Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Disiplin Prajurit Jadi Materi Fit and Proper Test Calon Panglima TNI

Jumat, 2 Desember 2022 | 13:19 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS
Laksamana Yudo Margono.

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin mengatakan pihaknya akan memperdalam soal disiplin prajurit TNI pada saat uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon panglima TNI Laksamana Yudo Margono hari ini, Jumat (2/12/2022). Hal ini karena disiplin prajurit TNI dalam kurun waktu lima tahun terakhir menurun dan perlu ditingkatkan oleh panglima TNI yang baru.

"Dalam pandangan saya disiplin prajurit TNI dalam lima tahun terakhir itu menurun, ini perlu diupayakan naik agar menjadi prajurit yang benar-benar disiplin," ujar TB Hasanuddin di Jakarta, Jumat (2/12/2022).

Menurut TB Hasanuddin, sejumlah kasus pelanggaran disiplin prajurit TNI yang perlu mendapatkan porsi perhatian cukup di antaranya perkelahian antara anggota TNI hingga kasus Kolonel Infanteri Priyanto, terdakwa pembunuhan dua remaja di Nagreg, Jawa Barat, pada akhir Desember 2021.

"Karena itu, persoalan disiplin prajurit TNI akan dimasukkan dalam fit and proper test," tegasnya.

Lebih lanjut, TB Hasanuddin menegaskan keberadaan TNI sama untuk semua daerah. Meskipun, kata dia, peran khusus TNI di Indonesia bagian timur Indonesia dianggap krusial.

"Peran TNI di mana-mana sama, aplikasi di lapangan seperti apa saya kira disesuaikan," kata dia.

Dia mengatakan Komisi I DPR RI akan melangsungkan uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono pada Jumat.

"Sesuai keputusan Bamus (Badan Musyawarah DPR), Jumat ini Komisi I DPR akan melaksanakan uji kelayakan untuk calon Panglima TNI," kata TB Hasanuddin.

Ketua DPR RI Puan Maharani menerima surat presiden (surpres) terkait calon panglima TNI atas nama Laksamana TNI Yudo Margono oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 28 November.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI