Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Peluang Menang Pemilu 2024 Besar, 3 Ketua Umum KIB Semakin Solid

Jumat, 2 Desember 2022 | 02:55 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kiri), bertumpu tangan dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah) dan Plt Ketua Umum PPP Mardiono (kanan) pada pertemuan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di Jakarta, Rabu 30 November 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Tiga ketua umum (ketum) dan para elite partai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) terus menunjukkan soliditas. Pengamat politik dari Universitas Al Azhar, Ujang Komarudin mengatakan saling memuji dan memberikan dukungan terlihat dalam tiap pertemuan. Hal membuka peluang untuk memenangi Pemilu Serentak 2024 semakin besar.

“KIB memang itu, karena mereka sudah berkoalisi, sudah bersatu, satu rumah dilarang untuk bertengkar,” kata Ujang saat dihubungi, Kamis (1/12/2022).

KIB merupakan koalisi bentukan Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). KIB memprioritaskan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto untuk diusung sebagai calon presiden (capres). Menurut Ujang, hal tersebut positif, karena Airlangga memiliki karier dan kinerja yang cemerlang.

“Dia ketum partai besar. Dia Menko Perekonomian. Selama ini dengan posisi Menko Perekonomian, dia banyak berbuat untuk menjaga stabilitas ekonomi bangsa ini,” tandas Ujang.

Meski begitu, Ujang mengatakan ada pekerjaan rumah untuk Golkar dan KIB, yakni menaikkan elektabilitas Airlangga agar bisa bersaing dengan calon lain. Pada Pemilu 2019, Golkar adalah partai pemenang kedua. Kader dan massanya yang tersebar di seluruh Indonesia disebut-sebut siap untuk memenangkan partai dan mengusung Airlangga.

Sebelumnya, Ketum PAN Zulkifli Hasan mengatakan elite partai KIB berani maju capres.

“Kalau ketua umum partai politik enggak berani nyapres terus bagaimana? Demokrasi kita bagaimana? Oleh karena itu, prioritas ya tentu Golkar sebagai pemenang pemilu nomor dua, pak Airlangga prioritas ya pantas layak pemenang pemilu nomor dua untuk jadi capres,” kata Zulhas sapaannya, usai bertemu Airlangga dan Plt PPP Mardiono di kawasan Menteng, Jakarta, Rabu (30/11/2022) malam.

Zulhas tidak menutup kemungkinan ada nama-nama lain yang disebut dalam pertemuan KIB. “Tentu ada juga yang teman-teman dari luar yang sudah beredar nama-nama tentu itu akan menjadi pertimbangan bagi kita, tetapi prioritas tentu ketua partai,” imbuhnya.

Sementara itu, Airlangga mengatakan KIB akan kedatangan partai baru. “Tentu warnanya ada yang dipakai oleh kawan kita di sini, dan ada juga yang warnanya ada nuansa pakaian yang sering dipakai bapak presiden, yang bagian dari bola (piala dunia) itu juga,” pungkas Airlangga.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI