Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Soal Calon Kasal, Laksamana Yudo Margono: Rahasia

Sabtu, 3 Desember 2022 | 10:24 WIB
Oleh : Anisa Fauziah/ Ade Suherman / FFS
Laksamana TNI Yudo Margono saat mengikuti fit and proper test menjadi Panglima TNI di Komisi I DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, di Jakarta, Jumat, 2 Desember 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Calon Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono belum dapat menyampaikan calon kepala staf angkatan laut (Kasal) yang akan menggantikannya.

Yudo menekankan, calon kasal merupakan prerogatif Presiden Joko Widodo (Jokowi). Untuk itu, Yudo menunggu perintah dari Presiden Jokowi mengenai nama tersebut. Yudo memastikan akan memberikan saran dan masukan jika diminta oleh Jokowi.

"Ya nanti menunggu perintah. Nanti menunggu perintah dan kembali lagi kalau itu adalah prerogatif Presiden, nanti kalau saya diminta sarannya, tentunya kita sudah siapkan,” kata Yudo Margono usai menerima Komisi I DPR yang melakukan verifikasi faktual di rumahnya, Jalan Diponegoro, Jakarta, Jumat (2/12/2022) malam.

Yudo enggan berbicara banyak mengenai nama-nama yang berpeluang menggantikan posisinya sebagai Kasal. Hal tersebut, katanya, masih rahasia. Yang pasti, Yudo menekankan, calon kasal merupakan bintang tiga di lingkungan TNI AL.

“Ya enggak tahu, rahasia. Yang jelas bintang tiga," katanya.

Di lingkungan TNI AL, setidaknya ada sembilan perwira tinggi berpangkat laksamana madya atau jenderal bintang tiga. Kesembilan perwira tinggi bintang tiga itu, yakni Sekjen Dewan Ketahanan Nasional Laksamana Madya TNI Harjo Susmoro (AAL 1987) dengan sisa usia pensiun normatif 3 bulan; Kepala Bakamla Laksamana Madya TNI Aan Kurnia (AAL 1987) dengan sisa usia pensiun normatif 8 bulan; Irjen TNI Letnan Jenderal TNI (Mar) Bambang Suswantono (AAL 1987) dengan sisa usia pensiun normatif 8 bulan; Wakasal Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono (AAL 1988) dengan sisa usia pensiun normatif 11 bulan; Rektor Unhan Laksamana Madya TNI Amarulla Octavian (AAL 1988) dengan sisa usia pensiun normatif 11 bulan.

Selain itu, Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Nurhidayat (AAL 1988) dengan sisa usia pensiun normatif 13 bulan; Pangkoarmada RI Laksamana Madya TNI Herru Kusmanto (AAL 1988) dengan sisa usia pensiun normatif 16 bulan; Komandan Kodiklatal Letnan Jenderal TNI (Mar) Suhartono (AAL 1988) dengan sisa usia pensiun normatif 14 bulan; Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Muhammad Ali (AAL 1989) dengan sisa usia pensiun normatif lebih dari 24 bulan.

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono pada Jumat (2/12/2022) siang diketahui menjalani fit and proper test calon panglima TNI untuk menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa yang memasuki masa pensiun pada akhir Desember 2022. Komisi I DPR dengan suara bulat menyetujui pencalonan Yudo Margono.

Selanjutnya, DPR akan menggelar rapat paripurna untuk mengesahkan Yudo Margono sebagai Panglima TNI pada Selasa (6/12/2022).



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI