Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Paripurna DPR Pengesahan Yudo Margono sebagai Panglima TNI Digelar Selasa

Sabtu, 3 Desember 2022 | 09:58 WIB
Oleh : Anisa Fauziah/ Ade Suherman / FFS
Calon Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono bersama keluarga usai menerima Komisi I DPR yang melakukan verifikasi faktual di rumah dinasnya, Jumat, 2 Desember 2022. 

Jakarta, Beritasatu.com - DPR bakal menggelar rapat paripurna untuk mengesahkan Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI pada Selasa (6/12/2022). Komisi I DPR telah menyerahkan hasil uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test Yudo Margono kepada pimpinan DPR. Diketahui, Komisi I secara bulat menyetujui pencalonan Yudo Margono.

"Hasil uji kelayakan dan kepatutan Laksamana TNI Yudo Margono sebagai calon panglima TNI diserahkan langsung pada hari ini kepada pimpinan DPR. Mungkin pada Selasa akan dilaksanakan paripurna," kata anggota Komisi I DPR Dave Laksono usai verifikasi faktual ke rumah dinas Laksamana Yudo Maryono di Jalan Diponegoro, Jakarta, Jumat (2/12/2022) malam.

Setelah Yudo Margono disahkan sebagai Panglima TNI dalam rapat paripurna, DPR akan mengirimkan surat kepada Istana untuk menjadwalkan pelantikan. Dave menyatakan, DPR menyerahkan jadwal pelantikan Yudo Margono kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kapan pelantikannya tergantung Presiden Jokowi," katanya.

Dalam proses verifikasi faktual di rumah Yudo Margono, Komisi I DPR mengecek kesesuaian dengan dokumen yang telah diterima.

Verifikasi dilakukan mulai dari melihat keharmonisan keluarga. Dalam proses tersebut, hadir ada istri Yudo Margono, AKBP Veronica Yulis Prihayati atau yang akrab disapa Vero. Hadir juga dua anak Yudo Margono, adiknya, serta kakak iparnya. Selain itu, Komisi I juga mengecek kesesuaian dengan data laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LKHPN) dan nomor pokok wajib pajak (NPWP).

“Perwakilan Komisi I DPR datang ke rumah untuk mengecek tentang rumah saya, kemudian keluarga saya, istri dengan saudara-saudara saya juga bertemu dan juga sudah kita jamu. Ini merupakan rangkaian dari fit and proper test karena sebelum fit and proper test tadi saya dipanggil untuk dicek data-data ya mulai dari KTP, LKHPN, NPWP," katanya.

Yudo mengatakan, rumah yang disambangi Komisi I DPR merupakan rumah dinas. Hal ini karena rumah pribadinya berada di Surabaya.

"Rumah pribadi saya di Surabaya sehingga beliau berkenan untuk datang di rumah jabatan Kasal ini," kata Yudo.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI