Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Bocoran Pertanyaan di Fit and Proper Test Calon Panglima TNI Yudo Margono

Jumat, 2 Desember 2022 | 13:31 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS
Laksamana Yudo Margono.

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Komisi I DPR Dave Laksono mengatakan, pihaknya akan menggali sejumlah persoalan pertahanan dan keamanan kepada Kasal Laksamana Yudo Margono saat uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon panglima TNI pada Jumat (2/12/2022). Fokus permasalahan yang bakal ditanyakan kepada Laksamana Yudo Margono di antaranya, peremajaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) milik TNI dan persoalan konflik yang kini masih terjadi Papua.

"Ya pasti hal-hal isu-isu aktual, ya, baik misalnya peremajaan alutsista dengan keterbatasan anggaran, situasi Papua, penegakan hukum, terus juga potensi mitigasi keamanan," ujar Dave kepada wartawan, Jumat (2/12/2022).

Dave menegaskan permasalahan di bidang pertahanan Indonesia sangat kompleks. Persoalan tersebut, kata dia, tidak hanya masalah Laut Cina Selatan. Untuk itu, TNI perlu diperkuat dengan sarana dan prasarana yang mumpuni termasuk alutsista yang modern dan canggih.

"Jadi jangan fokus Laut China Selatan, masih ada. Selain Papua, ada di Selat Malaka, bagian selatan Indonesia itu juga butuh penjelasan dari beliau. Sementara wilayah luas dan ancaman itu besar. Itu kita ingin perdalam, gimana beliau. Apakah kita butuh kapal untuk berpatroli? Hal itu yang kita dalami," ungkap Dave.

Lebih lanjut, Dave mengatakan, rangkaian fit and proper test dimulai dengan proses verifikasi administrasi data Yudo Margono bersama pimpinan Komisi I dan perwakilan dari masing-masing fraksi. Kemudian, dilanjutkan dengan fit and proper test pada pukul 13.30 WIB dengan agenda pemaparan visi dan misi Yudo Margono.

"Jam 4 (sore) selesai, lalu akan dilanjutkan dengan verifikasi faktual langsung ke kediaman beliau (Yudo Margono)," tandas Dave.

Diketahui, pemaparan visi-misi Yudo Margono sebagai Calon Panglima TNI akan dilakukan dalam durasi 30 menit. Selanjutnya, pendalaman dari masing-masing fraksi tujuh menit dari tiap-tiap fraksi. Nantinya, Yudo akan diberikan kesempatan 20 menit menjawab pertanyaan-pertanyaan dan pendalaman.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI