Logo BeritaSatu

Soal Calon Kasal, Laksamana Yudo Margono: Rahasia

Sabtu, 3 Desember 2022 | 10:24 WIB
Oleh : Anisa Fauziah/ Ade Suherman / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Calon Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono belum dapat menyampaikan calon kepala staf angkatan laut (Kasal) yang akan menggantikannya.

Yudo menekankan, calon kasal merupakan prerogatif Presiden Joko Widodo (Jokowi). Untuk itu, Yudo menunggu perintah dari Presiden Jokowi mengenai nama tersebut. Yudo memastikan akan memberikan saran dan masukan jika diminta oleh Jokowi.

Advertisement

"Ya nanti menunggu perintah. Nanti menunggu perintah dan kembali lagi kalau itu adalah prerogatif Presiden, nanti kalau saya diminta sarannya, tentunya kita sudah siapkan,” kata Yudo Margono usai menerima Komisi I DPR yang melakukan verifikasi faktual di rumahnya, Jalan Diponegoro, Jakarta, Jumat (2/12/2022) malam.

Yudo enggan berbicara banyak mengenai nama-nama yang berpeluang menggantikan posisinya sebagai Kasal. Hal tersebut, katanya, masih rahasia. Yang pasti, Yudo menekankan, calon kasal merupakan bintang tiga di lingkungan TNI AL.

“Ya enggak tahu, rahasia. Yang jelas bintang tiga," katanya.

Di lingkungan TNI AL, setidaknya ada sembilan perwira tinggi berpangkat laksamana madya atau jenderal bintang tiga. Kesembilan perwira tinggi bintang tiga itu, yakni Sekjen Dewan Ketahanan Nasional Laksamana Madya TNI Harjo Susmoro (AAL 1987) dengan sisa usia pensiun normatif 3 bulan; Kepala Bakamla Laksamana Madya TNI Aan Kurnia (AAL 1987) dengan sisa usia pensiun normatif 8 bulan; Irjen TNI Letnan Jenderal TNI (Mar) Bambang Suswantono (AAL 1987) dengan sisa usia pensiun normatif 8 bulan; Wakasal Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono (AAL 1988) dengan sisa usia pensiun normatif 11 bulan; Rektor Unhan Laksamana Madya TNI Amarulla Octavian (AAL 1988) dengan sisa usia pensiun normatif 11 bulan.

Selain itu, Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Nurhidayat (AAL 1988) dengan sisa usia pensiun normatif 13 bulan; Pangkoarmada RI Laksamana Madya TNI Herru Kusmanto (AAL 1988) dengan sisa usia pensiun normatif 16 bulan; Komandan Kodiklatal Letnan Jenderal TNI (Mar) Suhartono (AAL 1988) dengan sisa usia pensiun normatif 14 bulan; Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Muhammad Ali (AAL 1989) dengan sisa usia pensiun normatif lebih dari 24 bulan.

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono pada Jumat (2/12/2022) siang diketahui menjalani fit and proper test calon panglima TNI untuk menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa yang memasuki masa pensiun pada akhir Desember 2022. Komisi I DPR dengan suara bulat menyetujui pencalonan Yudo Margono.

Selanjutnya, DPR akan menggelar rapat paripurna untuk mengesahkan Yudo Margono sebagai Panglima TNI pada Selasa (6/12/2022).



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Dianggap Berlebihan, Tiongkok Kecam AS Soal Penembakan Balon Mata-mata

Tiongkok kecam AS yang menembak jatuh balon mata-mata yang terlihat terbang di atas Amerika Utara.

NEWS | 5 Februari 2023

Akses Jalan Tertimbun Longsor, Ribuan Warga Toraja Utara Terisolasi

Ribuan warga Toraja Utara terisolasi akibat akses jalan penghubung kecamatan di Dusun Kurra, Lembang To’yasa Akung tertimbun longsor. 

NEWS | 5 Februari 2023

Elon Musk Siap Luncurkan Roket Starship pada Maret Mendatang

Bos SpaceX Elon Musk pada Sabtu (4/2/2023) mencuit di Twitter, ia akan meluncurkan sistem roket Starship pada bulan Maret mendatang.

NEWS | 5 Februari 2023

Erick Thohir dan Moeldoko Hadiri Festival Cap Go Meh di Singkawang

Menteri BUMN Erick Thohir dan Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko dan menghadiri Festival Cap Go Meh di Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

NEWS | 5 Februari 2023

Cap Go Meh, Arus Wisata ke Surya Kencana Bogor Macet

Menjelang pelaksanaan puncak Cap Go Meh Bogor Street Festival kendaraan menuju kawasan Pecinan Surya Kencana, Kota Bogor padat.

NEWS | 5 Februari 2023

Konser Sheila on 7 di Pontianak Ternyata Palsu, Emak-emak Rugi Ratusan Juta

Puluhan emak-emak menggeruduk Polda Kalbar untuk melaporkan penipuan oleh event organizer (EO) konser Sheila on 7 di Pontianak yang ternyata palsu.  

NEWS | 5 Februari 2023

Gadis 16 Tahun Tewas Diserang Hiu di Pantai Australia

Seorang gadis 16 tahun tewas diserang hiu di pantai Australia di wilayah Perth, pada hari Sabtu (4/2/2023).

NEWS | 5 Februari 2023

Diduga Selisih Paham soal Proyek, Wartawan di Bandar Lampung Dibacok Teman

Seorang wartawan media online di Bandar Lampung Wandi Irawan (32) dibacok oleh temannya sendiri lantaran diduga berselisih paham. 

NEWS | 5 Februari 2023

KKP Kawal Perbatasan dari Hama dan Penyakit Ikan

KKP mengingatkan pentingnya menjaga SDI di perbatasan dan untuk mencegah masuknya ikan-ikan invasif serta hama dan penyakit ikan karantina.

NEWS | 4 Februari 2023

Kasus Polisi Peras Polisi, Bripka Madih Mundur dari Polri

Anggota Provos Polsek Jatinegara, Jakarta Timur Bripka Madih sudah mengundurkan diri dari Polri sejak 3 bulan lalu.

NEWS | 5 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Akses Jalan Tertimbun Longsor, Ribuan Warga Toraja Utara Terisolasi

Akses Jalan Tertimbun Longsor, Ribuan Warga Toraja Utara Terisolasi

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE