Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Ekonomi Global Suram, Jokowi Minta KPU Efisien Gunakan Anggaran Pemilu 2024

Jumat, 2 Desember 2022 | 10:28 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS
Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara pemilu untuk efisien dalam menggunakan anggaran Pemilu 2024. Hal ini mengingat pemilu kali ini diselenggarakan dalam situasi ekonomi global yang suram dan tidak pasti.

"KPU harus bekerja dengan efisien, memanfaatkan anggarannya, mengatur skala prioritas yang harus (diutamakan)," ujar Jokowi saat memberikan sambutan dalam konsolidasi nasional KPU dalam rangka persiapan Pemilu 2024 di Convention Hall Beach City Entertainment Center (BCEC), Ancol, Jakarta yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (2/12/2022).

Jokowi meminta KPU memiliki pemahaman dan perasaaan yang sama bahwa pemilu dilaksanakan dalam situasi ekonomi global yang serba tidak pasti. Ekonomi global, kata Jokowi, sulit diprediksi, dihitung, dan dikalkulasi. Bahkan, kata Jokowi, sudah 14 negara masuk sebagai pasiennya IMF untuk dibantu.

"Dulu tahun 97-98 hanya lima negara sudah geger, sekarang 14 negara masuk, 20 negara mengantre di depan pintu IMF untuk minta bantuan dan 66 negara yang rentan untuk ikut lagi mengantre. Ini kita harus mempunyai perasaan yang sama. Kita tidak berada posisi yang normal tetapi abnormal. Diawali dengan pandemi, perang di Ukraina, ketegangan geopolitik, krisis pangan, energi dan finansial, krisis biaya hidup. Di semua negara dan justru yang banyak negara-negara maju," jelas Jokowi.

Namun, Jokowi mengaku bersyukur karena posisi ekonomi Indonesia saat ini dalam situasi yang baik. Meskipun, dia tetap mengingatkan agar hati-hati karena faktor-faktor lain bisa mempengaruhi situasi ekonomi Indonesia termasuk stabilitas politik jelang Pemilu 2024.

"Ini yang kita harus memiliki perasaan yang sama bahwa saat ini keadaan dunia sedang sulit, dan semua kepala negara pusing kepalanya, Indonesia tidak. Alhamdulillah patut kita syukuri kita berada di posisi yang baik, di G-20 kemarin kita termasuk growth dan pertumbuhan ekonomi kita baik tetapi kita harus hati-hati dan waspada jangan sampai membuat kebijkan sekecil apa pun yang salah sehingga menjadi sulit," kata Jokowi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI