Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Ini 5 Pesan Penting Jokowi untuk KPU Jelang Pemilu 2024

Jumat, 2 Desember 2022 | 11:00 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS
Joko Widodo.

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan lima pesan penting kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) jelang Pemilu 2024. Pertama, kata Jokowi, KPU harus memastikan setiap tahapan memiliki pengaturan teknis yang jelas dan pasti sehingga mengatasi persoalan-persoalan yang muncul.

"Pertama, pastikan seluruh kegiatan di semua tahapan memiliki pengaturan teknisnya, koridor hukum yang jelas. Ini penting untuk mengantisipasi mengatasi berbagai persoalan yang akan muncul," ujar Jokowi saat memberikan sambutan dalam konsolidasi nasional KPU dalam rangka persiapan Pemilu 2024 di Convention Hall Beach City Entertainment Center (BCEC), Ancol, Jakarta yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (2/12/2022).

Kedua, kata Jokowi, hal-hal teknis penyelenggaraan harus direncanakan dengan baik, terukur dan akurat. Hal ini mengingat hal-hal teknis bisa menjadi persoalan politis yang membuat KPU dipermasalahkan.

"Kedua, hal-hal teknis bisa menjadi politis, sehingga ini kita harus hati-hati. Untuk itu, siapkan sarana prasarana, logistik secara detail. Rencanakan, lakukan pengadaan tepat jumlahnya dan tepat waktu, mengkondisi ini yang perlu kita siapkan," tandas Jokowi.

Jokowi mengingatkan hal-hal teknis bisa menjadi sumber keributan di lapangan. Karena itu, dia minta KPU memanfaatkan waktu, SDM dan anggaran yang ada untuk memastikan hal-hal teknis dipersiapkan dengan baik serta memperbaiki berbagai kekurangan dan kelemahan hal teknis dari pelaksanaan pemilu sebelumnya.

"Jangan sampai ketidaksiapan membuat keributan di lapangan, hal kecil bila kita tidak detil mengikuti, menyelesaikan bisa menjadi keributan di lapangan. Selain itu juga penting efisiensi dan transparansi sehingga semua terbuka," imbuh Jokowi.

Ketiga, lanjut Jokowi, KPU perlu memperkuat SDM untuk penyelenggara di semua tingkatan dari jajaran tingkat paling rendah hingga pusat. Dia minta semua jajaran KPU dibekali dengan keterampilan kepemiluan yang komprehensif sehingga bisa bekerja optimal.

"Semua jajaran KPU harus menyadari besar dan pentingnya tugas untuk mengawal pesta demokrasi bangsa kita. Momentum berharga untuk menunjukan komitmen dan integritas, menunjukkan dedikasi dan kemampuan terbaik bagi bangsa dan negara," ungkap dia.

Keempat, kata Jokowi, KPU harus memiliki pemahaman yang sama bahwa Pemilu 2024 diselenggarakan di tengah situasi ekonomi global yang suram dan tidak pasti. Menurut Jokowi, hal tersebut penting agar KPU bisa menjalankan tugasnya dengan hati-hati, efektif, dan efisien termasuk dalam penggunaan anggaran pemilu.

"Pemilu 2024 diselenggarakan dalam kondisi ekonomi global yang penuh kesuraman, kesulitan, ketidakpastian di tengah kita kerja keras untuk memulihkan ekonomi kita. Jadi, KPU harus bekerja dengan efisien, memanfaatkan anggarannya, mengatur skala prioritas yang harus (diutamakan)," tutur dia.

Terakhir, kata Jokowi, KPU perlu memperkuat pendidikan politik bagi para kontestan dan masyarakat. KPU harus sejak awal mengajak peserta pemilu untuk melaksanakan pemilu damai, berintegritas dan menolak tindakan tak terpuji yang mencederai demokrasi, menyebar fitnah, ujaran kebencian, politik uang dan lain-lain.

"Kita harus mendorong kampanye berkualitas yang menyehatkan demokrasi kita, optimalkan teknologi informasi, mengedepankan politik adu ide, adu gagasan, bukan politik adu domba," kata Jokowi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI