Logo BeritaSatu

Telkom Raih Penghargaan Indonesia's SDGs Action Awards 2022

Jumat, 2 Desember 2022 | 19:00 WIB
Oleh : Freddy Wally / FW

Jakarta, Beritasatu.com - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berhasil memperoleh penghargaan dalam kategori Pelaku Usaha Besar pada ajang penghargaan Indonesia’s SDGs Action Awards 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia (Bappenas) melalui Sekretariat SDGs sebagai Koordinator Pencapaian TPB Nasional.

Penghargaan ini sendiri diserahkan oleh Menteri Bappenas Suharso Monoarfa dan diterima langsung oleh Direktur Human Capital Management (HCM) Telkom, Afriwandi pada acara penganugerahan yang dilaksanakan di Hotel The Sultan Jakarta, pada Kamis (1/12/2022).

Advertisement

Penghargaan Indonesia’s SDGs Action Awards 2022 merupakan apresiasi untuk lembaga atau instansi pemerintah maupun non-pemerintah atas konsistensinya dalam mendukung tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB).

Perusahaan yang terpilih melewati serangkaian proses penilaian yang ketat terhadap program-program Sustainable Development Goals (SDGs) dengan melibatkan dewan juri yang profesional di bidang pembangunan berkelanjutan.

Aspek penilaian terhadap program SDGs yang dimiliki oleh perusahaan untuk dapat dinilai sebagai program yang ideal mencakup inovasi, partisipasi multipihak dalam pelaksanaan program, dampak dan inklusivitas program, serta potensi scale-up dan replikasi program keberlanjutan.

Keberhasilan Telkom dalam memperoleh penghargaan dalam kategori Pelaku Usaha Besar dicapai atas penilaian terhadap tiga program Tanggung Jawab Sosial (TJSL) yang dijalankan Telkom hingga saat ini.

Mengusung tema “Promoting Sustainable Impact Initiatives by Localizing SDGs to Build Prosperous Digital Society and Competitive Nation”, Telkom sebagai perusahaan digital telekomunikasi memfokuskan programnya dalam mewujudkan kedaulatan digital bagi seluruh masyarakat.

Ketiga program TJSL Telkom yang diikutsertakan pada ajang penghargaan Indonesia’s SDGs Action Awards 2022 antara lain ada program Innovillage: Inkubasi Socio-Digipreneurship, Program Digitalisasi Pendidikan, Program Peningkatan Akses Sanitasi dan Air Bersih.

Melalui program tersebut, Telkom mendukung tujuan pembangunan terutama pada tujuan SDGs ke-4 terkait pendidikan yang berkualitas, ke-6 akses air bersih dan sanitasi, ke-8 terkait pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, ke-11 terkait kota dan pemukiman yang berkelanjutan, serta tujuan ke-12 terkait konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab.

Menyambut antusias atas penghargaan ini, Direktur Human Capital Management (HCM) Telkom, Afriwandi menyampaikan bahwa, “Penghargaan ini merupakan buah dari komitmen dan konsistensi Telkom dalam memperkuat program-program tujuan berkelanjutan yang memberikan dampak positif bagi masyarakat, khususnya melalui pemanfaatan teknologi dan inovasi digital. Apresiasi yang diberikan oleh Bappenas juga semakin memantapkan langkah Telkom sebagai perusahaan digital telco kedepannya untuk terus melakukan inovasi dalam upaya berkelanjutan yang lebih efektif, efisien, dan tentu saja selaras dengan indikator SDGs,” ujar Afriwandi.

Dalam memastikan keberlanjutan program-program yang dilaksanakan, Telkom melakukan pencapaian melalui indikator Social Return on Investment dan Indeks Kepuasan Masyarakat atas inovasi yang dihadirkan. Dengan ini, Telkom dapat selalu menangkap pembelajaran dan praktik terbaik untuk meningkatkan program serta menghadirkan inovasi yang lebih baik kedepannya.

Telkom Raih Penghargaan Katadata Green Initiative Award

Pada hari yang sama, PT Katadata Indonesia (Katadata) turut memberikan apresiasi kepada Telkom melalui penghargaan Katadata Green Initiative Award. Prestasi ini dicapai oleh Telkom atas penerapan dan inisiatif untuk meningkatkan dampak bagi lingkungan dan menciptakan sistem yang berkelanjutan.

Penghargaan ini sendiri diterima langsung oleh VP Corporate Communication Telkom Andri Herawan Sasoko di helat malam penganugerahan yang berlangsung di Aryanusa Ballroom pada Kamis (1/12/2022).

Telkom tercatat telah melewati rangkaian penilaian untuk mengidentifikasi komitmen dan inovasi perusahaan pada green practices atas program berkelanjutan yang dimiliki, yaitu inisiatif digitalisasi pada program reboisasi dan konservasi hutan binaan dengan penggunaan GIS.

Kedepannya, Telkom akan terus konsisten dalam mengembangkan program ini untuk dapat mencapai tujuan SDGs untuk dapat menciptakan lingkungan hijau dan ekosistem yang sehat bagi masyarakat dengan inovasi digital.

“Penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami untuk makin fokus dalam mengimplementasikan nilai-nilai SDGs dan praktek ESG dalam aktivitas perusahaan demi keberlangsungan perusahaan yang makin kompetitif ke depannya,” tutup VP Corporate Communication Telkom, Andri Herawan Sasoko usai menerima penghargaan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Cari Dokumen Rahasia, FBI Geledah Rumah Pantai Milik Joe Biden

Departemen Kehakiman AS menugaskan FBI untuk menggeledah rumah kedua Presiden Joe Biden, sebuah rumah pantai di Rehoboth, Delaware.

NEWS | 2 Februari 2023

BP2MI Gagalkan Pengiriman 6 PMI Ilegal ke Timur Tengah

BP2MI menggagalkan pengiriman enam PMI ilegal dari tempat penampungan dikawasan Bogor yang hendak di kirim ke Timur Tengah. 

NEWS | 2 Februari 2023

Gempa Magnitudo 4,3 Guncang Garut Jabar Terasa hingga Bandung

Gempa berkekuatan magnitudo (M) 4,4 mengguncang Kabupaten Garut pada Rabu (1/2/2023) malam. Gempa itu dirasakan hingga warga Bandung. 

NEWS | 2 Februari 2023

Selama Izinkan Aksi Pembakaran Al-Quran, Swedia Tak Bakal Dapat Izin Turki Gabung ke NATO

Turki tidak akan mengizinkan Swedia untuk bergabung dengan NATO selama mengizinkan protes yang menodai kitab suci Islam dengan aksi pembakaran Al-Quran.

NEWS | 2 Februari 2023

Banjir Melanda Parepare dan Kabupaten Barru Sulawesi Selatan

Hujan deras disertai angin kencang selama tiga jam membuat sejumlah wilayah di Kota Parepare dan Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan terendam banjir. 

NEWS | 2 Februari 2023

PSI Minta Pertumbuhan Sektor Pariwisata Juga Dinikmati UMKM

PSI berharap pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang tumbuh signifikan selama 2022 turut dinikmati oleh UMKM. 

NEWS | 2 Februari 2023

Bermaksud Serang Sejumlah Sasaran di Singapura, Pelajar Pendukung ISIS Ditahan

Seorang pelajar berusia 18 tahun ditangkap berdasarkan Undang-Undang Keamanan Dalam Negeri, setelah berencana menyerang sejumlah sasaran di Singapura.

NEWS | 2 Februari 2023

Kerajinan Bambu Jombang Tembus Pasar Tiongkok dan Belanda

Perajin bambu asal Desa Pucangrejo, Kabupaten Jombang, sukses mengolah bambu menjadi kerajinan tangan bernilai tinggi dan menembus pasar ekspor.

NEWS | 2 Februari 2023

Kapolda Metro Jaya Mutasi Puluhan Kapolsek, Ini Daftarnya

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran melakukan mutasi jabatan puluhan kapolsek di jajaran Polda Metro Jaya. 

NEWS | 2 Februari 2023

DPR: Cegah Paham yang Berpotensi Munculkan Konflik Sosial

Maman Imanulhaq menilai, pencegahan penyebaran paham yang berpotensi menimbulkan konflik sosial harus dilakukan.

NEWS | 2 Februari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Penculikan Anak


# Biaya Haji 2023


# Istri Siri Kompol D


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bioiesel B35 Butuh Peningkatan Fasilitas Blending dan Pembiayaan

Bioiesel B35 Butuh Peningkatan Fasilitas Blending dan Pembiayaan

EKONOMI | 25 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE