga, pendidikan anti korupsi bisa diberikan melalui komunikasi yang kreatif lain seperti melalui media sosial, kaus, atau berbagai media seperti stiker dan lainnya.

Data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng mencatat, sampai saat ini sudah ada 23 SMA dan SMK negeri. Antara lain, SMAN 2 Salatiga, SMAN 15 Semarang, SMKN 1 Purwodadi Kabupaten Grobogan, SMKN 2 Kendal, SMKN Jateng Kota Semarang.

Ada juga, SMAN 1 Pati, SMKN 2 Jepara, dan SMKN Jateng Kabupaten Pati. Selanjutnya, SMAN 6 Surakarta, SMAN 1 Karanganyar Kabupaten Karanganyar, SMKN 1 Wonosegoro Kabupaten Boyolali dan SMKN 2 Sukoharjo.

Termasuk SMAN 1 Magelang Kota Magelang, SMAN 1 Purworejo, SMKN 1 Gombong Kebumen, SMKN 1 Temanggung, SMAN 1 Sigaluh Banyumas, SMKN 1 Purwokerto Banyumas, SMKN Jateng Kabupaten Purbalingga, SMAN 1 Pekalongan Kota Pekalongan, SMAN 1 Brebes, SMKN 2 Pekalongan Kota Pekalongan, dan SMAN 1 Slawi Kabupaten Tegal.

Ketua KPK RI Firli menyampaikan pemberantasan anti korupsi juga dilakukan di instansi pendidikan di masyarakat. "Nah pendidikan masyarakat ini menyasar pada seluruh jejaring pendidikan, Masuk kepada tahapan pendidikan, baik formal dan informal," kata Firli.

Tentu dengan penanaman integritas melalui program pendidikan masyarakat yang menyasar kepada seluruh jajaran pendidikan termasuk pada tahapan pendidikan baik formal maupun informal.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pakar Sebut Hal Ini Jadi Pemicu Kasus Gangguan Ginjal Anak

Kasus gangguan ginjal akut progresif atipikal (GGAPA) pada anak kembali muncul karena belum tuntas penyelidikan dan evaluasi pada kasus GGAPA.

NASIONAL | 9 Februari 2023

TNI Belum Dapat Pastikan Keberadaan Pilot Susi Air

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono sampaikan saat ini pasukan TNI masih terus mencari keberadaan pilot Susi Air Kapten Philips Marthen.

NASIONAL | 9 Februari 2023

KPK Benarkan Napi Kasus Korupsi Tanah Munjul Anja Runtuwene Meninggal

KPK membenarkan Wakil Direktur PT Adonara Propertindo Anja Runtuwene meninggal dunia. Anja merupakan terpidana kasus korupsi tanah Munjul. 

NASIONAL | 9 Februari 2023

Hasil PLN Mobile Proliga: Gagal di Kandang, Petrokimia Menang di Malang

Gresik Petrokimia menang di Malang dalam lanjutan kompetisi bola voli PLN Mobile Proliga 2023, Kamis (9/2/2023). Sebelumnya, saat di kandang mereka kalah.

SPORT | 9 Februari 2023

Polisi Tahan Perawat yang Gunting Jari Bayi di Palembang

Perawat RS Muhammadiyah Palembang yang menggunting jari bayi berusia 7 bulan ditahan polisi untuk 20 hari ke depan. 

NUSANTARA | 9 Februari 2023

Ini Pentingnya Edukasi Anak Pada Area Privasi Sejak Kecil

Orang tua bisa mulai melakukan edukasi anak tentang area tubuh privasi sejak berusia di bawah lima tahun saat mereka sudah mengenal anggota tubuhnya.

LIFESTYLE | 9 Februari 2023

Jelang Konser Westlife, Antrean Penonton yang Ingin Berfoto Membeludak

Jelang dimulainya konser Westlife, antrean pengunjung yang ingin berfoto di depan stand boyband tersebut membeludak, Kamis (9/2/2023)

LIFESTYLE | 9 Februari 2023

Waspada, Ini Ciri-ciri Anak Alami Kekerasan Seksual

Orang tua wajib dan waspada dan bisa mengenali tanda atau ciri-ciri anak yang mengalami kekerasan seksual.

NASIONAL | 9 Februari 2023

Datangi Polda Metro Jaya, Bripka Madih Didampingi 10 Pengacara

Bripka Madih, anggota Provos Polsek Jatinegara mendatangi Polda Metro Jaya, Kamis (9/2/2023), dengan didampingi 10 pengacara.

MEGAPOLITAN | 9 Februari 2023

5 Mahasiswa Asal Cilegon Terdampak Gempa Turki, Termasuk Anak Wakil Wali Kota

Lima mahasiswa asal Cilegon, termasuk Nurul Qolbi Muthiah yang merupakan anak Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta terdampak gempa Turki. 

NEWS | 9 Februari 2023


TAG POPULER

# Sugeng Guruh Gautama


# Disney PHK Karyawan


# Gempa Turki


# Ferdy Sambo


# Capres PDIP


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pakar Sebut Hal Ini Jadi Pemicu Kasus Gangguan Ginjal Anak

Pakar Sebut Hal Ini Jadi Pemicu Kasus Gangguan Ginjal Anak

NASIONAL | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE